Mau Investasi Perak? Pelajari Dulu Kerugian dan Keunggulannya Dibanding Emas



Investasi emas memang populer di masyarakat Indonesia. Namun ternyata investasi perak juga patut dilirik, lho! Simak ulasannya untuk mengetahui mana investasi yang lebih menguntungkan, perak atau emas?


Bentuk Investasi Perak

Layaknya investasi emas, investasi perak juga ditawarkan dalam 2 bentuk investasi, logam batangan dan dalam bentuk perhiasan. Biasanya perak dalam bentuk perhiasan akan mempunyai kadar murni yang lebih rendah dibandingkan pada perak batangan.

Sama seperti pada logam mulia emas, perak batangan tingkat kemurniannya dapat melebihi 92,5% dan akan semakin baik untuk dijadikan investasi bila kadar kemurniannya meningkat. Sehingga, baik emas dan perak lebih baik berbentuk batangan daripada perhiasan.


Keunggulan Investasi Perak

Walau tren investasi perak tidak terlalu terdengar, namun investasi perak ternyata memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan investasi emas, seperti berikut :


Keunggulan Investasi Perak #1 Harga Perak Lebih Stabil

Banyak faktor yang menjadikan harga perak lebih stabil. Salah satunya, pasar internasional untuk perak lebih kecil dibandingkan emas batangan / logam mulia. Terbatasnya pasar global yang tersedia untuk perak ini membuat manipulasi harga menjadi lebih sulit.

Perak lebih sering digunakan sebagai bahan produksi dibandingkan aset. Hal tersebut juga yang menjadikan harga perak tidak terlalu fluktuatif. Sedangkan emas justru lebih banyak dijadikan investasi dan perhiasan.


Keunggulan Investasi Perak #2: Harga Perak Lebih Murah

Berbeda dengan emas, membeli perak batangan lebih murah dibandingkan harga emas batangan. Tentunya harga beli yang murah dan risiko yang minimal menjadikan investasi perak sangat menarik.


Keunggulan Investasi Perak #3: Kenaikan Harga Perak Lebih Cepat

Perak memiliki tingkat kenaikan harga yang lebih tinggi dibandingkan emas batangan. Misalnya, emas batangan mengalami kenaikan harga hingga 2 kali lipat, sedangkan perak batangan dapat mengalami kenaikan harga hingga 3 kali lipat.


Keunggulan Investasi Perak #4: Kebutuhan Perak Tinggi

Seperti keunggulan pertama, perak sangat berperan penting dalam dunia industri karena sering dijadikan bahan baku pembuatan mesin ataupun material pendukung lainnya. Selain itu, perak juga dibuat sebagai perhiasan yang juga bisa dijadikan sebagai pilihan investasi.


Keunggulan Investasi Perak #5: Jumlah Perak Terbatas

Walaupun industri perak terus berkembang, perak mempunyai jumlah yang terbatas, oleh karena itu komoditas ini termasuk pada komoditas yang langka dan berharga. Alasan ini juga lah yang menjadikan perak cocok sebagai investasi Anda.


Kerugian Investasi Perak

Setelah mengetahui keunggulan investasi perak, berikut adalah kerugian investasi perak sebagai bahan pertimbangan Anda.


Kerugian Investasi Perak #1 Perawatan Perak Sulit

Tidak seperti emas, perak lebih mudah teroksidasi terutama jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Oksidasi perak akan membuat perak menjadi lebih kusam hingga dapat menimbulkan noda hitam. Hal itulah yang akan membuat perak tidak laku di pasaran.


Kerugian Investasi Perak #2 Informasi Penjualan Perak Terbatas

Pasar perak termasuk pasar yang kecil, oleh karena itu informasi mengenai perak cenderung sulit didapatkan. Keterbatasan informasi ini lah yang menjadikan investor kurang berminat untuk berinvestasi perak.


Kerugian Investasi Perak #3 Mudah Dipalsukan

Baik perak batangan lokal maupun perak batangan impor, keduanya sangat mudah dipalsukan. Bagi investor pemula atau yang kurang paham cara membedakan perak asli dan palsu, investasi perak dapat sangat membahayakan.


Investasi Emas VS Perak

Setelah melihat keunggulan dan kerugian investasi perak bila dibandingkan dengan investasi emas, diharapkan Anda dapat lebih mudah menentukan produk investasi apa yang paling tepat.

Baik Investasi emas maupun perak, keduanya dapat sama-sama menguntungkan dan juga berisiko. Yang terpenting adalah Anda memulai investasi sejak dini agar bisa mendapatkan keuntungan di masa depan.

Nah, jika Anda memutuskan untuk melakukan investasi emas, beli logam mulia yang murah, aman dan terjamin karatasenya di Galeri24 milik PT.Pegadaian.

Pembelian logam mulia untuk investasi juga dapat dilakukan secara online melalui www.galeri24.co.id maupun langsung datang ke distro Galeri24 di berbagai daerah di Indonesia.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥