Ada 3 Macam Bentuk Emas, Kamu Pilih Mana Untuk Investasi?


macam-macam bentuk emas

Apakah Anda masih mengalami kebingungan dalam memulai berinvestasi emas? Jika Iya, wajar sekali ketika investasi pertama mengalami kebingungan dalam menentukan jenis investasinya. Investor pastinya mempertimbangkan banyak hal sebelum benar-benar memutuskan memulai berinvestasi.


Investor pasti kebingungan dalam memilih instrumen investasi sekaligus strategi penjualannya nanti. Tidak perlu khawatir, karena pertimbangan-pertimbangan menjadi poin penting untuk memulai berinvestasi. Tidak hanya investasi bangunan, namun emas juga perlu melakukan pertimbangan-pertimbangan yang matang.


Emas menjadi satu dari beberapa pilihan investasi menguntungkan yang bisa dipilih calon investor. Emas memiliki nilai jual yang cenderung selalu naik di pasaran. Emas juga mulai dijadikan salah satu alternatif pilihan dalam investasi selain logam mulia. Ada macam-macam bentuk emas yang investasi bisa Anda pilih sebagai investasi.


1. Emas Perhiasan


Emas sedari awal memang emas dikenal sebagai bahan dasar dari perhiasan. Warnanya yang menarik dan berkilauan, membuat perhiasan semakin mewah dan mahal. Emas dalam perhiasan telah mengalami pengolahan lengkap dengan banyak teknik dalam membentuk dan membengkokkan bongkahan menjadi perhiasan kecil yang cantik dan menarik.


Kualitas emas akan tergantung pada pengolahan dan pembentukannya. Emas perhiasan akan dilebur kemudian dicampurkan pada logam lain untuk membentuknya kokoh. Disini letak perbedaan kualitas emas berada. Jika semakin banyak campuran logam dalam pembuatannya, maka akan semakin murah juga emas yang berkualitas rendah ini. Sedangkan jika pengolahannya membuat emas mempergunakan emas dengan persentase yang lebih banyak, maka dapat dipastikan emas bernilai jual tinggi.


Harga emas perhiasan sendiri umumnya ditentukan oleh beberapa faktor,diantaranya warna emas, kadar emas, dan penampakan perhiasan. Pertama, warna emas dapat dilihat secara jelas, jika emas murni dengan kandungan emas lebih banyak akan menampilkan warna kuning emas bercahaya yang mengkilap. Namun jika emas cenderung lebih buram dan warna kuning tidak banyak memancar maka dapat dipastikan memuat lebih banyak kandungan logam lainnya, baik dari logam kuningan atau aluminium pada emas putih.


Satu pesan yang kami berikan untuk Anda yang memulai berinvestasi emas. Mulai untuk melihat warna emas secara detail dan beberapa hal yang membuat warnanya memudar. Karena baik pembelian maupun penjualan emas nantinya, warna emas akn menjadi perhatian.

Kedua, kadar emas akan ditentukan dari semakin banyaknya batuan emas yang dipergunakan dalam pembuatan perhiasan. Jika emas memiliki persentase lebih banyak dari logam pencampur makan kualitas dan kadar emas semakin baik. Emas sendiri terdiri atas 12 karat dan 24 karat untuk perhiasan.


Semakin banyaknya kadar emas dalam perhiasan maka akan semakin tinggi pula nilai jualnya. Hal lain yang juga menentukan harga jual emas perhiasan adalah bentuk dan penampakan emas. Perhiasan dibuat untuk memperhias atau menambahkan nilai kemewahan dan menambah menarik dari emas ini. Beberapa penambahan aksen seperti logam mulia sangat mendukung penambahan nilai pada macam-macam bentuk emas yang investasi ini.


2. Emas Batangan


Berbeda jauh dengan emas perhiasan yang harga jualnya juga dipengaruhi oleh penampilan atau penampakan model yang diberikan, untuk emas batangan ini cenderung berfokus pada kualitas emas, kandungan emas, dan berate mas.


Emas batangan atau yang biasa dipanggil fine gold ini umumnya memiliki kandungan 24 karat, jumlah tertinggi untuk emas batangan. Emas batangan banyak dijual dengan bentuk balok dari mulai 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, hingga lebih dari 1000gram atau 1kg. Semakin berat emas batang, akan semakin mahal juga harganya.


Berbeda kembali dengan emas perhiasan pada pemaparan diatas, untuk emas batangan ini sangat jarang ditemukan kandungan melebihi standar. Semua produksi dan pembuatan emas tidaklah sama dengan pembuatan emas untuk perhiasan yang memerlukan teknik dan ide kreasi tertentu, untuk emas macam-macam bentuk emas yang investasi ini lebih menekankan pada investasi dan daya simpan lama.


Emas batangan dapat disimpan dalam beberapa metode, penting untuk menentukan tempat terbaik yang jauh dari ancaman dan bahaya dalam menyimpan emas ini. Untuk penyimpanan emas batangan, investor awal dapat mencari beberapa alternatif penyimpanan yang biasa dilakukan pebisnis atau investor emas ini.


Emas batangan juga kerap dipergunakan sebagai investasi awal dengan harga murah. Beberapa emas dengan berat 1 hingga 2 gram biasanya memang dipergunakan sebagai tabungan permulaan untuk beberapa orang. Anda dapat menginvestasikan kembali emas batangan yang menguntungkan.


3. Koin emas


Koin emas ini hampir sama dengan emas batangan. Bentuknya hanya standar dan tidak ada pengkhususan didalamnya. Emas koin menjualnya hampir sama dengan emas batangan. Beberapa memang sengaja dibuat untuk investasi. Bentuknya yang kecil dan ringan akan memudahkan dalam penyimpanannya. Emas ini berbentuk cetakan dengan koin emas cetak yang biasa muncul.


Koin emas dipilih menjadi salah satu jenis emas paling cocok untuk investasi karena kualitasnya. Berbeda dengan emas batang yang akan diukur dari banyaknya nominal berate mas, jika emas 1 kg jelas lebih mahal dari 1 gram. Pilihannya dalam emas batangan juga lebih beragam jika dibandingkan dengan koin emas.


Untuk koin emas ini lebih mengandalkan pada kuantitas koin yang dimiliki. Dalam beberapa kondisi emas koin memiliki harga sama satu dengan yang lainnya. Jadi penjualannya ditentukan pada banyaknya jumlah koin. Anda tidak perlu khawatir untuk penyimpanan atau perawatan emas jenis ini, karena hampir sama dengan emas batangan yang mungkin saja pernah Anda investasikan.


Emas koin bentuknya seperti koin emas cetakan sebagaimana koin emas mata uang yang ada. Berbentuk bulat pipih dengan lebar tidak lebih dari 7 cm. Emas macam-macam bentuk emas yang investasi koin memang kecil dan mudah dibawa ataupun disimpan.


Beberapa investor melakukan investasi menggunakan emas koin karena bentuk dan penampakannya yang memudahkan dalam penyimpanan. Mengingat emas investasi hanya akan dikeluarkan pada waktu penjualan yang pas, ketika harga emas benar-benar naik di pasaranan nanti. Emas akan dirawat terlebih dahulu dengan beragam perlakuan khusus untuk membuat kualitasnya tidak berkurang sedikitpun.


Investor awal dapat memilih menggunakan emas batang dengan berat kecil atau menggunakan emas koin yang perawatan jauh lebih mudah dibandingkan dengan perhiasan. Keduanya memiliki bentuk kokoh dengan peluang kerusakan yang minim. Investor hanya perlu memperhatikan perawatan dan pengoptimalan emas dapat berkilau dengan nilai yang tetap.


Demikian beberapa pilihan emas untuk bisa Anda ambil untuk menjadi investasi dengan keunggulannya masing-masing. Investor dapat memulai menentukan jenisnya dengan menentukan jenis emas beserta dengan kemudahan perawatannya. Untuk emas dengan jenis emas batangan dan emas logam akan lebih mudah dengan perawatan tanpa banyak menghabiskan biaya. Bentuknya yang kokoh dengan minim logam campuran, membuat keutuhan emas jenis ini lebih kuat.


Namun tidak menutup kemungkinan jika Anda lebih menyukai emas perhiasan sebagai bentuk instrumen investasi tidaklah menjadi masalah. Untuk investasi emas dalam bentuk perhiasan tidak hanya menjadi sumber keuntungan dari investasi namun juga menjadi perhiasan untuk menunjang penampilan Anda sehari-hari.


Jadi sudahkan Anda menentukan hendak mengambil jeni emas mana untuk instrumen investasi Anda nantinya?


Dan ingat, belilah emas di tempat terpercaya seperti Galeri 24. Agar Anda mendapatkan emas dengan kualitas terbaik.


Beli emas online atau offline di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


241 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua