Kapan Waktu Terbaik untuk Memoles Emas Putih?


Perhiasan emas putih memang tidak pernah gagal membuat penampilan Anda jadi semakin prima. Baik untuk cincin maupun kalung, mengenakan perhiasan dari emas putih dapat menaikkan daya tarik Anda dengan warnanya yang regal sekaligus modern. Akan tetapi, sudah menjadi rahasia umum bahwa emas putih butuh dipoles setiap beberapa kala agar tidak kehilangan kilaunya.

Selain kusam, bahaya umum lain yang mengintai perhiasan emas putih adalah timbulnya banyak goresan di badan perhiasan. Jika campuran tembaga di badan emas putih lumayan dominan, tidak jarang juga muncul bercak kehitaman yang kurang sedap dipandang. Nah, ini adalah tanda-tanda sudah waktunya emas putih diberikan pemolesan. Tapi sebenarnya, kapan waktu terbaik untuk memoles emas putih?

Yuk, ketahui serba-serbi emas putih ini dulu!


Sebenarnya, Bagaimana Perhiasan Emas Putih Dibuat?

Ditilik dari logam pembuatnya, emas putih sebenarnya terdiri dari emas kuning yang dicampur dengan logam lain yang berwarna putih. Akan tetapi, masih akan ada corak kuning yang terlihat dari campuran ini. Itu sebabnya, campuran emas putih tersebut masih harus dilapisi dengan rhodium, yang warnanya adalah warna perhiasan emas putih yang biasa kita lihat sehari-haru.

Jadi pada kenyataannya, emas putih adalah campuran emas kuning dengan logam putih yang dilapisi dengan rhodium. Warna emas putih yang sejati pada perhiasan Anda sebenarnya agak kekuningan.


Bisakah Kita Mengembalikan Warna Emas Putih yang Mulai Kekuningan?

Jika Anda mendapati perhiasan emas putih yang sudah lama Anda miliki tiba-tiba mulai tampak kekuningan dan tidak secemerlang dulu, Anda mungkin panik. Apa yang bisa Anda lakukan?

Jangan risau. Anda bisa melapisinya kembali dengan rhodium. Banyak toko menyediakan layanan ini. Bahkan, beberapa toko tempat Anda membeli perhiasan berani memberikan garansi poles-ulang seumur hidup. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bahwa harga bisa mempengaruhi kualitas dan hasil dari pelapisan rhodium ini. Sebelum Anda memutuskan dimana perhiasan Anda dilapisi ulang, pastikan untuk bertanya kepada ahli perhiasan tentang metode yang digunakan dan seberapa tebal lapisannya, ya.


Berapa Sering Emas Putih Harus Dipoles?

Poles perhiasan emas putih sekali atau dua kali saja dalam setahun. Sebabnya, jika Anda sering memakai perhiasan emas putih, maka bekas goresan akan lebih cepat terbentuk. Jika kasusnya begini, Anda boleh memolesnya lebih sering dari yang disarankan. Tapi juga, bersiaplah mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengembalikan warna emas putih saat lapisannya banyak menghilang.


Mengapa Memoles Perhiasan Emas Putih Terlalu Sering Dapat Berdampak Buruk?

Lapisan rhodium memang membuat emas putih berkilau dan berwarna putih, tapi juga merupakan alasan mengapa perhiasan Anda tidak boleh sering dipoles. Setiap kali Anda membawa perhiasan Anda ke toko perhiasan untuk dipoles, perhiasan Anda digosok menggunakan bahan abrasif yang menghilangkan lapisan tipis dari permukaan perhiasan. Dan proses ini bisa sepenuhnya menghilangkan lapisan rhodium.

Nah, jika lapisan luar dari perhiasan emas putih sudah aus karena pemakaian jangka panjang, memolesnya bisa menghilangkan sedikit lapisan yang masih tersisa. Hal inilah yang bisa membuat lapisan bawah yang berwarna kekuningan terlihat.

Tapi paling baiknya, lakukan beberapa langkah preventif agar perhiasan emas putih tidak cepat kusam atau aus. Pertama, sebaiknya perhiasan emas putih tidak terlalu sering dipoles. Sebagai gantinya, tunggu sampai ada banyak goresan, lalu bawa perhiasan ke ahlinya untuk dipoles. Untuk sementara, Anda bisa menggunakan kain pembersih dan cairan khusus emas.

Mudah, bukan?

Namun jika koleksi perhiasan emas putih Anda sudah lama dan masih terlihat usang, mungkin itu pertanda untuk membeli perhiasan yang baru.

Tempat terbaik untuk membeli perhiasan emas adalah di gerai-gerai terpercaya yang sudah teruji legalitasnya seperti Galeri24 anak perusahaan PT.Pegadaian.

Anda bisa melihat katalog perhiasan emas putih, kuning dan rose gold di galeri24.co.ic maupun mengunjungi langsung gerai Galeri24 terdekat di kota Anda.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥