top of page

Manfaat Membeli Emas Batangan, Apakah Menguntungkan?


Manfaat membeli emas batangan penting untuk diketahui karena dikatakan bahwa emas batangan yang digunakan untuk investasi akan menguntungkan jika dibandingkan dengan perhiasan emas ataupun jenis emas yang lainnya.


Seperti yang telah diketahui bersama, emas telah lama dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi, di mana emas dinilai kebal terhadap inflasi dan nilainya cenderung stabil. Jadi, agar Anda tidak ragu-ragu lagi dalam berinvestasi emas mulia, alangkah baiknya jika Anda mengetahui manfaat membeli emas batangan, yang dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi ke depannya.


Manfaat Membeli Emas Batangan


Emas seolah menjadi magnet tersendiri dalam dunia investasi dikarenakan tidak pernah sepi akan peminat setiap tahunnya. Harganya yang cenderung stabil dan naik menjadikan emas sebagai salah satu pilihan investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan. Biasanya, ada dua pilihan jika Anda ingin melakukan investasi emas, yaitu dengan emas batangan ataupun perhiasan emas, tetapi keduanya tentu saja memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda satu sama lain.


Tetapi biasanya, investasi dengan emas batangan dinilai jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan perhiasan. Apa saja manfaat membeli emas batangan untuk investasi? Berikut beberapa keuntungan investasi logam mulia batangan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Manfaat Membeli Emas Batangan: Pelindung Inflasi


Seiring berjalannya waktu, emas memang termasuk satu-satunya komoditas yang dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang dan mampu menaklukkan inflasi yang terjadi. Seringkali emas mencapai nilai tertingginya selama periode inflasi yang menyebabkan nilai mata uang menjadi lebih rendah, sehingga emas dikatakan sebagai sesuatu yang sangat berharga.

2. Manfaat Membeli Emas Batangan: Adanya Diversifikasi Aset


Logam mulia emas memiliki risiko yang sangat rendah tetapi nilainya terus mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu. Tetapi, pergerakan harga emas biasanya berlawanan dengan pergerakan pasar saham, sehingga pemilik emas tidak akan merasa dirugikan dengan pasar saham yang mengalami penurunan dikarenakan harga emas semakin meningkat.


Investasi emas batangan termasuk investasi yang dapat menawarkan jenis diversifikasi dan perlindungan untuk portofolio saham, dan tidak ada aset lain yang memiliki keistimewaan seperti yang dimiliki emas. Diversifikasi akan sangat bermanfaat dalam penjagaan aset dari peristiwa ekonomi yang tidak terduga.

3. Manfaat Membeli Emas Batangan: Kemudahan Likuid


Saat ini, tingkat permintaan emas semakin tinggi, sehingga bisa dipastikan bahwa emas mudah dijual. Sehingga, emas menjadi aset yang sangat likuid atau mudah dicairkan menjadi uang. Keberadaan emas sangat dihargai di mana saja dan kapan saja sehingga sangat mudah jika ingin menjual emas untuk ditukarkan menjadi uang tunai saat sedang mengalami krisis.

4. Manfaat Membeli Emas Batangan: Aset yang Aman dan Mudah Diperjualbelikan


Emas sering disebut sebagai aset safe haven (aset yang aman untuk dimiliki). Seiring perkembangan teknologi, Anda tidak membutuhkan proses panjang untuk memiliki emas yang ingin dijadikan instrumen dalam investasi. Emas juga dibilang sangat mudah untuk diperjualbelikan berkat kemampuannya dalam mempertahankan nilai emas dalam jangka panjang. Emas logam mulia atau emas batangan dapat bertahan dari ketidakpastian finansial yang turun naik, sehingga tidak heran jika sebagian besar negara percaya akan adanya cadangan emas yang sangat besar dan dapat digunakan untuk memerangi berbagai situasi dan kondisi kritis.

5. Manfaat Membeli Emas Batangan: Dapat Dijadikan Dana Darurat


Emas dapat dikatakan sebagai salah satu metode investasi jangka panjang karena keuntungan tidak akan bisa didapatkan dengan cepat. Tetapi, investasi emas memang dibilang sangat menjanjikan, serta pada kondisi ekonomi yang stabil, harga emas cenderung stabil.


Fluktuasi harga emas yang terjadi tergantung pada nilai mata uang nasional terhadap mata uang asing. Walaupun kenaikan harga emas dapat terjadi beberapa tahun sekali, logam mulia emas cenderung naik harganya dibandingkan turun. Sehingga, investasi emas mampu memberi keuntungan dalam jangka panjang dan dapat dijadikan dana darurat di masa yang akan datang.

6. Manfaat Membeli Emas Batangan: Tidak Dibebankan dengan Biaya Produksi


Membeli emas batangan tergolong lebih menguntungkan, dikarenakan Anda tidak akan dibebankan dengan biaya produksi saat menjualnya kembali sehingga keuntungan yang didapatkan akan lebih tinggi nilainya. Tetapi, balik lagi, Anda harus memperhatikan dan memastikan kadar kemurnian emas batangan yang Anda beli tersebut.


Beda halnya dengan investasi perhiasan emas, emas yang digunakan sebagai perhiasan yang dapat menunjang penampilan memiliki nilai jual kembali dengan harga yang cukup stabil, di mana harga jual ini dapat dipengaruhi harga pasaran emas, kadar yang tepat, faktor model, desain perhiasan, dan juga biaya produksi pengolahan emas menjadi perhiasan.

Demikian beberapa manfaat membeli emas batangan yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memutuskan berinvestasi dengan emas batangan. Intinya, membeli emas batangan dinilai jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan emas yang sudah diolah menjadi perhiasan.


Berbicara mengenai investasi emas batangan, Anda harus memiliki tujuan yang jelas sebelum memilih investasi emas, melihat harga jual emas di pasaran, memilih toko penjual emas yang terpercaya dengan produk emas yang berkualitas, serta toko tersebut harus sudah memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia) serta bereputasi baik.


Jika Anda bingung terkait tempat membeli emas batangan online yang terpercaya namun Anda ingin membeli emas tanpa was was, Anda dapat mempercayakan hal tersebut pada galeri24.co.id. Galeri24 merupakan perusahaan ritel perhiasan terbesar di Indonesia yang selalu mengutamakan jaminan akan kadar karat emas, sehingga diciptakan emas berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing.


Jadi pastikan, kalau Anda hendak beli emas belinya di Galeri 24. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!

1.036 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua