• Edmund Andriano

Modifikasi Perhiasan Warisan Jadi Perhiasan Baru, Mengapa Tidak?

Salah satu sandungan dalam menikmati perhiasan warisan adalah Anda tidak selalu bisa langsung menggunakannya. Bisa jadi, modelnya terlalu kuno untuk selera Anda. Atau, butuh penyesuaian tertentu agar ukuran dan warnanya pas dengan gaya modern Anda sehari-hari.



Hal ini cukup disayangkan, padahal perhiasan warisan seringkali terbuat dari emas tua yang bagus. Desain dan batu komponennya pun bisa jadi bermutu tinggi dan tidak bisa ditemukan di perhiasan zaman sekarang. Selain itu, tingkat keawetannya terbukti tinggi; bisa mengarungi dua zaman lebih dan tetap cantik saat dipakai.

Salah satu solusi yang terpikirkan adalah memodifikasinya menjadi perhiasan baru. Dengan merogoh sedikit kocek, Anda bisa mendapatkan perhiasan baru tanpa sepenuhnya mengubah yang lama. Tapi awas, ada beberapa hal yang perlu Anda catat sebelum memodifikasi perhiasan warisan. Apa saja?


Jangan Lupa Konsultasi dengan Ahlinya

Sebelum mantap membawa perhiasan warisan Anda yang lama berdebu di kotak untuk dimodifikasi, temukan toko yang memuat para pengrajin ahli. Ajak mereka bicara mengenai kemuan Anda, lalu pancing kemungkinan-kemungkinan yang bisa Anda lakukan pada perhiasan Anda. Ini untuk mengurangi risiko Anda berakhir rugi karena mempercayakannya di tangan yang salah.


Dengan teknik modifikasi, Anda bisa memolesnya sehingga terlihat baru atau membuatnya jadi perhiasan yang benar-benar berbeda. Jika mungkin, Anda bahkan bisa mencampurkan dua jenis perhiasan menjadi produk yang sama sekali baru. Menyenangkan, bukan?


Tentukan Kemauan Anda Baik-Baik

Memang, ada banyak pilihan kemungkinan yang dapat Anda lakukan dengan memodifikasi perhiasan warisan. Tapi, jangan sampai menyesal di belakang. Teknik modifikasi perhiasan merambah banyak sekali kemungkinan, termasuk mengubah liontin menjadi sebuah giwang, cincin menjadi bandul, dan sebagainya.


Mengambil komponen tertentu perhiasan warisan untuk perhiasan baru pun mungkin-mungkin saja. Potongan berlian dari jam antik yang tidak terpakai bisa Anda manfaatkan menjadi sepasang anting berlian. Rangkai ulang kalung mutiara Anda dan padukan dengan jenis mutiara yang berbeda sehingga terlihat lebih modern. Anda kurang suka dengan rangka cincin yang terbuat dari tembaga pucat? Ambil saja batu aquamarine-nya yang bagus, lalu padukan dengan emas 18 karat untuk menjadi anting studs baru.


Para ahli akan dengan senang hati mendengarkan imajinasi Anda ini, lalu bekerja bersama untuk menggali kemungkinan mewujudkannya.


Pertimbangkan Aspek Makna dan Sejarahnya

Meski begitu, ada baiknya Anda mempertimbangkan baik-baik apakah perhiasan baru akan sepadan dengan hilangnya nilai makna dan sejarah dari perhiasan warisan tersebut. Seperti yang Anda tahu perhiasan seringkali menyimpan cerita.

Perhiasan warisan yang ingin Anda ubah bisa jadi adalah kenangan berharga saat kakek dan nenek Anda bertunangan. Atau bros yang ingin Anda ambil permatanya sejatinya adalah hadiah dari negara untuk nenek moyang Anda yang berjasa dalam kemerdekaan. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya menanyakan pada orang tua terkait apakah perhiasan tersebut boleh Anda ubah bentuknya.


Jika mereka memberikan lampu hijau, itu pertanda bagus. Tapi jika Anda kehilangan akses untuk bertanya, saatnya bagi Anda untuk berpikir baik-baik apakah sepadan menukarkan riwayat keluarga demi sesuatu yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Membuang masa lalu untuk menyambut masa depan yang lebih pasti.


Dan jika memodifikasi perhiasan warisan tidak memungkinkan, apa salahnya menyimpannya begitu saja dan membeli perhiasan baru untuk keseharian Anda?


Bermacam-macam perhiasan kualitas wahid di etalase Galeri 24 siap menunggu Anda. Periksa saja di website galeri24.co.id, atau kunjungi outletnya di kota terdekat. Nikmati kemudahan membeli emas terpercaya dan bersertifikasi legal langsung dari tangan ahlinya.


0 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥