Masih Berpikir Menunda Mulai Investasi? Baca 4 Fakta Ini


Meski sudah ramai digaungkan, masih ada sebagian orang yang masih ragu berinvestasi. Alasannya beragam; mulai dari tidak punya modal, merasa masih muda, khawatir penipuan, masih ingin menikmati gaji, dan lain sebagainya.

Padahal, menunda-nunda investasi bisa membuat Anda rugi besar. Dunia bergerak dengan kecepatan yang tak terduga, dan hal terbaik yang Anda lakukan adalah menyiapkan diri dengan cadangan dana yang cukup. Apa saja 4 fakta yang harus Anda tahu agar tidak lagi menunda investasi?

Mari simak paparan di bawah ini.


Fakta #1: Masa Produktif Anda Terbatas

Ada baiknya Anda mulai memperhitungkan masa depan karena satu fakta pahit: Anda tidak akan bekerja selamanya. Masa produktif Anda terbatas, dan suatu hari nanti Anda akan tidak bisa bekerja lagi karena faktor usia. Itupun belum termasuk kemungkinan buruk seperti sakit, berhalangan, dan hal-hal lain.

Jadi, memiliki cadangan masa depan adalah keharusan. Misalkan Anda mulai bekerja pada usia 25, dan akan pensiun pada usia 65. Itu berarti, Anda hanya punya empat puluh tahun untuk mengumpulkan uang. Dengan berinvestasi, Anda membuat uang Anda bertambah dan bukannya hanya menumpuk secara pasif. Seolah yang Anda ikut menua bersama Anda!


Fakta #2: Keuntungan Investasi Bisa Sangat Tak Terduga

Orang-orang yang dulu menyuntikkan hanya sedikit saham pada perusahaan Amazon kecewa. Pasalnya, hanya dalam beberapa tahun perusahaan jual beli Online tersebut sudah meroket nilainya hingga 50 kali lipat. Begitu juga generasi dahulu yang tidak membiasakan diri menyimpan uang mereka dalam rupa emas. Kini, harga emas per gramnya sudah hampir sejuta rupiah!

Seperti itulah ilustrasi antara orang yang berinvestasi dan tidak. Anda tak akan tahu berapa kali lipat untung dari investasi yang akan Anda dapatkan nantinya.


Fakta #3: Dana Pensiun Anda Bisa Jadi Hanya Sedikit

Uang yang diberikan perusahaan tidak akan cukup untuk membiayai sisa hari tua Anda. Anda mungkin menyimpan uang banyak sekali di tabungan Anda, tapi bahkan suku bunganya tidak akan sebanding dengan inflasi tahunan.

Jadi, apa ruginya memulai investasi? Jika Anda tipe orang yang tidak suka risiko besar, mulailah dengan berinvestasi pada sektor yang stabil seperti emas. Walaupun harganya bisa naik dan turun, nominalnya tidak akan langsung melejit seperti halnya saham perusahaan. Profit!


Fakta #4: Terlatih Memilik Penghasilan Pasif

Anda pernah mendengar post power syndrome? Gejala psikologis yang banyak menyerang para pensiunan ini terjadi ketika seseorang yang lanjut usia mulai merasa rindu bekerja dan punya control atas pekerjaannya.

Kondisinya jadi sulit ketika Anda tidak bekerja lagi. Nah, daripada terserang post power syndrome, tidak ada salahnya mulai membiasakan diri dengan penghasilan pasif. Meski begitu, investasi bukan sepenuhnya pekerjaan yang pasif. Anda masih harus mengecek nilainya secara berkala, membuat keputusan akan menarik atau malah menambah asset, dan memikirkan rencana untuk memperoleh lebih banyak laba secara berjangka tanpa harus pergi bekerja.

Berinvestasi memang sangat menyehatkan bagi masa tua, baik secara material maupun psikologis. Anda tentunya tidak ingin masa tua berakhir penuh penyesalan dan hanya menganggur saja, bukan?

Jika Anda berniat berinvestasi emas, pastikan hanya di gerai-gerai yang tidak diragukan lagi legalitasnya. Sebab, dewasa ini mulai menjamur toko-toko gelap yang menjual batangan emas dan perhiasan palsu. Bukan hanya tidak legal, seringkali toko-toko inipun menjadi penyalur dana bagi banyak tindak terorisme dan pencucian uang dunia. Ditinjau dari alasan moral, Anda tidak menginginkan itu, bukan?

Selalu percayakan kebutuhan investasi batu mulia, logam, dan perhiasan Anda pada Galeri24. Didirikan sebagai anak PT. Pegadaian yang menangani jual-beli emas dan perhiasan, Galeri24 berkomitmen memberikan kenyamanan terbaik bagi Anda. Anda bisa menemukan outler Galeri24 yang tersebar hingga 50 lebih di sepenjuru Indonesia.

Tidak punya waktu untuk keluar rumah pasca lelah bekerja? Jangan khawatir! Anda juga bisa mengakses katalognya yang selalu diperbaharui di Galeri24.co.id

Mari, rayakan kilau cantik hari tua Anda bersama Galeri24.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥