• Galeri24

Kenapa Harga Jual Emas Putih Lebih Tinggi dari Emas Kuning?

Trend pembelian emas kian hari semakin meningkat. Emas yang dicari bukan hanya emas berwarna kuning, tetapi emas putih dalam bentuk perhiasan. Kompetitifnya harga jual emas putih di pasar, mendorong logam yang mirip dengan perak ini layak dijadikan sebagai investasi.


Seperti diketahui, harga jual emas putih cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan harga emas kuning. Hal ini didasarkan hasil dari sifat yang berbeda serta bahan campurannya. Perhiasan emas putih mengandung campuran perak, palladium, atau rhodium yang merupakan logam kuat membuat karakteristik cincin emas putih cenderung lebih kuat dan tahan lama dibandingkan emas kuning. Di samping itu, emas putih yang merupakan emas murni yang dicampur dengan nikel.


Harga Jual Emas Putih

Daya tahan emas putih yang telah diakui membuat emas ini memiliki nilai jual berbeda di setiap gramnya. Dan faktor pergerakan harga emas putih di dunia juga turut mempengaruhi harga emas tersebut di Indonesia. Pada awal bulan Agustus 2020, misalnya harga jual perhiasan emas dengan kadar 50 persen berkisar Rp435 ribu per gram. Sementara, harga perhiasan emas putih dengan kadar 75 persen berkisar Rp700 ribu per gram. Sedangkan, harga perhiasan emas kuning dengan kadar 50 persen berkisar Rp420 ribu per gram dan perhiasan emas kuning dengan kadar 75 persen berkisar Rp648 ribu per gram. Semakin tinggi kadar emas dalam sebuah perhiasan, maka semakin tinggi harga jualnya.


Harga jual emas putih yang cukup tinggi ini cukup menguntungkan bila dijadikan investasi jangka panjang. Perhiasan emas putih terbukti lebih bermanfaat dibanding perhiasan emas kuning. Perhiasan emas putih memiliki nilai tukar atau nilai jual yang lebih tinggi dibanding cincin emas kuning yang harganya sedikit berada di bawa emas putih.


Membedakan Emas Putih dengan Perak


Emas putih merupakan logam hasil kombinasi dari perpaduan berbagai logam lain seperti emas kuning, rodium, perak, atau platinum. Berkat perpaduan tersebut emas putih memiliki harga yang lebih tidak menentu. Emas putih bisa diperoleh dalam bentuk perhiasan maupun batangan. Namun, emas putih asli untuk investasi yang sebenarnya yakni logam jenis platinum.


Emas putih dan perak jelas memiliki perbedaan mencolok. Perak jarang digunakan untuk perhiasan karena cepat memudar dan membuat alergi pada kulit yang sensitif. Namun, perak cukup ringan dan mudah diubah bentuknya. Sehingga perak lebih sering dimanfaatkan dalam industri. Meski demikian perak akan menjadi lebih mahal setelah dicampur dan dilapisi rodium.


Cara Sederhana Uji Emas Putih dan Perak

Anda bisa melakukan pengujian sederhana untuk mengetahui keaslian, baik emas putih maupun perak. Pengujian ini dapat dijalankan secara mandiri dan tidak membutuhkan biaya besar. Anda juga bisa menjalankan pengujian dalam waktu singkat. Sehingga Anda semakin mantap saat memilih emas putih dan perak yang asli. Berikut ini cara sederhana untuk pengujian.

  1. Penawaran Harga

Penawaran harga sebanding dengan kualitas barang yang didapat. Hal ini juga berlaku dalam melakukan pengujian sederhana. Jika penawaran harga emas putih terlalu rendah maka Anda patut curiga atas keasliannya. Terlebih penawaran harganya sama atau di bawah penawaran harga perak. Umumnya, standar harga logam yakni emas putih lebih mahal dari perak.


1. Kekuatan Daya Pantul

Harga jual emas putih yang tinggi juga bisa dikarenakan keunggulan pada kondisinya. Sebenarnya, emas putih dan perak memiliki kekuatan daya pantul berbeda karena disusun oleh zat yang berbeda pula. Secara umum, emas putih lebih berkilau dari perak karena kombinasi berbagai logam. Emas putih asli memiliki kilau lebih cemerlang saat terkena cahaya dibandingkan perak. Sementara perak memiliki kecenderungan lebih redup berwarna putih yang keabu-abuan.


2. Sifat Ketahanan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, emas putih tersusun dari hasil perpaduan logam lain sehingga memiliki sifat ketahanan lebih tinggi. Sebab, emas putih memiliki zat emas kuning yang lebih tahan lama. Bahkan warnanya juga tidak mudah berubah. Sementara perak juga memiliki ketahanan yang baik hanya saja lebih mudah rusak atau memudar.


3. Bentuk dan Ukuran Tanda dari Produsen

Bentuk dan ukuran tanda sering menjadi cara sederhana untuk menguji keaslian perhiasan. Baik perhiasan emas putih maupun perak akan memiliki tanda dari produsennya masing-masing. Tanda produsen bisa berupa berat, kemurnian, nomor seri, tahun pembuatan, bentuk dan ukuran logam tersebut. Oleh karenanya, Anda harus membeli di toko yang aman atau terverifikasi.


Emas putih dan perak telah menjadi solusi bagi Anda yang gemar berinvestasi. Namun, Anda tidak boleh asal membeli. Apalagi kasus penipuan dan pemalsu sangat marak terjadi. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan dan melakukan pengujian dengan benar. Cara sederhana di atas bisa Anda terapkan saat membeli logam perak maupun emas putih.


Beli Perhiasan Emas Putih di Galeri24

Memilih perhiasan emas putih untuk koleksi atau investasi dan keperluan momen sakral tidak lagi sulit. Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai bentuk emas seperti halnya perhiasan emas putih. Galeri24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.


Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.


sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika pasangan anda menyukai gaya yang elegan dan modern, model cincin emas putih adalah pilihan terbaik. Apalagi, cincin tunangan emas putih akan tampak jauh lebih bersina jika disematkan dengan batu berlian. Selain itu, campuran logam yang kokoh di dalam emas putih itu sendiri akan lebih membuat cincin tunangan emas putih jauh lebih kuat dan tahan lama dibandingkan cincin emas kuning. Oleh karenanya, cincin emas putih sangat direkomendasikan untuk acara pertunangan.

Baca selengkapnya di artikel "Harga Jual Perhiasan Emas Kuning dan Putih Semar 6 Agustus", https://tirto.id/fV4f


Kualitas terbaik dan tampilan serta daya tahan dari emas putih ini memiliki nilai jual berbeda di setiap gramnya, yang tentunya terpengaruh dari pergerakan emas putih di dunia saat ini. jadi wajar kiranya apabila selalu ada perbedaan harga emas di setiap harinya, sehingga dengan adanya informasi menarik tentang daftar harga emas putih per gram hari ini bisa dijadikan rujukan harga terbarunya dalam menyimak peredaran di pasaran dunia sebelum memutuskan untuk membeli emas putih tersebut.


Cincin emas putih juga tidak akan mudah tergores. Selain itu, kilau dan warna yang dihasilkan oleh cincin emas putih lebih halus dan elegan. Namun, cincin emas ini juga ada kekurangannya. Campuran logam rhodium membuat warna dan kilau pada cincin emas putih dapat memudar seiring berjalannya waktu, sehingga perlu dilapis ulang.


Lazimnya titik persamaan dan perbedaan dari emas putih dan emas kuning sendiri terdapat dari bahan yang dicampurkannya seperti perak, Zinc, nikel, palladium dan tembaga, Sedangkan titik persamaanya itu terletak dari jenis emasnya bukan berdasarkan logamnya. Jadi dipastikan dari kalkulasi tersebut harga emas putih lebih mahal ketimbang emas kuning sendiri, berdasarkan hasil dari sifat yang beda bahan campurannya. Dimana emas putih merupakan emas murni yang dicampur dengan nikel.


Emas Putih

Harga

Emas Putih Kadar 50 persen 1 gram

Rp.361.000

Emas Putih Kadar 50 persen 3 gram

Rp.1.083.000

Emas Putih Kadar 50 persen 5 gram

Rp.1.805.000


Emas Putih

Harga

Emas Putih Kadar 75 persen 1 gram

Rp.628.000

Emas Putih Kadar 75 persen 3 gram

Rp.1.884.000

Emas Putih Kadar 75 persen 5 gram

Rp.3.140.000


Kualitas terbaik dan tampilan serta daya tahan dari emas putih ini memiliki nilai jual berbeda di setiap gramnya, yang tentunya terpengaruh dari pergerakan emas putih di dunia saat ini. Jadi wajar kiranya apabila selalu ada perbedaan harga emas di setiap harinya, sehingga dengan adanya informasi menarik tentang daftar harga emas putih per gram hari ini bisa dijadikan rujukan harga terbarunya dalam menyimak peredaran di pasaran dunia sebelum memutuskan untuk membeli emas putih tersebut.





1,382 views0 comments