Pahami Prinsip Dasar Dalam Berinvestasi Jika Ingin Sukses Jangka Panjang


Investasi adalah pilihan bijak untuk mengamankan keuangan dan menambah keuntungan. Namun sebaiknya Anda memahami prinsip dasar investasi berikut agar sukses berinvestasi jangka panjang.


Prinsip Dasar Investasi #1 Bersakit Dahulu, Senang Kemudian

"Berakit ke hulu berenang ke tepian, bersakit dahulu bersenang kemudian" pepatah tersebut nampaknya cocok untuk menggambarkan proses investasi jangka panjang yang membutuhkan pengorbanan di awal.

Prinsip investasi berbeda dengan menabung. Jika menabung, Anda dapat mengambil dan menggunakan uang tabungan untuk keperluan dengan sangat cepat dan cenderung untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif.

Namun prinsip dasar investasi membuat Anda harus menunggu lama dan jika membutuhkan dana mendadak harus terlebih dahulu menjual aset yang dijadikan investasi atau mencairkan investasi yang ada.

Investasi juga mendorong Anda untuk berkorban di awal dengan menyisihkan sebagian uang Anda untuk diubah menjadi instrumen investasi fisik maupun non fisik.


Prinsip Dasar Investasi #2 Waktu Adalah Uang

"Waktu adalah uang" ungkapan bijak tersebut yang kini pantas mewakili prinsip dasar investasi. Karena pada dasarnya waktu adalah penentu utama besarnya keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Prinsipnya, waktu membuat nilai investasi Anda semakin bertambah. Jadi, semakin dini Anda memulai investasi, maka semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Kini banyak produk investasi murah yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Jadi, tungggu apa lagi, ayo mulai berinvestasi.


Prinsip Dasar Investasi #3 Selalu Belajar

Ada begitu banyak produk dan instrumen investasi yang dapat dipilih. Baik investasi modal kecil maupun modal besar, investasi fisik / berwujud maupun non fisik. Untuk jangan berhenti untuk mempelajari berbagai pilihan investasi yang lebih cocok untuk Anda.

Selain belajar untuk memahami berbagai pilihan investasi, Anda juga harus selalu belajar waktu yang tepat maupun besarnya jumlah investasi yang ideal, agar Anda bisa mendapat keuntungan yang maksimal.


Prinsip Dasar Investasi #4 Investasi Membutuhkan Kesabaran

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa investasi membutuhkan waktu agar dapat mendatangkan keuntungan di masa depan. Selain itu investasi juga membutuhkan kesabaran dan strategi khusus untuk membeli, mengelola dan menjual kembali investasi yang Anda punya.

Contohnya saja ketika Anda mau menjual kembali emas investasi. Anda harus memperhatikan beberapa hal yang mempengaruhi harga emas saat itu. Anda justru mau menjual diwaktu yang tepat saat harga jual emas tinggi. Sehingga keuntungan yang akan didapat bukan kerugian.

Setelah Anda memahami prinsip-prinsip dasar investasi, langkah selanjutnya adalah menentukan produk investasi apa yang cocok untuk Anda. Misalnya saja investasi emas logam mulia maupun investasi perhiasan emas.

Jika Anda berencana memulai investasi emas, jangan lupa untuk membeli di toko emas yang aman dan terpercaya seperti Galeri24 milik PT.Pegadaian. Selain berkualitas, Anda juga dapat belanja emas dengan lebih mudah melalui website www.galeri24.co.id

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥