• Galeri24

Mengenal Apa itu Rose Gold dan Keunggulannya Sebagai Perhiasan

Penggunaan logam seperti emas dan perak sebagai bahan dasar perhiasan sudah menjadi hal yang biasa. Lalu, pernahkan anda mendengar bahan Rose Gold? Yup, setelah trend penggunaan emas putih pada perhiasan, saat ini trend telah bergeser menjadi perhiasan dengan bahan rose gold. Tentunya, bahan rose gold juga sangat digemari sebagai bahan perhiasan oleh kaum hawa.


Apa itu Rose Gold?

Rose gold sendiri sebenarnya bukanlah bahan perhiasan baru karena memiliki sejarah cukup panjang. Rose gold sudah ditemukan di Rusia sejak dua abad lalu. Baru di tahun 1800-an, rose gold untuk perhiasan lazim dipakai karena warnanya yang lebih cerah dan beragam. Oleh karenanya, sebagian orang menjuluki rose gold sebagai emas Rusia. Namun, seiring perjalanan waktu nama rose gold lebih sering digunakan karena bukan hanya digunakan di Rusia saja, tetapi juga dibelahan dunia lain.


Rose gold merupakan bahan perhiasan yang terdiri dari campuran emas dengan perunggu atau juga dengan perak. Dengan pembagian yang khusus, campuran tersebut menghasilkan warna emas yang cenderung lebih kemerahan. Emas kuning merupakan emas yang digunakan dalam bahan dasar dengan takaran 75 persen dari keseluruhan campuran logam. Sedangkan, bahan perunggu yang digunakan untuk Rose Gold berkisar antara 20 hingga 25 persen.


Warna rose gold sendiri cenderung dapat bertahan lebih lama yang disebabkan campuran perunggu sehingga tidak menjadi berwarna kuning seperti emas sediakala. Selain itu, tidak adanya bahan rhodium dalam campuran logam tersebut membuat warna perhiasan rose gold dapat bertahan selamanya. Ada tiga warna yang termasuk dalam jenis rose gold yaitu rose gold merah, rose gold murni, dan rose gold pink. Perbedaan warna tersebut bisa terjadi karena persentase campuran dalam logam tersebut berbeda sehingga hasil warnanya menjadi cenderung merah atau ada yang lebih terlihat berwarna pink.


Perbandingan Emas Kuning, Emas Putih dan Rose Gold sebagai Perhiasan

Sebelum mengenal lebih jauh tentang rose gold, di pasar atau toko perhiasan umumnya ada tiga jenis bahan perhiasan yang banyak dijual. Ketiga yaitu emas kuning, emas putih dan rose gold menjadi incaran perhiasan untuk dikoleksi. Nah, berikut kelebihan dari ketiganya.


- Emas Kuning

Warna kuning pada emas yang mengkilap banyak disenangi oleh mereka yang memiliki penampilan yang serba glamor dan populer. Dari semuanya, emas kuning pun memiliki nilai jual yang cukup tingg. Maka, tidak heran bila mereka yang menggunakan perhiasan emas kuning kerap dipandang memiliki kemampuan secara finansial yang baik. Salah satu kelebihan emas kuning adalah tidak pernah gagal terlihat menawan dan cantik dalam bentuk perhiasan apapun.


Emas yang memiliki warna kuning, bisa dibilang adalah emas paling murni jika dibandingkan dengan warna lainnya. Pembuatan warna emas kuning adalah dengan emas murni yang dicampurkan dengan perak, tembaga, dan seng.

Biasanya semakin tinggi kemurnian emas yang digunakan saat pembuatan perhiasan, warna perhiasan akan semakin terang. Misalnya emas dengan 18 karat akan memiliki warna yang lebih terang jika dibandingkan dengan emas 14 karat, dan berlaku untuk tingkatan yang lain.


- Emas Putih

Selain emas kuning, mungkin Anda juga sering menjumpai di toko perhiasan yaitu perhiasan emas putih. Perhiasan emas putih memiliki cukup banyak peminat, khususnya kaum muda dimana mereka tidak terlalu menyukai warna emas kuning yang terlalu mencolok. Selain itu, emas putih juga bisa digunakan dalam berbagai kesempatan, juga cocok dalam acara-acara formal yang meriah. Sementara emas putih juga cocok untuk dijadikan perhiasan harian.


Dalam pembuatan emas putih, yang diperlukan hampir sama dengan emas kuning yaitu emas dan platinum. Atau bisa juga emas putih juga bisa dibuat dari emas, paladium, nikel atau seng. Emas putih memiliki banyak idola karena harga yang lebih bersahabat daripada emas kuning. Emas putih juga lebih tahan gores, maka dari itu banyak yang menggunakan perhiasan emas putih sebagai aksesoris setiap harinya.


Untuk model perhiasan emas putih yang banyak diminati perempuan pada umumnya adalah cincin. Cincin emas putih yang di desain memukau sangat digemari perempuan muda, terutama yang memiliki keunikan seperti mahkota cincin yang dihiasi batu permata.


- Rose Gold (Pink Emas)

Warna emas yang sedang naik daun adalah rose gold atau pink emas. Rose gold memiliki warna yang unik, nyaris seperti warna merah muda tapi lebih dalam. Rose gold sangat cocok digunakan oleh Anda yang memiliki warna kulit yang putih karena akan memancarkan warna perhiasan rose gold lebih terang lagi. Untuk pembuatan emas rose gold yang digunakan adalah emas murni, tembaga dan perak.


Tembaga yang digunakan untuk emas rose gold adalah jenis tembaga yang tidak terlalu mahal dan inilah mengapa emas rose gold lebih murah daripada jenis emas yang lain. Walau termasuk dalam jenis perhiasan yang tidak terlalu mahal asal memiliki desain yang unik, perhiasan rose gold juga memiliki daya tariknya sendiri. Seperti gelang rantai dengan hiasan tiruan setangkai mawar yang sangat cocok dijadikan hadiah ulang tahun atau dikenakan saat jalan-jalan santai.


Keunggulan Perhiasan Rose Gold

Perhiasan rose gold sendiri memiliki banyak keunggulan diantaranya:


1. Lebih Tahan Lama

Rose gold tidak memiliki campuran rhodium seperti white gold, sehingga daya tahannya lebih lama. Sebaliknya, Rose gold dinilai lebih tangguh dibandingkan emas kuning karena adanya campuran tembaga di dalamnya yang merupakan logam yang sangat kokoh.


2. Cocok untuk Banyak Orang

Rose gold juga dapat memberikan kesan hangat, feminim, dan lembut. Namun tak sedikit pula kaum pria yang gemar menggunakan aksesoris berbahan rose gold karena emas berwarna rose gold ini sesuai untuk berbagai jenis warna kulit.


3. Harga Bervariasi

Perhiasan rose gold hadir dengan harga yang beragam sehingga Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dengan budget. Bahkan ada beberapa rose gold yang hadir dengan harga lebih terjangkau daripada emas lainnya.


Toko Perhiasan Rose Gold

Jika Anda menyukai perhiasan rose gold seperti cincin, kalung dan gelang, Galeri24 dari Pegadaian juga menyediakan berbagai perhiasan emas kuning, emas putih dan juga rose gold. Toko emas Galeri24 dapat Anda jumpai di berbagai kota besar di Indonesia. Kunjungi websitenya di www.galeri24.co.id untuk melihat daftar distro yang terdekat. Anda juga dapat memesan perhiasan emas secara online dengan mudah dan aman, lho!

113 views0 comments