Bentuk dan Jumlah Mahar Rasulullah kepada Istrinya


mahar rasulullah
sumber: cepetnikah.com

Apakah Anda pernah bertanya; kira-kira berapa mahar Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam ketika menikahi istrinya? Untuk tahu jawabannya simak yuk artikel ini!


Sebagai teladan seluruh umat manusia khususnya bagi kaum muslim, ada banyak kisah dari Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam yang menarik untuk disimak.


Salah satunya mengenai jumlah mahar Rasulullah ketika menikahi istri-istrinya.


Konon, mahar Rasulullah ketika menikah jumlahnya besar bila dikonversi dengan rupiah pada saat ini.


Apakah demikian? Lantas, apa bentuk mahar sang nabi? Apakah emas atau ada benda lain?


Bentuk dan Jumlah Mahar Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam


Melansir laman kalam.sindonews.com yang mengutip Youtube NU Online, Pengasuh Pesantren Luhur Baitul Hikmah, Malang, Gus Ach Dhofir Zuhry menjelaskan bila mahar Rasul kepada Siti Khadijah yaitu berupa unta betina sebanyak 20 ekor ditambah beberapa kepingan emas.


Jika diuangkan nilainya mencapai miliaran rupiah.


"Kalau diuangkan sekarang, satu ekor rata-rata harganya Rp55 juta. Belum lagi ditambah beberapa keping emas. Total lamaran Nabi Rp1,3 miliar," terangnya.


Sementara mahar Rasul kepada Aisyah, yaitu 500 dirham atau bila disetarakan dengan emas kekinian nilainya mencapai 200 gram.


Anda bisa menghitung sendiri berapa nilai emas 200 gram saat ini. Sangat besar, bukan?


Masih melansir laman kalam.sindonews.com, mengenai mahar Rasulullah kepada Aisyah ada hadis yang menerangkannya cukup jelas. Hadis itu berbunyi:


"Mahar Rasulullah kepada para isterinya ialah 12 Uqiyah dan satu nash". Lalu, Aisyah melanjutkan, "Tahukah Anda apakah nash itu?" Abdur Rahman menjawab, "Tidak, ya, Aisyah." Istri Rasulullah itu berkata, "Setengah Uqiyah". Jadi, semuanya 500 dirham. Itulah mahar Rasulullah untuk para istrinya. (HR. Muslim).


Anda pun mungkin bertanya, dari mana sumber harta Rasul ketika memberikan mahar?

Menukil laman republika.co.id, disebutkan bila paman nabi turut ikut andil. Maka, campur tangan keluarga dinilai cukup besar.


Beli Emas Online di Galeri 24


Nah Anda sudah tahu bentuk dan jumlah mahar yang Rasul siapkan ketika menikah.


Selain unta, Rasul juga memberikan emas dalam bentuk dirham.


Jika memang Anda pun tertarik membeli emas untuk mahar, pastikan membelinya di Galeri 24.


Itu karena Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero, sehingga setiap emas yang dijual legal, dan berkualitas.


Apalagi baru-baru ini Galeri 24 sudah mempunyai workshop Galeri 24.


Alhasil selain memasarkan ragam emas, Galeri 24 juga jadi salah satu produsen emas di Indonesia.


Tidak main-main, sebagai bukti jika produk emas di Galeri 24 berkualitas, workshop Galeri 24 pun sudah memenuhi SNI 8880 tahun 2020 tentang standar perhiasan emas.


Dengan begitu konsumen akan mendapatkan emas dengan kualitas terbaik.


Tertarik beli emas online di Galeri 24?


Jika iya, langsung saja beli di marketplace Shopee dan Tokopedia. Cari toko Galeri 24 dengan memasukkan kata kunci ‘Galeri 24’ dalam kolom pencarian.


Anda pun bisa membeli emas online lewat situs resmi Galeri 24. Di sana Anda bisa memantau produk emas untuk mahar, dari mulai logam mulia, perhiasan dan berlian. Lengkap dengan harga emas paling baru.


Sementara bagi yang ingin beli offline atau ke toko, silakan langsung datang ke distro Galeri 24 yang gerainya sudah ada di mana-mana. Bahkan sudah tersebar di seluruh Indonesia!


Jadi apa lagi yang ditunggu, segera beli emas online di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!


12 views0 comments