Kabar Emas
12 Feb 2024

3 Perspektif untuk Menilai Lebih Baik Investasi Emas atau Deposito

Bagikan
article-cover-images/1a0250feb3e5966bda0b7760308f71db

Investasi emas dan deposito banyak dipilih sebagai cara untuk mengatur keuangan dan meningkatkan jumlah aset. Investasi emas telah ada selama ribuan tahun dan investasi deposito telah diperkenalkan sebagai alternatif yang menarik untuk meningkatkan keuangan anda. Namun, lebih baik investasi emas atau deposito? Lalu mana yang lebih menguntungkan?

Lebih Baik Investasi Emas atau Deposito?

Kedua instrumen investasi ini banyak dipilih bagi orang yang ingin berinvestasi dalam tingkat risiko yang lebih rendah dan tingkat return-nya stabil. Tapi jika harus dibandingkan, berikut ini adalah perbandingan keunggulan investasi emas atau deposito dari tiga sisi perspektif.

1. Berdasarkan Tujuan Investasinya

Investasi emas atau deposito adalah dua option yang populer bagi para investor yang ingin memaksimalkan pengembalian mereka. Namun, jika melihat dari sisi tujuan investasi, keduanya memiliki manfaat yang berbeda.

Investasi emas adalah cara yang baik untuk melindungi nilai dari inflasi. Nilai emas cenderung naik seiring waktu, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi investor yang mencari proteksi terhadap inflasi. Emas juga dapat diperdagangkan dengan mudah dan cepat, sehingga investor dapat dengan cepat mengambil keuntungan dari kenaikan harga atau mengurangi kerugian saat harga turun.

Deposito adalah cara yang lebih aman untuk menginvestasikan uang. Bunga yang dibayarkan oleh deposito lebih tinggi daripada deposito tabungan biasa, memberi investor pengembalian yang lebih baik. Selain itu, uang yang didepositokan aman, karena diawasi oleh lembaga keuangan. Ini membuat deposito menjadi opsi yang lebih aman daripada investasi emas.

2. Tingkat Inflasi

Jika melihat dari sisi inflasi, investasi emas bisa menjadi pilihan yang lebih baik.Inflasi adalah kenaikan harga secara keseluruhan yang dapat mengurangi nilai uang. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki uang tunai, nilainya akan berkurang dari waktu ke waktu.

Namun, harga emas terus meningkat seiring dengan naiknya inflasi. Ini berarti bahwa nilai investasi Anda tidak akan berkurang meskipun inflasi meningkat.

Sebaliknya, deposito merupakan jenis investasi yang sangat konservatif. Sebagian besar deposito tidak akan mengalami perubahan nilai sejalan dengan naiknya inflasi. Namun, hal ini juga berarti bahwa Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang signifikan dari investasi ini.

Jadi, jika Anda ingin melindungi nilai investasi Anda dari inflasi, maka investasi emas lebih baik daripada deposito. Emas dapat menjadi aset yang aman, stabil, dan berharga di masa depan. Ini juga dapat menjadi bentuk lindung nilai yang bermanfaat bagi para investor.

3. Imbal Hasil

Investasi emas dan deposito dapat menjadi pilihan yang layak bagi banyak orang yang ingin meningkatkan nilai uang mereka. Namun, jika melihat dari sisi tren imbal hasil, maka investasi emas secara umum lebih menguntungkan daripada deposito.

Investasi emas telah menjadi salah satu instrumen investasi yang paling stabil dan menguntungkan selama bertahun-tahun. Nilai emas cenderung meningkat seiring waktu, membuatnya menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Investasi emas juga memiliki fleksibilitas dan likuiditas yang tinggi, yang artinya Anda dapat menjualnya kapan saja dan mendapatkan kembali uang Anda dengan mudah.

Sebaliknya, deposito memiliki tingkat imbal hasil yang lebih rendah daripada investasi emas. Selain itu, investasi ini memiliki jangka waktu yang lebih panjang, artinya Anda tidak dapat menjualnya sebelum jangka waktu berakhir. Ini membuatnya kurang menguntungkan daripada investasi emas.

Jika melihat dari tiga sisi di atas, tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing antar instrument investasi ini. Namun, jika Anda menginginkan instrument investasi yang kenaikannya nilainya terus meningkat dari inflasi dan tren imbal hasilnya lebih tinggi, jelas emas adalah pilihan yang tepat.

Hanya saja pastikan untuk dapatkan emas melalui tempat terpercaya agar kualitas emas yang Anda dapatkan dapat terjamin. Galeri 24 adalah retail sekaligus produsen emas yang patut Anda percayakan untuk dapatkan emas guna kebutuhan investasi Anda. Merupakan bagian dari PT Pegadaian Persero, sehingga kredibilitas dari Galeri 24 pun sangat terjamin.

Layanan pembeliannya pun sangat beragam. Anda bisa dapatkan emas melalui gerai resmi secara langsung atau membeli secara daring via website resmi dan marketplace. Dengan kemudahan dan keunggulan yang didapatkan, pastikan investasi emas Anda hanya percayakan pada tempat yang paling tepat hanya di Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!