Kabar Emas
4 Mei 2024

Nabung Emas Mulai dari THR Tahun Ini

Bagikan
article-cover-images/be9cbc1a7dfefb65e93936bf02e1e1e1

Jika sudah saatnya Lebaran, orang-orang bisa mendapatkan THR baik itu dari keluarga, saudara, maupun dari kantor. Pada saat Anda mendapatkan THR, lebih baik jangan digunakan secara sembarangan. Hindari penggunaan uang dari THR dengan konsumtif apa lagi jika tidak terlalu penting. Anda bisa nabung emas dari uang yang didapatkan dari THR tersebut sebagai pendekatan yang lebih bijak.

Mengapa Perlu Menabung Emas Mulai dari THR?

Sebagai komitmen bijak untuk tahun ini, Anda bisa mulai mengelola tabungan emas dari uang yang didapat dari THR Lebaran. THR tersebut baik itu yang didapat dari keluarga maupun dari tempat Anda bekerja. Jika Anda termasuk yang pemula dalam menabung emas, mungkin awalnya memang cukup menantang.

Rasa khawatir atau takut awalnya mungkin akan muncul tapi Anda akan terbiasa lama kelamaan. Agar Anda tidak ragu dalam menabung emas, Anda perlu memahami keunggulan dari emas itu sendiri. Dibandingkan dengan investasi lainnya, investasi menggunakan emas termasuk yang cukup mudah.

Investasi emas lebih familiar dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti saham, obligasi, reksa dana, dan sebagainya. Bukan hanya lebih familiar saja, investasi atau menabung emas juga lebih minim risikonya. Kalau Anda termasuk investor pemula, maka nabung emas sangat disarankan.

Dari segi likuiditas, emas mudah untuk ditukar atau dicarikan ke uang. Jadi, menjual emas cukup mudah dibandingkan instrumen investasi lainnya. Pada saat Anda butuh dana darurat, maka emas yang Anda tabung bisa dicarikan untuk memenuhi kebutuhan darurat tersebut.

Investasi emas dikenal sebagai model investasi dalam jangka panjang tapi versi yang paling aman. Maka dari itu, investasi emas lebih aman untuk pemula. Jika kita lihat pada jenis investasi lain, mungkin saja bisa terpengaruh inflasi sehingga kurang stabil.

Nilai emas tidak akan terpengaruh karena nilai uang sehingga THR emas lebih punya manfaat menjanjikan dibandingkan uang terutama untuk jangka panjang. Jika inflasi terjadi, maka tabungan emas Anda akan aman-aman saja. Bahkan saat nilai uang turun, emas bisa saja naik harganya.

Intinya, menabung emas bisa melindungi keuangan atau kekayaan Anda. Jika Anda mendapatkan THR cukup banyak, jangan lupa untuk sisihkan untuk tabungan emas. Tidak perlu semuanya, tapi hanya beberapa persen saja. Inti dari menabung emas ini adalah komitmen Anda untuk menjaga finansial masa depan.

Bagaimana Cara Menabung Emas dari THR yang Benar?

Menabung emas itu sendiri merupakan langkah yang sangat bijak dalam menggunakan uang. Mengapa? Nilai emas akan tetap stabil dan terus meningkat setiap tahun sehingga bisa diandalkan sebagai instrumen kuat saat kita berinvestasi.

Jika Anda termasuk yang pemula dalam mengelola tabungan emas, maka coba perhatikan beberapa poin berikut:

- Pastikan sudah memenuhi kewajiban zakat terlebih dahulu

Setiap umat muslim punya kewajiban zakat yang perlu dipenuhi. Maka dari itu, sebelum berkomitmen menabung emas dari uang THR, pastikan Anda memenuhi kewajiban zakat tersebut. Kalau Anda sudah bayar zakat, maka bisa alokasikan uang dari THR untuk kebutuhan lain termasuk menabung emas.

Menabung emas jika tidak disertai dengan pemenuhan kewajiban agama tersebut bisa mengganggu komitmen dan tidak baik juga dari sisi Agama. Jangan buru-buru untuk nabung emas, coba perhatikan hal-hal lain terlebih dahulu yang lebih utama.

- Lunasi hutang terlebih dahulu

Hal-hal lain memang harus diperhatikan terlebih dahulu terutama yang lebih penting. Selain zakat wajib, Anda perlu menyelesaikan tanggung jawab lain yaitu hutang. Jadi, kalau ada cicilan atau hutang lain yang belum terlunasi, selesaikan terlebih dahulu sebelum menabung.

Bukan hanya tidak baik dari sisi sosial, terbebani dengan hutang juga tidak baik dari segi Agama.

- Tentukan jumlah alokasi THR yang tepat untuk tabungan emas

Kalau kedua poin di atas sudah bukan menjadi masalah, Anda baru bisa mulai menabung. Lalu berapa nilai alokasi untuk tabungan emas dari THR yang ideal? Anda bisa coba alokasikan 20-30 persen tergantung preferensi dan kebutuhan tabungan.

Jangan sampai Anda mengalokasikan terlalu banyak karena uang THR bisa digunakan untuk kebutuhan penting lain. Misalnya saja untuk kebutuhan mudik, atau Anda ingin memberi THR lagi ke saudara dan keluarga. Intinya, pastikan tidak ada hal terbebani jika Anda ingin mulai menabung emas.

- Gunakan sisa yang ada untuk pembelian konsumtif Anda

Sisa yang ada bisa Anda gunakan untuk kebutuhan konsumtif Anda. Anda bisa menggunakan sisanya untuk beli pakaian atau barang-barang baru sebagainya.

- Niat dan komitmen kuat menabung emas

Tips yang selanjutnya ini tidak kalah penting yaitu memastikan Anda punya komitmen dan niat yang kuat untuk menabung emas. Anda harus selalu menyadari betapa pentingnya tabungan termasuk tabungan emas ini. Bukan hanya bisa bermanfaat untuk keuangan masa depan saja.

Menabung emas juga bisa menghindari perilaku berbelanja secara konsumtif. Bisa saja barang-barang yang dibelanjakan sebenarnya tidak terlalu Anda perlukan. Jika Anda memiliki uang dalam jumlah banyak dari THR, maka akan memicu perilaku konsumtif tersebut.

Berbeda jika uang tunai tersebut sudah dikonversikan menjadi tabungan emas maka bisa mencegah kita berbelanja secara berlebihan. Menabung emas juga tidak mesti harus langsung banyak. Anda bisa menabung kecil-kecil tapi secara konsisten.

Jika Anda sudah terbiasa nabung emas, maka bisa menjadi habit yang sangat berharga. Jangan lupa juga untuk membeli emas tersebut dari tempat yang terpercaya karena ini sama pentingnya dengan poin-poin di atas. Anda perlu memastikan sertifikasi atau keaslian emas terlebih dahulu sebelum membelinya.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah, Galeri 24 menyediakan layanan call center yang dapat dihubungi bila ada pertanyaan atau keluhan mengenai produk atau pelayanan baik secara online maupun offline. Adapun nomor yang bisa dihubungi terkait hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Call Center 021 - 3104506 021-21235777
  • Whatsapp Call Center & Complaint Handling 081112202424
  • WBS (Whistle Blowing System) Telp./WA: 081119002444
  • Email : wbsplg24@galeri24.co.id Url : bit.ly/WBSG24