Kabar Emas
9 Feb 2024

Masyarakat Kota Batam Bisa "Tukar Sampah" dengan Emas

Bagikan
article-cover-images/dd27fec1bd079748e17a0c38170342f3

Ada kabar gembira, masyarakat Kota Batam dikabarkan bisa menukarkan hasil penjualan sampah daur ulang dengan emas. Lo, kenapa bisa?


Masyarakat Kota Batam bisa mendapatkan emas jika menukarkan hasil penjualan sampah daur ulang. Melansir laman Antara, Kabid Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kota Batam Eka Suryanto mengatakan, hal tersebut memungkinkan karena mereka sudah bekerja sama dengan pihak Pegadaian.


Ingin tahu lebih detail mengenai program ini? Yuk, lihat di bawah ini!


Warga Kota Batam Bisa Mendapat Emas dengan Menukarkan "Sampah"

Masih menurut sumber yang sama, menurut Eka Suryanto, nantinya hasil penjualan sampah daur ulang bisa ditukar dengan emas lewat Pegadaian.


"Jadi sampah yang diberikan ke DLH dalam program bank sampah itu tidak hanya ditukar dengan uang, tetapi juga bisa ditukar dengan emas. Kami bekerja sama dengan pihak Pegadaian," ungkap Eka Suryanto.


Tentu, penukaran sampah daur ulang menjadi emas butuh proses. Detailnya, nanti masyarakat yang sudah mendapat buku tabungan dari program bank sampah, mesti mengumpulkan uang dari penukaran sampah tersebut Nantinya, setelah uang terkumpul cukup banyak, masyarakat bisa menukarkannya dengan emas.


"Setelah uangnya sudah dirasa cukup banyak, baru bisa ditukarkan dengan emas. Nanti kami dari DLH yang akan membantu prosesnya," ungkap Eka.


Diharapkan Sampah Bisa Berkurang

Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat bisa terdorong untuk memilah-milah sampah. Alhasil, mereka lebih bersemangat untuk menjual sampah yang bisa didaur ulang ke bank sampah. Tak hanya itu, program penukaran hasil penjualan sampah yang bisa didaur ulang ke emas, bisa mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir atau TPA.


"Saya harap dengan adanya program ini, sampah yang biasanya 800 ton per hari, bisa berkurang sekitar 700 ton hingga 600 ton saja per harinya," ujar Eka.


Beli Emas di Galeri 24

Bagi warga Kota Batam, yuk tukarkan hasil pendauran sampah dengan emas. Sekalian bersih-bersih lingkungan! Sementara bagi Anda yang ingin beli emas, tak perlu khawatir. Anda bisa beli emas di Galeri 24 dengan harga yang sangat murah. Khususnya jika Anda tertarik beli emas batangan. Sebab, Galeri 24 membeli emas batangan mulai dari 0,05 gram sampai 1.000 gram. Khusus untuk emas 0,05 gram harganya pasti sangat murah karena di bawah Rp100 ribuan.


Tertarik?


Yuk, segera membeli emas di Galeri 24 dengan cara online atau offline. Untuk cara online, Anda bisa melakukan transaksi di Shopee, Tokopedia, TikTok, G24 Mobile Apps, dan situs resmi. Lalu bagi yang tertarik beli offline atau secara langsung, Anda bisa datang ke gerai Galeri 24 yang sudah ada di hampir seluruh wilayah Indonesia. Jika beli langsung ke gerai, jangan lupa membawa kartu identitas diri, ya. Tak usah khawatir soal kualitas emas di Galeri 24. Pasalnya, Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian sehingga setiap emas yang dijualnya pasti resmi. Belum lagi, Galeri 24 mempunyai unit produksi emas sendiri yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Itu menjadi jaminan jika masyarakat pasti mendapatkan emas dengan kualitas tinggi. Selain emas batangan, Anda bisa pula mendapatkan ragam perhiasan cantik di Galeri 24.


Yuk, beli emas di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!