Kabar Emas
13 Feb 2024

Macam-macam Jenis Emas yang Tersedia Secara Online di Indonesia

Bagikan
article-cover-images/6e02b40566bf5beda39d4e23da5bf43b

Macam-macam jenis emas yang tersedia secara online - Investasi emas memang menjadi hal yang banyak digandrungi saat ini oleh masyarakat. Baik para pemula atau juga para investor lama, hal ini karena emas yang memiliki nilai stabil. Dimana kebanyakan harga emas ini cenderung selalu naik di setiap tahunnya. Selain dengan hal itu, emas ini juga bisa dibilang minim resiko.

Karena nilai emas yang fluktuatif dan juga bebas inflasi, membuat emas akan tetap aman meskipun disimpan dalam waktu lama. Hal ini tentunya juga akan semakin menguntungkan para investor. Dalam melakukan investasi terhadap emas online ini, ada beberapa jenis emas yang tersedia. Macam-macam jenis emas yang tersedia secara online ini biasanya adalah jenis Antam dan juga UBS.

Macam-macam Jenis Emas yang Tersedia Secara Online yang Umum di Indonesia

Investasi emas saat ini memang banyak dilakukan oleh masyarakat. Ada berbagai macam investasi emas online yang bisa dipilih. Ada macam-macam jenis emas yang tersedia secara online yang bisa digunakan dalam investasi ini. Tetapi jenis logam mulia yang umum beredar di pasaran ini ada dua.

Dua merk dari logam mulia yang umum digunakan untuk investasi di Indonesia ini adalah jenis logam mulia Antam dan juga UBS. Pada kedua jenis logam mulia ini, mereka memiliki sebuah persamaan. Dimana baik emas Antam ataupun emas UBS mereka memiliki kemurnian sebesar 99,99 persen atau bisa dibilang setara dengan 24 K. Selain itu, pada kedua jenis logam mulia ini keduanya sama memiliki sertifikat keaslian.

Meskipun keduanya sama bisa digunakan sebagai sebuah investasi, tetapi ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Untuk mengetahui macam-macam jenis emas yang tersedia secara online terkait perbedaan dari keduanya, dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah penjelasannya:

1. Macam-macam Jenis Emas yang Tersedia Secara Online Menurut Produsen

Ada dua jenis emas yang umum tersedia di Indonesia yang bisa digunakan sebagai sebuah investasi. Jenis tersebut adalah emas UBS dan juga Antam, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa emas ini memiliki persamaan. Tetapi, ada juga perbedaannya yaitu dari produsennya. Logam mulia Antam ini diproduksi oleh PT Antam Tbk, yang dulu dikenal sebagai PT Aneka Tambang Tbk.

Diman, PT Antam ini merupakan sebuah perusahaan milik negara atau BUMN. Sedangkan, untuk emas jenis UBS mereka diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera yang jika disingkat adalah UBS. Dimana UBS ini merupakan sebuah perusahaan emas swasta yang berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya dan sudah membuat berbagai macam perhiasan emas.

2. Perbedaan Emas UBS dan Antam Berdasarkan Ukuran

Macam-macam jenis emas yang tersedia secara online di Indonesia memang cukup banyak. Tetapi, jenis logam mulia yang sering digunakan ini adalah dari Antam dan juga UBS. Jika bertanya tentang apa perbedaan dari keduanya, ada beberapa perbedaan mendasar. Selain dari perusahaan yang memproduksinya, perbedaan lainnya adalah dari ukuran produk kedua emas ini.

Pada jenis logam mulia Antam, kepingan emas yang mereka produksi ini tersedia di dalam 11 ukuran. Mulai dari ukuran yang paling kecil adalah 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram. Kemudian untuk ukuran yang lebih besar ada ukiran 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, sampai dengan 250 gram dan juga 1000 gram. Sedangkan, untuk kepingin logam jenis UBS mereka juga menyediakan ukuran yang hampir sama, tetapi hanya ada 10 ukuran.

Mulai dari ukuran yang terkecil 0,05 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, sampai dengan 5 gram. Untuk ukuran yang lebih besar adalah 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram. Untuk ukuran gram yang sama, dimensi dari emas Antam relatif lebih kecil tetapi lebih tebal. Sedangkan untuk ukuran emas UBS, dimensinya yang lebih lebar tetapi tipis.

3. Perbedaan Emas UBS dan Antam Berdasarkan Harga

Setelah membahas tentang apa saja macam jenis emas yang banyak beredar di Indonesia dan perbedaan antara keduanya. Selanjutnya, kita akan membahas tentang perbedaan dari segi harga. Seperti yang diketahui bahwa, macam-macam jenis emas yang tersedia secara online di Indonesia yang banyak digunakan adalah UBS Dan Antam. Dua emas ini tentunya memiliki perbedaannya sendiri, terutama dari segi harga.

Harga emas Antam ini bisa dibilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan emas jenis UBS. Hal ini karena, pada emas Antam sertifikatnya berlaku secara internasional. Berbeda dengan emas UBS yang sertifikatnya hanya berlaku secara nasional.

Berbicara tentang emas, terlepas dari jenis emas yang ada di pasaran. Anda tentunya perlu teliti untuk melakukan pembelian. Jika Anda saat ini sedang mencari tempat jual emas Antam dan UBS yang terpercaya, maka Anda bisa membelinya di Galeri 24. Ini karena, Galeri24 adalah toko emas yang menyediakan berbagai macam jenis emas baik UBS atau Antam yang terpercaya. Sebagai salah satu anak perusahaan dari pegadaian Persero, Galeri24 tentunya lebih terpercaya.

Jadi ingat, beli emas hanya di Galeri 24. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!