• Edmund Andriano

Layakkah Menyewa Safe Deposit Box untuk Investasi Emas Anda?

Kini setelah Anda memiliki investasi berupa emas fisik, di mana harus menyimpannya? Beberapa dari Anda mungkin menjawab rumah saja cukup. Anda telah menyediakan brankas, atau lemari khusus yang super aman. Tapi bagi Anda yang tidak seberuntung itu, safe deposit box sangat layak menjadi pertimbangan.




Menyimpan investasi emas, perhiasan, dan surat berharga Anda di safe deposit box juga lumayan menghindarkan Anda dari perampokan. Seberapa pun aman rumah Anda, selalu waspadai mata-mata jahil orang yang tahu tentang lokasi tempat penyimpanan Anda. Belum termasuk adanya kemungkinan banjir bandang yang membuat barang Anda harus diselamatkan saat evakuasi, dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengupas tentang apa itu safe deposit box (SDB) dan alternatif lain untuk menyimpan harta Anda. Mari disimak.


1. Safe Deposit Box

Dalam pengertian sederhana, Safe Deposit Box (SDB) merupakan tempat penitipan barang berharga seperti emas atau logam mulia. Surat-surat berharga lainnya pun bisa disimpen di sini. Umumnya, deposit box diselenggarakan oleh bank ataupun perusahaan penyimpanan sejenis. Dulu hanya pihak perbankan yang punya layanan ini, tapi perlahan-lahan banyak pihak swasta independen yang berani menyediakan SDB.

Deposit box biasanya punya jangka waktu tertentu atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Ini berarti, Anda dapat mengambil barang Anda kapan saja. Hanya masa penyimpanannya saja yang terbatas (dan bisa diperpanjang).

Lalu, berapa harganya? Tergantung penyelenggara. Ada yang mematok jasa safe deposit box hanya 100 ribu per bulan, ada juga yang mencapai 1,5 juta. Tentunya ada beda layanan juga tergantung harga; termasuk lapisan keamanan, akses, bahkan garansi.

Keuntungan menggunakan jasa deposit box adalah, adanya perlindungan yang aman dan kerahasiaan terhadap barang yang Anda titipkan. Ini penting, terlebih jika Anda merasa tidak bisa mempercayai orang-orang terdekat Anda. Ruang penyimpanannya pun umumnya canggih, dan tahan api. Selama 24 jam penuh barang Anda akan dijaga oleh keamanan penuh. Dan Anda pun bisa menyesuaikan besar tempat penyimpanan yang Anda butuhkan.

Tapi harap diingat, ada harga yang harus Anda bayar. Pula, biasanya pihak penyelenggara tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang hilang (setidaknya, pihak perbankan biasa begini).


2. Jasa Titip pegadaian

Jika Anda merasa SDB terlalu berlebihan untuk simpanan Anda yang belum seberapa, Pegadaian juga menyediakan jasa titip barang berharga. Barang seperti emas, berlian, surat bukti rumah hingga kendaraan bermotor bisa Anda simpan di sini.

Jasa titip Pegadaian akan aman menjaga barang Anda tak peduli Anda sedang atau tidak ada di Indonesia.

Agak beda sistem dengan SDB, jasa titip Pegadaian menggunakan sistem kantong. Per “kantong” meminta jasa administasi 20 ribu rupiah per bulan, dan hanya memuat 100 gram. Jika simpanan Anda lebih dari itu, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam lagi.

Meski demikian jasa titip pegadaian tetap populer karena prosesnya mudah, aman terpercaya. Harganya pun murah serta melayani penyimpanan jangka pendek (2 minggu) hingga 1 tahun dan masih bisa diperpanjang.

Sayangnya, ada laporan bahwa memperpanjang jasa titipan Pegadaian prosesnya lumayan lama. Pengambilan barang titipan pun hanya bisa diambil oleh Anda sendiri, kecuali kasus khusus ketika Anda meninggal di mana ahli waris yang sebelumnya telah menandatangani kontrak jasa titipan bisa mengambil barang tersebut.

Nah, bagaimana? Sudah menentukan bagaimana Anda akan menyimpan emas Anda?

Yang manapun pilihan Anda, meluncur langsung ke galeri24.co.id bila Anda berniat menambah pundi-pundi emas Anda. Di sana, Anda juga bisa mengecek harga emas terkini. Galeri 24 menjual investasi logam mulia tipe ANTAM dan UBS yang dijamin bebas permainan harga. Beli emas tanpa waswas, hanya di sini tempatnya.

186 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥