Kabar Emas
9 Feb 2024

Pabrik Baru Ini Sanggup Hasilkan 50 Ton Emas. Ada di Mana, ya?

Bagikan
article-cover-images/3efd78bd6b2abdd865f36dbea1e30379

Indonesia disebut akan mempunyai pabrik yang bisa menghasilkan 50 ton emas. Ada di mana pabrik itu? Potensi emas di Indonesia tak bisa terbantah. Dari Papua hingga daerah lainnya, Indonesia mempunyai tambang emas dengan potensi yang besar. Bahkan menurut Ditjen Minerba Kementerian ESDM, pada 2021 lalu, Indonesia menghasilkan 117,5 ton emas murni. Hal ini menjadikan negara kita penghasil emas nomor sembilan di dunia.


Melansir laman cnbcindonesia.com, baru-baru ini pemerintah lewat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengungkap, kalau Indonesia dalam waktu dekat akan mempunyai smelter atau fasilitas pemrosesan dan pemurnian tembaga dan mineral turunannya seperti emas. Pabrik itu dimiliki oleh PT Freeport Indonesia yang kabarnya sanggup produksi 50 ton emas.


Menurut Menko Marvers, Luhut Binsar Pandjaitan, smelter tersebut pada saat ini sedang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE Gresik, Jawa Timur. Sang menteri mengatakan kalau smelter bisa mengekstrak emas sebanyak 50 ton per tahun.


"Jadi gini smelter yang kita buat sekarang di Gresik itu bisa mengekstrak 50 ton emas per tahun, saya ulangi 50 ton emas per tahun," ujar Luhut, masih dikutip laman cnbcindonesia.com.


Per Juni 2023, progres pembangunan smelter di Gresik sudah mencapai 70,6 persen. Beberapa produk yang dihasilkan smelter selain emas adalah perak murni, terak tembaga, gipsum, dan asam sulfat. Nantinya, serapan kerja smelter adalah 150 ribu pekerja. Di mana 98 persen adalah tenaga kerja Indonesia, khusus untuk pekerja lokal sebanyak 50 persen. Masih menurut sumber yang sama, "pabrik emas" tersebut digadang sebagai smelter single line atau satu jalur terbesar di dunia. Di mana pabrik ini bisa mengashilkan konsentrat tembaga 1,7 ton per tahun.


Beli Emas di Galeri 24!

Itulah informasi tentang pabrik besar yang mampu hasilkan 50 ton emas. Semoga bermanfaat. Terlepas dari informasi di atas, jika Anda tertarik beli emas, belilah di tempat yang benar-benar terpercaya. Salah satu toko emas terpercaya itu adalah Galeri 24. Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian sehingga setiap emas yang nanti Anda beli emas resmi dan berkualitas. Selain itu, beberapa tahun lalu Galeri 24 berhasil membangun unit produk emas sendiri yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia atau SNI. Alhasil, Galeri 24 pada saat ini bukan hanya memasarkan emas, tetapi juga jadi produsen emas di Indonesia. Ada beberapa jenis emas yang bisa Anda dapatkan di Galeri 24. Mulai dari emas batangan hingga perhiasan. Khusus emas batangan Galeri 24 menjual emas dari berat 0,05 gram sampai 1.000 gram.


Pokoknya sangat cocok jadi instrumen investasi. Selain emas batangan, Galeri 24 menjual ragam perhiasan cantik, mulai dari cincin, anting, kalung, hingga gelang. Kadar dan kualitasnya pasti dijamin!


Tertarik beli emas di Galeri 24?


Anda bisa langsung melakukan transaksi melalui Shopee, Tokopedia, TikTok, G24 Mobile Apps, dan situs resmi. Lewat saluran-saluran di atas Anda bisa beli emas di mana saja dan kapan saja. Sementara kalau beli langsung, Anda dapat datang ke gerai Galeri 24 terdekat dengan membawa kartu identitas diri.


Jadi mau tunggu apalagi, segera beli emas di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!