• Galeri24

Mau Buka Toko Perhiasan Emas Online? Ini Tipsnya

Di tengah perekonomian yang serba tidak menentu, emas tetap kokoh muncul sebagai aset investasi yang menjanjikan. Bahkan di awal Agustus lalu, harga per gram emas sampai menembus Rp1 juta yang membuat logam mulia ini diburu. Tentunya menggeluti usaha yang serba emas, akan jadi peluang bisnis menjanjikan. Termasuk dengan toko perhiasan emas online terpercaya.


Fakta bahwa perhiasan emas memiliki daya tarik tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia khususnya perempuan, menjadikan toko perhiasan emas tak pernah kehilangan pasar. Apalagi dipadukan dengan sistem bisnis online, toko perhiasan emas tentu bisa menjangkau calon konsumen yang lebih luas bahkan seluruh Indonesia.


Untuk itulah bagi Anda yang kini tengah mempertimbangkan bisnis ’berbau emas’ yang tidak akan tergoyahkan krisis ekonomi kala pandemi Covid-19, toko perhiasan emas online layak dipilih. Hanya saja agar bisnis yang Anda tawarkan menarik perhatian, patut memahami bagaimana sih cara membangun toko perhiasan emas online terpercaya secara tepat.


Wajib Paham Jenis Perhiasan Emas

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda hendak mendirikan toko perhiasan emas online terpercaya adalah memahami seluk beluk perhiasan emas. Pahamilah bahwa berjualan perhiasan emas tentu berbeda dengan emas batangan. Dimana untuk emas batangan yang mempunyai kandungan karat murni hingga 24 karat (24K), harga jualnya tentu lebih mahal.


Selain harga lebih mahal, emas batangan murni jarang digunakan untuk perhiasan karena tekstur yang lunak. Hal inilah yang membuat bahan baku perhiasan emas kerap dicampur dengan logam lain, sehingga harganya jelas menyesuaikan. Memang apa saja sih emas yang sering digunakan dalam perhiasan? Berikut ulasannya:


1. Emas Kuning: Perhiasan emas kuning biasanya dibuat dengan paduan emas, tembaga dan perak. Ada dua varian perhiasan emas kuning yang sering dijual yakni 14K (emas murni 58,5%, tembaga 29%, fine silver 12,5%) dan 18K (emas murni 75%, tembaga 15%, fine silver 10%).


2. Emas Putih: Agar perhiasan emas berwarna putih, sering dicampur dengan logam berwarna putih seperti perak, seng atau nikel. Bahkan kadang dilapisi rhodium supaya warnanya makin putih. Ada dua varian perhiasan emas putih yakni 14K (emas murni 58,3%, tembaga 23%, nikel 11%, seng 7,7%) dan 18K (emas murni 75%, tembaga 10%, nikel 8%, seng 4,5%, perak 2,5%)


3. Emas Rose Gold: Paduan perhiasan emas yang paling populer ini merupakan campuran emas kuning tradisional dan tembaga, sehingga memunculkan rona merah muda cantik. Setidaknya ada dua varian perhiasan emas rose gold yakni 14K (emas 58%, tembaga 32%, perak 10%) dan 18K (emas 75%, tembaga 22,25%, perak 2,75%).


Seorang pemilik toko perhiasan emas, tentu harus mengetahui jenis-jenis perhiasan emas. Apalagi kalau Anda menyediakan layanan jual-beli emas, pemahaman soal kandungan emas dari perhiasan sangat penting dalam menentukan harga transaksi dan supaya ada indikasi penipuan.


Produk Dapat Dipertanggung Jawabkan

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis emas yang bakal dijual, hal berikutnya yang menjadikan sebuah toko perhiasan emas online terpercaya atau tidak adalah mengenai produk yang ditawarkan. Untuk dapat memenangkan hati konsumen, Anda harus jujur mengenai produk perhiasan emas. Jika itu adalah rose gold, maka Anda tak boleh mengakuinya sebagai emas kuning atau emas putih.


Begitu pula kalau perhiasan emas itu merupakan 14K, jangan diklaim sepihak sebagai perhiasan 18K supaya harga jualnya melambung. Jika Anda membiarkan kesalahpahaman ini berlalu, konsumen justru akan kecewa. Konsumen yang kecewa bukan tak mungkin akan mengeluhkannya kepada orang lain, sehingga bisa saja toko perhiasan emas online Anda ditinggalkan calon pembeli.


Jaminan Transaksi untuk Konsumen

Hal berikutnya yang menjadi kunci toko perhiasan emas online terpercaya adalah kemampuan memberikan jaminan transaksi. Yap, karena bisnis perhiasan emas dijalankan secara online, Anda sebagai penjual tentu tak akan bertemu dengan konsumen. Kondisi ini membuat transaksi dilakukan melalui transfer dan barang dikirimkan ke lokasi pembeli.


Ada banyak oknum penjual tak bertanggung jawab yang ketika konsumen sudah mentransfer biaya transaksi, produk justru tak dikirimkan dan malah kabur. Aksi penipuan ini jelas meresahkan dan membuat bisnis online terkena imbas buruk. Karena itulah supaya konsumen bisa percaya pada bisnis Anda, Anda harus mampu memberikan kenyamanan transaksi kepada pembeli.


Jika perlu, sediakan opsi rekening bersama supaya konsumen merasa nyaman. Bisa juga menawarkan berbagai metode pembayaran entah transfer bank dengan berbagai rekening, atau setoran e-money. Tentunya semakin banyak opsi pembayaran yang ditawarkan, konsumen bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mereka masing-masing.


Pentingnya Media Sosial dan Marketplace

Untuk hal terakhir yang bisa dilakukan dalam usaha membangun bisnis toko perhiasan emas online terpercaya adalah memanfaatkan media sosial. Lantaran bisnis berjalan di internet, Anda bisa melakukan promosi di Facebook, Instagram atau Twitter. Tampilkan konten produk yang ditawarkan secara jujur dan berkualitas agar menarik perhatian.


Agar semakin maksimal, tak ada salahnya mulai mempelajari seluk-beluk digital marketing seperti cara memanfaatkan SEO hingga bagaimana membuat konten promosi yang menarik secara visual. Manfaatkan berita viral di kalangan pengguna internet, untuk menawarkan produk perhiasan emas yang Anda miliki. Tentunya ingat, jangan berlebihan dan tetap sesuai dengan kemampuan.


Anda juga bisa mempertimbangkan membuka gerai online di marketplace yang tentunya dapat menjangkau pangsa pasar lebih luas. Pastikan menjadi seorang penjual yang ramah, profesional dan bertanggung jawab, supaya Anda dapat mewujudkan impian toko perhiasan emas online terpercaya secara tepat dan tentunya memuaskan.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥