Mau Membeli Berlian? Cari Tahu Mana Potongan Berlian yang Paling Berkilau


Berlian adalah ratu dari semua batu mulia. Dengan bentuknya yang berkilauan memancarkan tujuh warna ketika terkena cahaya, berlian masih menjadi incaran para hobbyist maupun investor masa kini.

Sebagai perhiasan pun, berlian bisa mempercantik daya tarik seseorang secara instan ketika dipakai. Nah, jika Anda terpikir untuk membeli berlian, tahukah Anda mana potongan berlian yang paling berkilau?


Semakin Banyak Facet, Semakin Berkilau

Untuk memahami cara kerja kilau berlian, mula-mula Anda bisa mengenal facet (facet, dalam bahasa Inggris). Sederhananya, facet adalah bidang-bidang cermin datar yang membentuk tubuh berlian dan memotong ke dalam permukaan batu.

Setiap ada cahaya yang mengenai berlian, facet-facet ini akan memantulkannya—bayangan kumpulan beberapa cermin yang disusun, dan inilah yang membuat berlian berkilauan.

Umumnya, semakin banyak facet dalam suatu batu berlian, makin terang pula kilauannya. Dan memang, di pasaran ada jenis-jenis potongan tertentu berisi puluhan facet agar tercipta jenis berlian yang paling berkilau. Potongan-potongan ini dinamai brillant cut.

Berminat memiliki berlian paling berkilau? Sebaiknya Anda menyimak paparan di bawah ini.


1. Pilihlah Brilliant Cut

Brilliant Cut yang memang didesain sebagai berlian paling berkilau biasanya punya 56-58 facet. Dengan “cermin” sebanyak itu, Anda bisa membayangkan betapa berkilaunya batu tersebut. Tipe paling populer dari berlian ini adalah round cut. Menyusul, ada pula gaya marquis cut, oval cut, dan radiant cut.

Berlian-berlian ini memang didesain untuk memiliki kecemerlangan paling tinggi. Tapi rupanya toh, jumlah facet saja bukan penentu tunggal untuk mencari berlian yang paling cemerlang.


2. Pilih Tingkat Potongan Excellent atau Very Good

Dilansir dari pernyataan GIA (Gemological Institute of America), berapa pun facet yang dimiliki suatu berlian tidak akan memaksimalkan kilaunya bila potongannya tidak sama, tidak terbagi rata, atau ukurannya tidak proporsional. Sebab itu, tingkat potongan suatu berlian terbagi-bagi menjadi beberapa level

Tingkat excellent atau very good berarti sebuah berlian tidak punya satu pun area gelap yang tidak memantulkan cahaya. Sementara itu, tingkatan poor atau fair punya beberapa atau banyak area gelap, sehingga pancaran berliannya akan terlihat biasa saja. Tapi sebagai awam, bagaimana Anda mengetahuinya?

Kuncinya adalah dengan membeli di tempat legal yang bersertifikasi. Beserta berlian tersebut, Anda akan memperoleh secarik dokumen yang merincikan informasi tentang potongan, tipe, bahkan jumlah facet berlian yang Anda beli. Inilah pentingnya membeli berlian hanya di tempat-tempat terpercaya.


3. Sesuaikan dengan Jenis Perhiasan yang Anda Pilih

Usai memilih berlian impian, tugas selanjutnya adalah memastikan Anda memilih tipe perhiasan yang tepat.

Penggunaan emas putih sangat disarankan untuk membuat berlian Anda semakin berkilau. Karena, warna emas putih memiliki sifat terang yang alamiah. Kedua, menggunakan halo setting untuk perhiasan Anda juga akan semakin membuat kilaunya menawan.

Jenis tataan ini berarti akan ada empat atau lebih berlian di kalung atau cincin Anda. Dengan cakram prong ala Tiffany’s atau Solitaire, dijamin kilaunya akan semakin memancar.

Meski setting bezel banyak diminati karena terkesan elegan dan resik, kali ini bezel tidak disarankan karena akan membuat cahaya berlian agak muram. Ini karena setting bezel agak menenggelamkan sebagian batu berlian. Jadi jika kemilau lah yang Anda cari, sebaiknya hindari setting bezel.

Nah, itulah sedikit paparan untuk memiliki berlian dengan kilauan maksimal.

Berminat? Langsung saja menuju ke katalog Galeri24.co.id. Kami menyediakan ragam perhiasan emas dan berlian dengan desain trendi dan kualitas terbaik. Selain itu, Galeri24 yang merupakan anak perusahaan dari PT.Pegadaian juga menjual emas logam mulia dan perhiasan emas lainnya.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥