• Galeri24

Memilih Emas Hantaran Yang Cocok Untuk Mahar Pernikahan

Terkadang setiap pasangan pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan, tentunya akan diawali dengan prosesi seserahan. Hal ini akan dilakukan 3-5 hari sebelum prosesi pernikahan dilangsungkan, adapun barang/jenis seserahan ini bisa berbeda-beda dari setiap daerah dan kalangan calon pengantin. Ada yang memegang prinsip jawa dan apa adanya saja.


Umumnya Emas menjadi barang yang seringkali dipakai sebagai mahar dan seserahan untuk mereka yang ingin melangsungkan pernikahan. Banyak sedikitnya emas juga tergantung dari kemampuan calon pengantin laki-laki, mungkin ada beberapa adat yang mengharuskan jumlah tertentu, tetapi ada juga yang tidak dipatok sama sekali. Karena umumnya pernikahan bukan juga dari sekedar nilai maharnya, tetapi tujuan untuk hidup berumah tangga dengan prinsip kebenaran.


Memilih Emas Hantaran untuk Mahar Pernikahan

Sekali lagi, dalam memilih perhiasaan emas yang cocok sebagai hantaran di acara pernikahan, setiap orang memiliki pilihannya masing-masing. Ada dua jenis emas yang bisa anda bawa jadikan mahar pernikahan, pertama adalah emas dalam bentuk perhiasaan dengan motif tertentu dan kedua adalah perhiasaan emas dalam bentuk batangan yang biasanya hitungannya sampai 100 gram lebih.


Hal menarik ini selalu terjadi di resepsi pernikahan masyarakat Indonesia, dari agama apapun biasanya emas selalu menjadi barang umum yang dipakai sebagai simbol akan ikatan dari pasangan penganting, contoh seperti cincin dan kalung misalnya. Emas hantaran boleh juga dalam bentuk perhiasaan siap pakai atau mungkin dalam bentuk yang lainnya.


Harga Emas Hantaran Untuk Seserahan Pernikahan

Umumnya harga dari setiap emas ini berbeda-beda di setiap daerah, ada yang memberikan harga lebih mahal per gram dan ada juga yang dibawah pasaran. Tergantung dengan nilai dan kadar emas saat ini, mengingat bahwa perhiasaan emas ini masih bisa dimurnikan kembali dari adanya sistem jual beli. Artinya emas yang anda dapatkan bukan berarti murni pemilik pertama, tetapi bisa jadi merupakan perhiasaan dari hasil jual beli dan dimurnikan kembali dengan menambah kadar emas yang mulai menurun.


Bagi setiap orang, emas merupakan perhiasan yang mewah, anggun, berkharisma dan pelengkap terbaik untuk seorang wanita. Jadi tidak mengherankan kalau emas selalu diburu di kalangan masyarakat. Harga emas juga cukup bervariasi, umumnya di wilayah Palembang disebut dengan per suku dengan harga kurang lebih Rp. 5.500.000 (per suku update bulan februari 2021). Mungkin harga setiap daerah di tempat anda bisa lebih tinggi atau bisa lebih rendah juga.


Emas Hantaran Yang Bagus Untuk Seserahan Pernikahan

Jika anda ingin membeli perhiasaan emas yang cocok untuk dijadikan sebagai mahar, maka disarankan membeli dalam bentuk lengkap. Artinya lengkap bukan dilihat dari banyaknya jumlah yang dibeli. Tetapi lengkap untuk bisa dipakai seperti halnya cincin yang jelas anda sebagai pria dan wanita akan mengenakannya, kemudian kalung untuk pengantin wanita, gelang untuk si pengantin wanita dan anting-anting. Ini yang perlu anda beli, tidak perlu membeli dalam bentuk batangan, lebih baik perhiasaan yang layak untuk dijadikan seserahan saja.


Tips Pilih Emas Hantaran

  1. Perbanyak Referensi Sebelum membeli emas hantaran, Anda harus banyak survei dan mencari tahu terlebih dahulu. Anda bisa gunakan referensi dari internet, buku, atau informasi dari lingkungan Anda seperti teman dan keluarga. Perbanyak informasi tentang mas kawin cincin emas jauh-jauh hari sebelum hari H pernikahan. Hal penting dilakukan supaya Anda bisa memutuskan desain, bentuk, ukuran, dan harga yang cocok sesuai keinginan. Ketika Anda membeli cincin emas sebagai mas kawin secara custom, terkadang ada perbaikan yang harus dilakukan. Oleh karenanya, jangan terlalu mepet dengan hari H agar Anda mendapatkan cincin yang sesuai dengan keinginan.

  2. Pilih Desain dan Model Cincin Emas Sangat disarankan saat memilih emas hantaran adalah aspek kesederhanaan, tetapi tidak meninggalkan kesan elegan. Hal ini terkait dengan pilihan desain dan model perhiasan yang perlu diperhatikan. Lalu, pilihan model perhiasan juga mesti update dengan zaman supaya bisa menjadi investasi yang menguntungkan di masa depan.

  3. Sesuaikan Budget Tips berikutnya memilih emas hantaran yang sangat penting adalah menyesuaikan dengan kemampuan (budget). Meskipun memang tak ada aturan langsung mengenai jumlah minimal dan maksimal dalam mas kawin, calon istri sebagai pihak penerima tak boleh memaksakan kehendak.


Pihak perempuan boleh-boleh saja meminta mas kawin cincin emas bertabur berlian, hanya saja pastikan finansial calon suami juga tak terbebani. Apalagi dalam Islam, mas kawin ini sebagai pertanda minimal untuk menafkahi istri kelak sepanjang biduk rumah tangga.


Sehingga jika si calon istri meminta mahar dengan total Rp10 juta, setidaknya itu adalah kisaran nafkah yang harus disanggupi suami selama membangun rumah tangga. Tentu akan menjadi masalah jika pihak laki-laki hanya memiliki pekerjaan pas-pasan dengan penghasilan di bawah UMR (Upah Minimum Regional).


Beli Emas di Galeri24

Galeri24 adalah anak perusahaan Pegadaian yang memang bergerak di bidang jual-beli emas dan perhiasan. Emas-emas batangan murni 24K di Galeri24 tidak hanya dari Antam, tapi juga dihasilkan oleh UBS dan Lotus Archi. Meskipun begitu, sejumlah emas batangan Antam memang menjadi primadona.


Untuk cara beli emas Antam di Galeri24 juga tak sulit. Anda tinggal berkunjung ke website resmi dan memilih produk emas yang diinginkan. Galeri24 menyediakan pilihan emas batangan murni dari Antam mulai dari ukuran 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram dan 100 gram.


Harga yang ditawarkan adalah Rp3,033 juta (3 gram), Rp5,026 juta (5 gram), Rp9,98 juta (10 gram), Rp24,8 juta (25 gram) dan Rp99,5 juta (100 gram). Pastikan Anda memilih produk emas batangan yang sesuai dengan budget, baru kemudian lakukan pembayaran. Tak perlu cemas dengan keabsahan, karena Galeri24 menyediakan sertifikat resmi.


3 views0 comments