Kabar Emas
9 Feb 2024

Karakteristik Perhiasan Gold Vermeil yang Cantik dan Awet

Bagikan
article-cover-images/4064a09c8bc2abe37b15db0ad12eb074

Dewasa ini, Anda benar-benar tak perlu risau bila ingin membeli perhiasan yang seperti emas tapi berharga murah. Pasalnya sudah banyak perhiasan sepuh dengan kualitas yang dijamin hampir tidak bisa dibedakan dengan emas betulan. Salah satu yang paling banyak diminati adalah perhiasan gold vermeil. Apa itu?


1. Teknik Sepuh dari Prancis

Jenis perhiasan yang terbuat dari teknik lapis ini biasa disebut gold vermeil, atau vermeil saja. Menuruti etimologi, ini berarti adalah perhiasan perak yang diberi lapisan emas agar seolah-olah terlihat seperti emas.

Ya! Kata "vermeil" yang menjadi nama perhiasan ini berasal dari bahasa Prancis yang dilafalkan sebagai "ver-may." Di dunia Barat, beberapa orang juga mengenal varian perhiasan ini dengan nama "silver-gilt" (alias perak bersepuh emas").

Perhiasan vermeil sebenarnya cukup sederhana. Sebagai rangka dasar, perhiasan perak pun dibuat. Lalu, untuk menutupinya, sepuhan emas tipis pun ditambahkan. Nah, metode yang digunakan untuk menutupi permukaan perak dengan emas ini disebut dengan elektrolisis.

Ada berbagai variasi kemurnian emas yang bisa digunakan untuk menyepuh gold verrmeil. Tapi di Amerika sendiri, terdapat persyaratan minimum yang harus dipenuhi.

Sebuah perhiasan emas baru bisa disebut perhiasan vermeil bila mengandung lapisan emas 10 karat (yang setara dengan sekitar 42% kandungan emas). Juga, dilarang keras menjual kembali perhiasan atau barang tersebut sebagai vermeil kecuali pelapisan emasnya memiliki tebal paling sedikit 2,5 mikron (0,0025 milimeter). J

Adapula aturan untuk memberitahukan kepada pihak nasabah apabila ada lapisan lain di bawah emas tersebut selain logam perak. Rumit juga, bukan?


2. Daya Tahannya Cukup Lumayan

Berapa lama perhiasan vermeil akan bertahan? Jawabannya sangat tergantung pada ketebalan lapisan emasnya. Semakin tebal lapisan emas yang jadi pelapis vermeil, semakin lama pula daya tahan perhiasan tersebut. Tingginya jumlah karat pada lapisan emas juga berpengaruh, lho. Semakin tinggi jumlah karat pada lapisan emas, semakin lembut dan semakin mudah permukaannya untuk tergores.

Konklusinya? Emas vermeil sebenarnya cukup lumayan asal Anda bisa memilih yang pas untuk kebutuhan dan aktivitas Anda sehari-hari.


3. Apakah Gold Vermeil Lebih Baik daripada Gold Filled atau Gold Plated?

Yang menarik, emas gold vermeil dinilai lebih berharga dibanding gold filled dan gold plated. Ini karena dibanding dua lainnya yang masih bercampur logam lain, logam di bawah lapisan emas gold vermeil biasanya murni perak.

Namun sebagai kekurangan, emas gold vermeil tidak dijamin punya lapisan emas yang lebih tebal dibandingkan perhiasan lapis emas lainnya Perhiasan gold filled misalnya, meski ketebalan lapisan emasnya boleh jadi beragam, tapi terkadang ketebalannya bisa melebihi lapisan emas pada perhiasan gold vermeil. Intinya? Kembali lagi pada apa yang paling Anda butuhkan pada perhiasan.


4. Bagaimana Cara Merawat Perhiasan Gold Vermeil?

Biasakan untuk memakai lotion atau parfum sebelum memakai perhiasan gold vermeil, karena mengaplikasikannya setelah pakai akan membuat lapisan emasnya cepat rusak. Selain itu, jauhkan pula dari alkohol, aerosol, dan bahan-bahan keras lain.

Ttaruh perhiasan Anda di dalam kotak perhiasan yang aman dan bersuhu netral ketika tidak sedang dipakai. Juga, biasakan untuk melepas perhiasan Anda saat berenang atau mandi.

Untuk membersihkannya, gunakan kain katun 100% yang lembut dan kering. Atau kain dengan serat rapat (microfiber). Usap dengan lembut dan gunakan sedikit detergen atau cairan pembersih khusus agar lapisan emas tidak cepat hilang.


Jadi, tidak sulit ‘kan untuk menyukai perhiasan satu ini?

Mengoleksi perhiasan adalah hobi yang bisa mendatangkan segudang keuntungan di masa depan bagi Anda. Mulai dari sekarang, Anda bisa memulainya sedikit demi sedikit. Tapi awas, jangan sampai salah membeli di tempat yang tidak terpercaya. Bukannya untung, yang ada Anda malah berakhir memiliki perhiasan palsu.

Selalu percayai Galeri 24 sebagai mitra terbaik urusan membeli perhiasan. Dengan katalog yang selalu diperbarui, Anda tidak akan menemukan koleksi yang lebih baik selain di galeri24.co.id. Sambut kemilau cantik perhiasan Anda dengan garansi dan harga terbaik, hanya di Galeri 24.