Lakukan Hal Ini Agar Berlian Tidak Cepat Lepas dari Rangka


Secantik-cantik perhiasan berlian, ada beberapa bahaya yang mengintai. Cepat kusam atau tergores, itu salah satunya, dan yang kedua adalah jika berlian tahu-tahu copot dari rangka. Tentu, jika batunya dapat ditemukan, Anda bisa langsung membawanya ke toko mas untuk dibetulkan. Tapi, lebih baik jika kita bisa mencegahnya dari awal bukan?

Sebenarnya, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar berlian perhiasan tidak cepat-cepat lepas dari rangka. Daripada merugi, yuk kita simak paparan di bawah ini.


Agar Berlian Tidak Lepas dari Rangka #1: Pilihlah Setting Berlian Sesuai Dengan Dinamika Aktivitas

Setiap perhiasan didesain untuk intensitas aktivitas yang berbeda-beda. Kalung prongs rumit misalnya, memang dimaksudkan untuk gaya dan pesta yang tidak mempersyaratkan banyak gerakan. Begitu juga cincin tunangan tanpa mata yang banyak dipilih para calon pengantin pria yang banyak bergerak.

Akan tetapi, bagaimana dengan cincin yang ingin Anda pakai sehari-hari? Di sinilah kuncinya. Selain melepasnya ketika akan berkegiatan berat, pilihlah juga cincin yang sesuai dengan dinamika aktivitas Anda. Jika Anda banyak melakukan kerja berat atau beraktivitas di luar ruangan, jangan memilih cincin dengan pola berlian kecil-kecil setting pave set yang memang rentan lepas. Alih-alih, pilihlah setting bezel atau prongs yang lebih aman mencengkeram batu cincin Anda.


Agar Berlian Tidak Lepas dari Rangka #2: Jadwalkan untuk Merawatnya Secara Berkala

Meskipun Anda tidak memakai cincinnya sehari-hari, berlian dalam kotak simpanan juga tidak lepas dari risiko lepas. Karena itu, jadwalkanlah rencana untuk merawat perhiasan Anda secara berkala. Mungkin dalam 2-3 minggu sekali, ambil perhiasan Anda dan perhatikan dengan saksama jika cengkeraman settingannya mulai longgar. Anda bisa juga melakukannya saat mencuci perhiasan sendiri di rumah, dengan larutan sederhana air suam kuku dan sabun cuci piring.


Agar Berlian Tidak Lepas dari Rangka #3: Pilihlah Logam yang Kuat Saat Membeli

Logam penampang cincin atau kalung yang bengkok juga punya peran membantu pelepasan batu, lho. Untuk itu, pastikan diri Anda memilih logam yang pasti kuat saat membeli. Emas dengan karat tinggi dan minim campuran memang bersinar cantik, tapi sifatnya sedikit lentur sehingga sangat mudah dibengkokkan.

Jadi jika hari-hari Anda dihiasi aktivitas yang padat, sebaiknya memilih emas putih yang merupakan campuran perak dan tembaga kuat dan dilapisi rhodium. Platina juga bisa menjadi pilihan tepat untuk batu berlian Anda; apalagi warnanya yang putih bisa membuat bebatuan semakin bersinar.

Nah, itu tadi beragam tips agar berlian Anda tidak cepat lepas dari rangka. Selalulah berhati-hati agar perhiasan Anda tetap awet.

Berminat membeli perhiasan? Atau berinvestasi? Segeralah, kunjungi gerai Galeri24. Tersebar di 50 kota lebih di sepenjuru nusantara, Anda akan menemukan ragam perhiasan terbaik. Galeri24 juga melayani jual beli batu dan logam mulia tipe antam, dan UBS.

Anda bisa juga melihat-lihat katalognya di galeri24.co.id.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥