• Edmund Andriano

Mengenal South Sea Pearls, Mutiara Termahal Kebanggaan Indonesia

Penyuka mutiara? Maka, Anda tidak boleh ketinggalan mengoleksi si cantik satu ini. Bentuknya besar, kilaunya konstan, dan sangat populer digunakan untuk anting stud atau bandul tunggal karena amat mencuri perhatian. Dan yang tak kalah penting: hanya bisa dipanen di perairan Asia Tenggara termasuk Indonesia.



1. Keutamaan South Sea Pearls

South Sea pearls alias mutiara laut Selatan bisa berukuran cukup fantastis: 10-20 mm. Tapi, bukan hanya ukurannya yang membuat mutiara Laut Selatan populer. Publik cenderung mencintainya karena dari mutiara itu sendiri, lapisan nacre terluarnya cukup tebal. Artinya, cenderung lebih awet dan masih cantik meski sudah tergores berkali-kali sekalipun.

Selain itu, mutiara Laut Selatan juga memiliki kilau yang lembut dan memesona. Cocok sekali untuk Anda yang berkarakter elegan dan menyukai gaya sederhana, tapi mengena. Apalagi, tak jarang mutiara Laut Selatan punya array warna lain yang menarik seperti keemasan, perak, dan putih bercahaya. Tak heran orang-orang selalu memburunya.


2. Dari Mulut Kerang ke Tubuh Perhiasan

South Sea pearl sangat dinanti karena hanya berasal dari tubuh kerang besar yang eksklusif hanya mendiami Laut Cina Selatan. Ini berarti adalah teritori Asia Tenggara seperti Myanmar, Australia, dan Indonesia. Kerang bernama Pinctada Maxima ini berukuran besar, dan hanya akan “membuahkan” mutiara Laut Cina Selatan sekali dalam empat tahun.

Uniknya, karena terbuat begitu saja dari tubuh kerang secara natural, bentuk mutiara Laut Cina Selatan ini cenderung tak konsisten. Kadang lonjong, kadang seperti buah pir, kadang bahkan memiliki sudut-sudut yang agak menyulitkan saat dijadikan batu perhiasan. Untuk alasan inilah, mutiara Laut Cina Selatan yang bulat sempurna dihargai sangat mahal.


3. Faktor yang Menentukan Harga South Sea Pearls

Lalu, faktor apa saja yang bisa menentukan harga south sea pearls? Ada beberapa. Pada umumnya, semakin besar dan bulat sempurna rupa mutiara satu ini, makin mahal pula harganya. Selain itu, ada takaran lain seperti tingkatan warna, smoothness (tingkat kelembutan permukaan), diameter, berat, dan ketebalan nacre-nya.

Serupa dengan berlian, mutiara punya standard sendiri untuk menentukan grading. Standar yang biasa digunakan adalah AAAA (A kualitas baik, A kualitas buruk) dan A-D (A baik, D buruk). Semakin mendekati standard, semakin mahal pula harga south sea pearl.


4. Lebih Cantik dalam Rupa Perhiasan

Mutiara Laut Selatan yang sudah cantik begitu adanya akan makin menawan jika dipadukan rangka emas 18 karat. Anda bisa menggunakannya sebagai anting-anting modek studs yang bisa menonjolkan bentuk wajah Anda, atau menjadi bandul kalung sederhana yang akan memikat perhatian dengan kilaunya yang lembut.

Mutiara kurang disarankan sebagai cincin. Karena sifatnya sebagai batuan natural yang bersifat organik, dikhawatirkan mutiara mudah tergores, retak, bahkan lepas dari rangka karena terkena paparan zat kimia dari kegiatan sehari-hari. Meski begitu, Anda bisa membeli cincin mutiara Laut Cina Selatan yang di-set dalam setelan bezel atau prong untuk kebutuhan pesta-pesta.

Lalu, di mana tempat terbaik untuk menemukan perhiasan paling berkualitas?

Dewasa ini, Anda tidak harus mencoba satu-satu di gerai fisik. Sambil kerja pun, Anda bisa melihat-lihat di katalog Galeri 24 di galeri24.co.id. Koleksinya yang cantik termasuk ragam perhiasan emas terbaik dengan tatahan batu-batu cantik seperti mutiara dan berlian. Anda juga bisa mengecek emas dan membeli logam mulia tipe ANTAM dan UBS untuk berinvestasi.

0 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥