top of page

10 Manfaat Membeli Emas Batangan yang Jarang Diketahui Banyak Orang


Manfaat membeli emas batangan kini menjadi satu informasi yang dibutuhkan oleh kalangan masyarakat. Seiring masih tingginya ketidakpastian kondisi ekonomi akibat pandemi Covid 19 yang masih terus berlanjut, untuk investasi logam emas mulia diperkirakan masih akan mengkilap di beberapa waktu kedepan.


Animo masyarakat yang tinggi untuk melakukan investasi emas karena komoditas ini bisa memberikan manfaat bagi sarana lindung nilai. Artinya, emas dari masa ke masa akan tetap mempertahankan nilainya dengan berpeluang mengalahkan inflasi.


Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa manfaat membeli emas batangan. Sedangkan, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai beberapa manfaat tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.


Manfaat Membeli Emas Batangan


Seperti yang diketahui, setiap melakukan investasi apapun itu jenisnya mempunyai manfaat masing-masing. Ada beberapa manfaat membeli emas batangan yang bisa didapatkan dan dirasakan langsung oleh para pelakunya, yaitu:


1. Perlindungan dari Inflasi


Mungkin bisa dikatakan, emas adalah salah satu barang yang bisa mempertahankan nilainya dalam jangka waktu panjang. Selain itu, emas juga bisa menaklukkan inflasi. Dengan nilai yang terus meningkat seiring dengan biaya hidup.


Seringkali perhiasan seperti emas mencapai nilai tertingginya selama periode inflasi tinggi. Saat terjadi inflasi,nilai mata uang itu sendiri menjadi rendah. Sebaliknya, emas yang rendah justru naik lebih tinggi harganya. Sehingga, bisa membuat harga emas semakin tinggi.


2. Emas sebagai Diversifikasi


Manfaat membeli emas batangan selanjutnya adalah untuk diversifikasi. Alasannya, logam mulia satu ini mempunyai resiko yang sangat rendah. Akan tetapi, untuk nilainya terus mengalami kenaikan.


Selain itu, pergerakan emas biasanya akan berlawanan dengan pasar saham. Maka, saat pasar saham mengalami penurunan maka untuk pemilik emas tidak terlalu rigi karena harga emas mengalami peningkatan.


Di sisi lain manfaat diversifikasi adalah bisa menjaga aset dari peristiwa ekonomi yang tidak terduga. Nah, emas termasuk barang investasi yang bisa menawarkan jenis diversifikasi dan perlindungan untuk portofolio dan tidak ada yang sama seperti keistimewaan dimiliki oleh emas.


3. Nilainya Selalu Meningkat


Bisa dibilang, investasi emas ini mempunyai resiko yang sangat minim. Salah satu alasan keberadaan emas di saat ini sangat diminati oleh kalangan masyarakat. Seperti halnya dengan negara India dimana emas dianggap menguntungkan dan tidak ada perayaan yang lengkap tanpa barang tersebut.


Selain itu, keterbatas emas ini juga memastikan bahwa harga akan selalu mengalami kenaikan secara signifikan. Bahkan, dari waktu ke waktu untuk permintaan emas terus mengalami peningkatan.


4. Likuiditas yang Tinggi


Permintaan emas yang tinggi memastikan, bahwa emas mudah dijual. Selain itu, kondisi ini membuat emas jadi aset sangat likuid. Keberadaan emas sangat dihargai dimanapun. Sehingga, sangat mudah untuk mencarinya menjadi uang tunai di saat sedang mengalami krisis.


5. Penyeimbang Devaluasi Mata Uang


Ketidakpastian keuangan bisa mengakibatkan mata uang terkuat kehilangan nilainya. Kala mata uang ini dapat dicetak sesuka hati, sebaliknya emas sebagai aset berwujud tidak bsia direproduksi dengan mesin. Maka dari itu, diyakini emas bisa memberikan perlindungan terhadap para investor dari devaluasi mata uang.


6. Mudah Diperjualbelikan


Emas sebagai barang yang mudah diperjualbelikan, karena berkat kemampuan untuk mempertahankan nilainya di dalam jangka panjang. Selain itu, emas bisa bertahan dari ketidakpastian finansial yang turun naik. Maka dari itu, sebagian besar negara dipercaya mempunyai cadangan emas yang sangat besar dan bisa digunakan untuk memerangi berbagai situasi.


7. Emas Mudah Dimiliki


Seiring perkembangan teknologi, sekarang ini untuk mempunyai investasi emas tidak membutuhkan proses yang panjang. Hanya dengan memanfaatkan media elektronik, setiap individu bisa melakukan investasi emas baik itu bentuk perhiasan, kepingan dan batangan.


8. Nilai Uang Bertambah


Investasi emas, tentu berpotensi menambah nilai aset yang ditanamkan akan terus bertambah. Terlebih, investasi emas sifatnya jangka panjang maka bisa membuat nilai mata uang yang dimiliki bertambah. Ketika melakukan investasi emas sejak muda, tentunya semakin banyak keuntungan yang didapatkan kedepannya.


9. Mempunyai Dana Darurat


Investasi emas, bisa menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk menyiapkan dana darurat. Artinya, terkait salah satu keuntungan investasi emas yaitu mudah dicairkan kapan saja.

Semua kalangan masyarakat bisa membeli sekaligus dijual kapan saja. Selain dijual, emas juga bisa dicairkan dengan cara digadaikan. Melalui gadi, ketika sudah mempunyai yang untuk menebus bisa dimiliki kembali.


10. Mandiri Secara Finansial


Manfaat membeli emas batangan yang paling akhir adalah mandiri secara finansial. Setelah melakukan investasi, tentu saja bisa mengerti dan paham untuk mengatur keuangan sendiri. Hal ini pada akhirnya membantu Anda lebih mandiri di dalam finansial dan tidak bergantung lagi dengan orang lain. Pada saat bersamaan, bukan tidak mungkin sekaligus bisa membantu keluarga melalui investasi yang sudah dilakukan.


Ada salah satu tempat yang bisa digunakan untuk melakukan investasi, yaitu Galeri 24. Di dalam Galeri 24 juga banyak sekali macam-macam layanan investasi yang bisa memberikan keuntungan di 5 -10 tahun mendatang.


Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai 10 manfaat membeli emas batangan. Dengan adanya penjelasan diatas besar harapan bisa membantu dan memberikan informasi tambahan bagi Anda yang ingin melakukan investasi jangka panjang.


Kemudian pastikan, jika Anda hendak beli emas, belilah hanya di Galeri 24. Sebab, Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga setiap emas yang dijualnya pasti legal dan resmi.


Jadi ingat, beli emas online di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!


48 tampilan0 komentar