Mana yang Lebih Menguntungkan di Masa Depan, Menabung atau Berinvestasi?


Menabung dan Investasi memang sama-sama kegiatan menyimpan uang untuk keamanan dan keuntungan finansial di masa depan. Namun, masih banyak yang belum memahami perbedaan jelas antara menabung dan berinvestasi.

Sebagian orang beranggapan bahwa menabung sama dengan investasi. Nyatanya, menabung adalah kegiatan menyimpan uang dengan tujuan jangka pendek yang dapat digunakan sewaktu-waktu jika diperlukan.

Sedangkan investasi untuk tujuan jangka panjang. Caranya adalah menanamkan modal yang kita miliki dengan harapan akan mendapatkan pertumbuhan nilai di kemudian hari dan menambah penghasilan

Untuk mengetahui mana yang lebih menguntungkan di masa depan, berikut perbedaan yang lebih jelas antara menabung dan investasi sehingga Anda dapat memahami keunggulan dan risiko masing-masing.


Menabung VS Investasi #1 Bentuk atau Produk

Produk tabungan pada umumnya ada dua, yaitu tabungan biasa dan deposito. Tabungan biasa berupa uang yang kita simpan di bank dan tidak ada keharusan membayar sejumlah uang, nominal yang disetorkan tergantung masing-masing nasabah.

Berbeda sedikit dengan deposito, akan ada minimal uang yang harus disetorkan nasabah kepada bank, kemudian ada jangka tunggu biasanya minimal 1 tahun sebelum uang tersebut dapat diambil kembali.

Sedangkan dalam investasi dibedakan menjadi dua jenis investasi fisik (yang dapat dilihat bentuknya) seperti investasi emas dan properti, dan non fisik (biasanya hanya dalam sistem keuangan) seperti reksadana, saham, obligasi, dan lain sebagainya.


Menabung VS Investasi #2 Kemudahan Akses

Menabung memungkinkan kita mengakses (menambah, memindahkan dan mengambil) jumlah tabungan dengan mudah, kapanpun dan dimanapun melalui mesin ATM maupun Bank.

Tabungan dapat berguna dalam keadaan darurat karena tidak ada prosedur khusus dalam proses pencairan, walau kadang ada batasan jumlah pengambilan dana tabungan.

Berbeda dengan investasi, saat Anda menginvestasikan sejumlah uang, maka Anda tidak dapat mengakses (khususnya memindahkan dan mengambil) dana investasi secara tiba-tiba karena ada ketentuan periode pengambilan hasil investasi.


Menabung VS Investasi #3 Risiko dan Keuntungan

Risiko menabung sangatlah kecil karena bank mempunyai sistem keamanan yang tinggi. Bahkan jika bank tempat Anda menabung mengalami pencurian, tidak perlu khawatir karena pihak bank akan bertanggung jawab mengganti uang tabungan Anda.

Namun, karena tabungan nilanya tidak pasti dan tergolong kecil, maka jangan mengharapkan keuntungan yang besar pula. Anda akan mendapatkan bunga bank atau interest tahunan yang ditambahkan langsung ke rekening, namun jumlahnya tentu tidak terlalu besar.

Berbeda dengan investasi yang memiliki potensi imbal hasil lebih besar dibanding bunga bank, namun risikonya juga lebih tinggi (istilah lainnya High Risk High Return). Bahkan, dibeberapa kasus, ada risiko kehilangan semua dana investasi yang disetor.


Jadi, Mana yang Lebih Menguntungkan, Tabungan atau Investasi?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa investasi cenderung lebih menguntungkan dibanding menabung. Namun Anda harus lebih teliti memilih produk investasi yang tepat dan sesuai dengan budget dan kondisi lainnya

Investasi fisik yang populer dan cenderung membutuhkan modal kecil adalah investasi emas, baik yang berbentuk logam mulia alias emas batangan maupun perhiasan emas.

Untuk itu, memilih toko emas yang terpercaya adalah langkah awal jika Anda ingin berinvestasi emas. Seperti halnya Galeri24 dari PT.Pegadaian yang menyediakan logam mulia, perhiasan emas dan juga batu mulia seperti berlian.

5 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥