Kenali Perbedaan Karat Dalam Berlian dan Emas Berikut Ini


Mendengar kata emas maupun berlian, yang langsung terlintas di kepala Anda mungkin adalah berbagai ragam perhiasan. Kebetulan, keduanya pun biasa dipasarkan dengan satuan yang sama: karat. Tapi tahukah Anda, bahwa definisi karat pada emas dan berlian memiliki arti yang benar-benar berbeda?

Ya! Kerancuan ini memang sering terjadi dan membuat banyak oknum tak bertanggung jawab menggunakannya sebagai elemen jargon tipuan mereka. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk benar-benar mengetahui apa pengertian karat bagi masing-masing logam dan batu mulia ini.


Untuk Istilah Emas, Karat adalah Kemurnian

Tahukah Anda bahwa semakin murni emas, semakin lunak pula kepadatannya? Selain itu, warnanya juga kuning kemilau sekali. Sebab itulah jika Anda pernah melihat atlet menggigit medalinya pasca kemenangan, itu sebetulnya meniru cara orang zaman dahulu menggigit kepingan emas untuk memastikan milik mereka benar-benar asli.

Semakin murni emas, semakin mahal pula harganya. Termurni di atas yang lain adalah emas berkadar 24 karat (carat, dalam bahasa Inggris) yang berarti terbuat dari 99,99% emas asli. Meski demikian, emas semurni itu jarang digunakan untuk perhiasan. Sifat emas murni yang terlalu lunak membuat pengrajin kerepotan membentuknya. Emas murni 24 karat biasanya berbentuk batangan padat.

Maka dari itulah, emas dicampurkan dengan logam lain agar lebih keras dan bisa dibentuk. Campuran paling premium adalah emas 18k berupa persen 18 emas dan 6 perak. Kepadatannya cukup kuat untuk mengikat berlian, dengan semu putih yang kelihatan regal saat dipakai.

Tak kalah populer adalah warna emas favorit milenial, yaitu rose gold. Persen untuk membuat emas dengan semu kemerahan cantik ini adalah 75% emas murni, 25% tembaga. Praktik ini umum digunakan para seniman perhiasan pada era Victorian (1800an), sehingga pancaran emas rose gold selalu berhasil membawa nuansa klasik.


Untuk Ukuran Berlian, Karat sama dengan Berat

Hampir mustahil untuk menghancurkan, apalagi melelehkan berlian agar bisa dicampur zat lain seperti emas. Sebab itu, anggapan bahwa karat pada berlian sama dengan karat pada emas adalah salah besar. Paling mungkin yang bisa dilakukan dengan berlian hanyalah memotongnya, dan menggunakan serpihannya untuk beragam perhiasan atau kebutuhan lain.

Khusus istilah berlian, karat sama dengan berat. Satu karat kira-kira sama dengan 0,2 gram menurut para gemologist. Itupun masih bisa dibedah kembali menjadi 100 poin, yang hanya bisa diukur dengan alat khusus dan laboratorium mutakhir. Ini karena hingga sekarangpun, berlian masih merupakan material berharga yang menyimpan banyak dimensi.

Berlian seberat 1 karat amat jarang ditemukan. Jikapun ada, maka harganya sangat mahal dan tidak banyak dikoleksi. Sebuah berlian 1 karat bisa sama berharga dengan 2 perhiasan 0,5 karat meski semuanya memiliki cut, clarity, bahkan color yang sama.

Dan jika Anda ingin mengukur muatan karat pada sebuah kalung dengan tiga bandul berlian, maka jumlah karat adalah total dari tiga berlian itu—bukannya dihitung masing-masing.

Nah, sudah memahami bedanya, bukan?

Untuk itu, jika Anda ingin membeli perhiasan emas maupun perhiasan berlian, sebaiknya beli di toko emas atau toko perhiasan yang terpercaya, sehingga keaslian dan kualitasnya pun terjaga.

Salah satu toko emas terpopuler dan terpercaya di Indonesia adalah Galeri24 milik PT.Pegadaian. Selain menyediakan perhiasan emas dan perhiasan berlian, Galeri24 juga memiliki emas berbentuk logam mulia untuk investasi dan batu berharga lainnya.

Jika Anda berminat membeli ragam emas dan berlian di Galeri24, kunjungi langsung ratusan distronya di seluruh Indonesia atau datang ke cabang pegadaian terdekat. Selain itu, Anda juga dapat menghemat waktu dan biaya dengan membeli emas online melalui situs www.galeri24.co.id

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥