Kabar Emas
12 Feb 2024

Bernilai Tinggi dan Stabil, Mengapa Emas Berharga?

Bagikan
article-cover-images/68d54f0b82024bfd376304a06a44bc11

Emas telah menjadi simbol kemakmuran sejak lama. Simbol ini telah bertahan hingga saat ini, menjadi salah satu komoditas paling berharga di dunia. Seiring dengan nilai intrinsik dan nilai luar biasa yang melekat pada logam ini, tidaklah heran jika banyak orang bertanya-tanya, mengapa emas begitu berharga? Pada artikel ini, akan mengungkapkan rahasia di balik nilai emas dan alasan di balik kemampuannya untuk mempertahankan harga yang kuat selama berabad-abad.

Alasan Mengapa Emas Berharga

Nilainya sangat dijunjung tinggi di seluruh dunia, inilah mengapa emas dianggap sangat berharga hingga banyak diburu untuk tujuan investasi.

1. Nilai Historis yang Panjang

Sejarah emas sebagai salah satu komoditas paling berharga di dunia telah tercatat sejak ribuan tahun yang lalu. Kekayaan dan prestise yang melekat pada logam mulia ini telah menjadi harapan bagi banyak orang selama berabad-abad.

Emas adalah salah satu logam mulia paling berharga di dunia. Logam mulia ini memiliki warna kuning mengkilap dan jauh lebih langgeng dari bahan lainnya. Keemasan yang mencolok membuatnya menjadi harapan bagi banyak orang.

Emas telah digunakan sebagai mata uang sejak zaman Mesir Kuno. Pada zaman itu, para pemimpin menghargai logam mulia ini sebagai simbol kekuasaan dan kekuatan ekonomi. Emas juga digunakan sebagai hadiah, perhiasan, dan komponen penting dalam ritual agama.

Emas juga telah menjadi simbol kekayaan dan kesejahteraan selama bertahun-tahun. Logam mulia ini dianggap sebagai aset yang aman dan tahan terhadap inflasi. Jika dikonversi menjadi uang tunai, emas bisa menjadi sumber keuangan yang aman dan efisien.

2. Sulit Ditemukan dan Tidak Bisa Dibuat oleh Orang Awam

Emas adalah salah satu logam mulia yang paling berharga di dunia. Keunggulannya, selain memiliki nilai jual yang tinggi, adalah kelangkaannya dan kesulitannya untuk diproduksi dengan mudah.

Kelangkaan emas bersumber dari fakta bahwa emas hanya dapat ditemukan di beberapa lokasi di seluruh dunia. Sejauh ini, hanya ada beberapa tambang emas yang produksinya signifikan.

Kemudian, kesulitan dalam memproduksi emas dengan mudah adalah bahwa proses yang diperlukan untuk menggali logam mulia ini membutuhkan waktu yang cukup lama, biaya tinggi, dan banyak usaha. Banyak tahapan yang diperlukan, mulai dari penambangan hingga proses pemurnian. Selain itu, ada beberapa biaya yang terkait dengan proses ini, misalnya biaya ekstraksi, biaya pengolahan, biaya transportasi, dan biaya peralatan. Dengan kata lain, memproduksi emas dengan mudah membutuhkan biaya yang tinggi dan proses yang rumit.

Karena itu, kombinasi dari kelangkaan dan kesulitan produksi emas menyebabkan harga emas menjadi sangat tinggi. Emas adalah salah satu aset investasi yang paling populer di dunia karena nilai jualnya yang tinggi dan stabilitas harga yang dimilikinya.

3. Daya Tahan yang Kuat

Emas adalah logam yang sangat berharga karena ketahannya yang luar biasa. Oleh karena itu, emas telah menjadi standar mata uang, simbol kemewahan, dan bahan dasar untuk banyak perhiasan selama berabad-abad.

Emas memiliki karakteristik fisik yang unik, yang menyebabkan logam ini begitu berharga di seluruh dunia. Emas memiliki titik lebur rendah dan titik beku yang tinggi. Titik lebur adalah suhu di mana logam mencair, sementara titik beku adalah suhu di mana logam meleleh. Dengan titik lebur rendah dan titik beku yang tinggi, emas jauh lebih tahan lama daripada logam lainnya. Ini berarti bahwa emas tidak akan rusak oleh panas atau dingin yang ekstrem.

4. Kesepakatan di Seluruh Dunia Bahwa Emas Itu Berharga

Emas telah dihargai sebagai salah satu komoditas paling berharga sejak zaman dahulu. Ada kesepakatan global tentang nilai emas, yang membuatnya penting bagi berbagai kepentingan, seperti investasi, pembayaran, atau bahkan sebagai simbol kekayaan dan kemewahan.

Kebanyakan orang menganggap emas sebagai bentuk investasi yang aman. Nilai emas sangat stabil dan hampir tidak terpengaruh oleh inflasi. Beberapa orang juga menggunakan emas sebagai bentuk simpanan, karena nilainya tidak akan terpengaruh oleh pergerakan pasar. Hal ini membuat emas menjadi produk yang menarik bagi investor.

Selain itu, emas juga memiliki banyak kegunaan industri. Emas digunakan dalam produk-produk elektronik, seperti komputer, ponsel, dan lainnya. Emas juga digunakan dalam industri perhiasan, karena kualitasnya yang kuat dan kemampuannya untuk mempertahankan warna dan bentuk.

Selain itu, banyak negara menggunakan emas sebagai alat pembayaran resmi. Beberapa contoh adalah Sistem Moneter Internasional (IMS) dan Sistem Moneter Internasional untuk Pengguna Terbatas (IMF). Ini membuat emas menjadi alat pembayaran yang dihargai di seluruh dunia.

Untuk semua alasan di atas, emas telah dihargai sebagai salah satu komoditas paling berharga selama berabad-abad. Nilainya stabil dan tahan lama, serta dapat digunakan untuk berbagai tujuan, membuat emas menjadi komoditas yang sangat berharga.

Agar nilai emas yang Anda miliki tetap terjaga nilainya, pastikan pula untuk mendapatkan emas hanya dari tempat yang terpercaya, seperti di Galeri 24.

Galeri 24 adalah retail yang menyediakan berbagai jenis emas, mulai dari emas batangan untuk investasi hingga emas untuk perhiasan. Merupakan bagian dari PT Pegadaian Persero, emas-emas dari Galeri 24 sudah terjamin memenuhi SNI 8880:2020, sehingga dari sisi kualitasnya sangat terbukti aman dan bernilai.

Bisa didapatkan di distro resmi yang tersebar di seluruh Indonesia hingga pembelian melalui website resmi-nya, pastikan untuk mendapatkan emas hanya di Galeri 24 untuk kualitas yang terpercaya. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!