• Galeri24

Memahami Kekurangan dan Kelebihan Cincin Palladium Buat Pria

Pernah dengar cincin palladium? Yap, cincin kerap digunakan para laki-laki sebagai cincin pernikahan maupun cincin tunangan. Hal ini dilakukan sebab dalam agama Islam, haram hukumnya bagi laki-laki untuk mengenakan emas.

Dilansir dari BBC, palladium adalah logam mulia yang berwarna putih mengkilap. Logam ini masih satu kelompok dengan platinum, ruthenium, rhodium, osmium, dan iridium.

Rusia dan Afrika adalah pemasok terbesar logam palladium di dunia. Tak ada perusahaan yang secara khusus menambang logam ini, palladium diperoleh dari produk sampingan dari tambang emas, nikel, dan platinum.

Di pasar dunia, harga palladium dengan kadar murni dijual seharga 2.500 dollar AS per ounce atau setara Rp 36,54 juta (kurs Rp 14.600). Selain digunakan sebagai perhiasan, paladium sangat berguna untuk industri otomotif.

Logam ini biasa ditemukan dalam sistem gas buang, di mana paladium berfungsi mengurangi emisi gas beracun dari ruang bakar mesin. Selain itu, palladium lazim digunakan untuk peralatan kedokteran gigi dan elektronik. Secara global, permintaan palladium terus mengalami kenaikan membuat harganya terus merangkak naik.

Sebagai perhiasan, palladium memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan logam mulia seperti emas. Selain harga jauh lebih murah, logam ini relatif tahan lama, mudah dibersihkan, dan tidak menimbulkan efek alergi di kulit. Ini yang membuat cincin palladium lebih murah ketimbang emas. Palladium berwarna putih alami dan tidak memerlukan pelapisan atau campuran logam lain.

Warna putih dalam logam mulia ini tak berubah meski telah dipakai bertahun-tahun. Selain itu, berat palladium lebih ringan dibandingkan emas putih. Meski begitu, di Indonesia, tak banyak toko emas yang menjual logam ini lantaran stoknya yang sangat terbatas di pasaran. Dari tahun ke tahun, popularitas palladium sebagai perhiasan semakin meningkat, terutama untuk dipakai pria.


Cocok Digunakan untuk Pernikahan

Palladium memiliki sifat anti alergi dan oksidasi korosi. Oleh karena itu, cincin palladium akan sangat cocok jika digunakan sebagai cincin pernikahanuntuk pria sebab lebih tahan terhadap macam-macam aktivitas maskulin, juga kilaunya lebih terjaga. Jika menginginkan cincin nikah dengan tampilan yang hampir menyerupai logam platinum ataupun emas putih, tetapi memiliki harga yang relatif lebih murah, maka palladium bisa menjadi pilihan yang tepat.

Cincin palladium tidak sulit untuk dibersihkan. Untuk mempertahankan kecantikan cincin palladium, cukup menggunakan campuran larutan sabun dan air hangat, lalu lap secara lembut ke cincin nikah palladium tersebut. Untuk hasil yang lebih maksimal, bisa juga menggunakan pembersih khusus palladium.

Selain itu, cincin palladium juga memiliki bentuk yang simpel dan ringan. Hal ini tentu disukai oleh pria yang mungkin tidak suka dengan model yang terlalu berlebihan secara detail. Namun, apa sebenarnya logam palladium itu? Palladium termasuk dalam salah satu jenis logam mulia dari Platinum Group Metal.

Meski mempunyai sederet kelebihan, cincin palladium juga tak lepas dari kekurangan. Beberapa kekurangan kecil yang wajib Anda ketahui di antaranya adalah palladium ini cukup sulit dibentuk, sama seperti platinum. Anda harus tahu bahwa kadar palladium yang bagus adalah 50%, berbeda dengan perak yang mencapai 95%.

Kenapa begitu? karena semakin tinggi kadar palladium atau semakin murni, justru bakal makin sulit pula dibentuk. Hal inilah yang akhirnya membuat harga cincin palladium di pasaran tidak semahal platinum bahkan emas, karena perhiasan palladium yang ada tidak murni sampai 100%. Namun meskipun begitu, ada beberapa cincin palladium dengan kadar lebih dari 50%.

Ketika Anda ingin membeli cincin palladium, sudah pasti caranya berbeda saat hendak membeli cincin emas. Seperti yang diulas sebelumnya, semakin tinggi kadar palladium pada sebuah benda, maka bakal semakin sulit dibentuk.


Sehingga dengan begitu, cincin yang mempunyai kadar palladium terlalu tinggi, akan mempunyai tekstur yang kaku dan tidak nyaman dipakai jangka panjang. Sementara kalau kadar palladium-nya terlalu rendah, justru cincin bakal menjadi begitu lunak dan mudah berubah bentuk. Lalu, berapa kadar ideal untuk cincin palladium? Jawabannya sekitar 50-75%.


Rentang cincin dengan kadar palladium 50-75% ini adalah yang terbaik karena tekstur cincin sangat nyaman ketika dipakai dalam jangka panjang, lantaran tidak terlalu kaku dan lunak. Karena ini pula, harga cincin palladium dengan rentang kadar 50-75%, menjadi yang paling banyak dipilih oleh para pecinta perhiasan.


Di pasaran Indonesia sendiri, cincin palladium yang beredar biasanya mengandung kadar sangat variatif yakni 10 sampai 80 persen. Berikut ini adalah daftar kisaran harga cincin palladium di pasaran yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Cincin palladium dengan kadar 10% = Rp210 ribu per gram

2. Cincin palladium dengan kadar 25% - 35% = Rp280 ribu - Rp350 ribu per gram

3. Cincin palladium dengan kadar 40% = Rp430 ribu per gram

4. Cincin palladium dengan kadar lebih dari 50% = Rp480 ribu per gram


Melalui kisaran harga di atas, Anda tentu bisa menyiapkan modal sesuai kemampuan dan keinginan. Jika Anda ingin cincin yang cukup berat dengan harga murah, maka tentu bisa membeli cincin palladium dengan kadar 10% seberat 5 gram dengan kisaran Rp1 jutaan. Namun kalau ingin cincin palladium dengan kadar terbaik dan tidak terlalu berat, bisa saja membeli cincin palladium berkadar 65% seberat 2 gram, yang berharga kisaran Rp1 jutaan juga.


Dengan memahami perhitungan harga cincin palladium yang tergantung kadarnya, Anda tentu lebih diuntungkan. Pastikan cincin tersebut bakal digunakan oleh siapa dan sesuaikan kadar yang dimiliki, sehingga membuat cincin palladium tersebut tampak begitu menarik dan terlihat elegan.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥