Mengapa Emas Cocok untuk Investasi Jangka Panjang?


Investasi emas memang banyak diminati belakangan ini. Selain hampir tanpa risiko, labanya bisa menginjak harga berkali-kali lipat dalam beberapa tahun. Tapi yang perlu diingat: emas cocok untuk investasi jangka panjang. Kenapa?


Emas Investasi Jangka Panjang #1: Nominal Mulai


Per Oktober 2019, harga emas batangan 1 gram menginjak Rp 756.000, 00. Jumlah ini bisa terhitung besar bagi Anda yang berpenghasilan pas-pasan. Sehingga Anda harus menabung jika ingin mulai membeli emas karena nominal mulai-nya yang cukup menguras kantong.

Sudah begitu, Anda tidak bisa langsung melihat kenaikan harganya dalam 2-3 bulan. Harga emas baru menunjukkan kenaikan 50% dalam 3-4 tahun.

Jadi, pastikan Anda tidak menghabiskan semua simpanan Anda untuk membeli emas. Dan juga, jangan lupa membuat rencana terukur akan Anda gunakan untuk apa uang simpanan emas Anda dalam beberapa tahun.


Emas Investasi Jangka Panjang #2: Kenaikan Harga yang Tidak Fantastis


Di atas kertas, keuntungan emas memang bisa fantastis. Terhitung sejak 2010, kenaikan nilai emas dimulai dengan harga Rp 350.000, 00, sedangkan sekarang sudah Rp 750.000,00. Jumlah itu terhitung sudah 50% lebih.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa rentang 10 tahun adalah waktu yang lama. Dan naiknya harga emas juga tidak dalam rupa grafik yang terus naik.

Dilansir dari goldprice.org, harga emas pernah terjun bebas pada pertengahan 2013-2014, di mana harganya yang semula Rp 550.000,00 merosot hingga “hanya” Rp 390.000, 00. Memang, harganya langsung melonjak naik lagi pada 2015. Tapi poinnya adalah, Anda harus pandai-pandai menunggu jika ingin menangguk untung dari investasi emas.


Emas Investasi Jangka Panjang #3: Perlu Penyimpanan Khusus


Emas butuh tempat penyimpanan khusus. Dan ini bisa jadi masalah bagi sebagian orang. Baik perhiasan cantik maupun emas batangan, logam dan batu mulia butuh tempat penyimpanan khusus agar tidak rusak atau diambil oleh tangan-tangan jahat.

Anda jadi harus menyiapkan brankas khusus di rumah. Atau, memakai jasa brankas berbayar dari bank atau komunitas pegiat investasi emas. Tetapi tiga pilihan itu sama-sama mempersyaratkan satu hal: Anda harus membayar iuran berjangka untuk menjaga keamanan investasi Anda.


Emas Investasi Jangka Panjang #4: Bergantung pada Sosiopolitik Dunia


Menurut analis strategi global The Independent Strategy, David Roche, tren kenaikan harga emas akan terus terjadi. Ini karena tensi dagang dunia masih cukup kuat. Roche juga menuturkan, harga emas amat erat kaitannya dengan situasi sosiopolitik dunia.

Anda disarankan untuk tetap mempertahankan emas di portofolio Anda. Efek krisis subrprime mortgage yang melanda Amerika pada 2008 masih terjadi hingga sekarang, membuat The Fed menurunkan suku bunga hingga taraf agresif. Terhitung, sejak 2 tahun in Federal Reserve telah menurunkan suku bunga hingga 500 poin alias 5%.

Intinya? Tergantung bagaimana kondisi sosiopolitik dunia, harga emas bisa naik dan bisa turun. Dan kita tidak bisa memperhitungkan apa yang terjadi di masa depan dalam jangka waktu yang singkat.


Emas Investasi Jangka Panjang #5: Lebih Cocok untuk Diversifikasi Portofolio


Karena sifat-sifat emas di atas itulah, emas lebih dikenal sebagai safe haven. Emas antam adalah jenis investasi hampir-pasif yang bisa menjaga nilai uang Anda agar jangan sampai merosot. Jikapun naik, dalam waktu lama, nilainya lebih seperti buah bagi kesabaran Anda.

Meski begitu, investasi emas antam tetap sangat disarankan untuk diversifikasi portofolio Anda. Sangat penting bagi seorang investor untuk memiliki beragam jenis investasi, agar Anda tidak kelabakan saat salah satu saham Anda jatuh.

Namun mengesampingkan jangka waktu yang lama, investasi emas masih menjadi salah satu instrumen yang paling teruji labanya. Jadi, selalu luangkan dana Anda untuk jenis investasi satu ini.

Berminat? Segera kunjungi salah satu gerai Galeri24 yang tersebar di sepenjuru kota di Indonesia. Galeri24 menjual banyak macam ragam emas antam, logam mulia, berlian, dan perhiasan yang dijamin memenuhi selera tinggi Anda. Anda juga bisa mengecek katalognya di galei24.co.id.

13 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥