Kenali Serba-Serbi “Carbonado”, Si Berlian Hitam Super Langka

Baik sebagai alternatif mata perhiasan maupun investasi, berlian hitam alias carbonado sangat bisa dilirik. Meski belum populer di dunia, berlian hitam lambat tapi pasti mulai merangkak dan menunjukkan posisinya sebagai salah satu item paling dicari. Tapi awas, ada beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang berlian eksotis satu ini sebelum mantap mengoleksi.

1) Ada yang Alami, Ada yang Buatan


Berlian hitam alami punya nama “carbonado”, yang dalam bahasa Portugis berarti terbakar hangus. Nama ini mewakilkan sifat berlian carbonado yang memang tidak berkilauan, dan sangat muram.

Berlian hitam alami adalah zat paling keras di dunia, jauh mengalahkan berlian putih. Komponen penyusunnya pun misterius. Sehingga, para ahli hingga kini masih berspekulasi berlian hitam tidak berasal dari perut bumi, melainkan dari pecahan meteor dari luar angkasa.

Menyokong teori itu, berlian hitam alami juga tidak pernah ditambang dari perut bumi sebagaimana berlian bening. Carbinado selalu ditemukan di lapisan aluvial, hampir permukaan. Bentuknya bongkahan keras, agak bertekstur, dan susah dipecahkan.

Carbonado alami ditengarai sudah ada di bumi sejak 2-4 biliun tahun yang lalu. Meski begitu, jumlahnya hanya ada 1-2 di dunia. Untuk menjawab kebutuhan pasar, laboratorium buatan manusia kemudian membuat replika berlian hitam dari berlian putih dengan tingkat clarity rendah yang diproses dengan treatment irradiation. Hasilnya, adalah berlian yang tidak bisa dibedakan dengan carbonado alami dalam sekali pandang.


2) Harganya Sangat Fantastis


Alasan berlian hitam bisa jadi investasi berharga adalah karena harganya yang fantastis. Berlian hitam murni dihargai 2500-3000 dollar per karatnya, yang berarti setara 35 juta rupiah. Dengan tuntutan permintaan pasar yang semakin tinggi, sementara stoknya tidak banyak, dipastikan pemilik berlian hitam akan mendulang untung yang tidak main-main di masa depan.

Di kancah berlian hitam sintetis pun tak kalah menjanjikan. Perhiasan berlian hitam dihargai 200-300 dollar per karat. Dan seperti yang Anda tahu, perhiasan berlian hitam akan sangat cocok untuk melengkapi outfit kesayangan dengan warna yang pas.


3) Menyimpan Banyak Mitos


Yang tak kalah menarik dari berlian carbonado adalah mitos yang menyertainya. Tahukah Anda, berlian carbonado terbesar dengan bobot 65,3 carat, diduga menyimpan kutukan?

Berlian hitam ini mulanya populer dari satu berlian yang berasal di Benggala, India, dan diletakkan sebagai mata kanan patung Brahma. Sebab itulah berlian ini dijuluki Berlian Mata Brahma. Seorang pencuri mencongkelnya, lalu memotongnya ulang menjadi perhiasan yang mengalami perpindahan tangan sampai 3-5 kali; termasuk di tangan Nadja Orlov, orang Rusia yang lalu membuat perhiasan ini dinamai “Black Orlov”. Yang ngeri, setiap orang yang pernah memiliki Black Orlov mengalami nasib sial hingga kehilangan nyawa.

Kini, berlian Black Orlov aman tersimpan di American National Museum of Heritage. Kisah muram yang menyertai berlian hitam ini entah mengapa malah membuat para kolektor makin bernafsu memiliki varian satu ini.


4) Trik Membedakan dengan yang Palsu


Berlian hitam tak luput dari pemalsuan. Maka, Anda perlu berhati-hati jika menemukan berlian hitam yang dibandrol pada angka Rp 1 juta hingga Rp 5 juta per karat. Di luar negeri harga per karat berlian hitam bisa mencapai 100 hingga 400 USD, dqn belum pernah turun dari kisaran ratusan.

Berlian hitam dengan harga jual seperti itu lebih seringnya adalah berlian putih yang memiliki intensitas warna sangat keruh, lalu diberi treatment radiation. Treatment radiasi ini kemudian membuat warna berlian tersebut menjadi hitam.

Jadi, jika berlian hitam yang Anda beli berharga murah seperti di atas, Anda patut curiga itu berlian radiasi.

Selain itu, buatlah perjanjian, bagaimana jika dikirim ulang ke laboratorium lain ternyata hasilnya telah mendapat treatment radiasi. Ingat, berlian hitam yang asli, natural, dan untreated umumnya dijual seharga di atas Rp 25 juta per karat, tergantung clarity.

Menarik bukan, fakta-fakta tentang si berlian hitam?

Bagi Anda yang berniat menambah koleksi batu mulia, emas, dan perhiasan, tak ada salahnya melirik toko Online. Dewasa ini, kemudahan berbelanja sudah bisa Anda dapatkan dalam satu klik melalui kunjungan ke galeri24.co.id. Harga koleksi Galeri 24 sepadan, keasliannya pun terjamin. Jadilah konsumen pintar dan percayakan pengalaman berbelanja emas Anda hanya pada yang paling mengerti, yaitu Galeri 24.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥