Kabar Emas
9 Feb 2024

Pengaruh Inflasi Terhadap Harga Emas. Seberapa Besar, ya?

Bagikan
article-cover-images/4bad13cedc7a591c7c7a257e196c94d1

Apakah pengaruh inflasi terhadap harga emas mempunyai peranan yang besar? Temukan jawabannya di sini. Simak sampai selesai, ya!


Emas telah lama diakui sebagai salah satu instrumen investasi yang paling aman dan stabil. Selama ratusan tahun, emas menjadi pelindung nilai terhadap fluktuasi ekonomi dan perubahan politik. Banyak orang percaya, emas pun bisa menjaga nilai uang mereka tetap stabil. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi harga emas adalah inflasi. Inflasi adalah kenaikan umum dan terus-menerus dalam harga barang dan jasa di suatu negara seiring berjalannya waktu. Keberadaan inflasi menurut banyak orang sangat memengaruhi harga emas. Hal ini diperkuat setelah ada fenomena "borong" emas tatkala inflasi terjadi di tahun 2023.


Lantas, apakah benar inflasi memengaruhi harga emas? Lewat artikel berikut akan diungkap tentang pengaruh inflasi terhadap harga emas. Penasaran? Simak artikel ini sampai tandas!


Pengaruh Inflasi Terhadap Harga Emas. Apakah Signifikan?

Emas sering kali dianggap sebagai aset yang tangguh dalam menghadapi inflasi. Hal ini dikarenakan harga emas yang stabil dan ketersediaannya yang terbatas. Ketika inflasi meningkat, daya beli mata uang menurun sehingga orang mencari aset yang dapat melindungi nilai kekayaan mereka dari depresiasi nilai mata uang. Dalam situasi seperti ini, banyak investor berpaling ke emas sebagai bentuk perlindungan. Salah satu alasan mengapa emas berkinerja baik selama periode inflasi adalah karena emas dianggap sebagai aset safe haven. Ketika inflasi meningkat, investor cenderung menjual aset-aset berisiko dan beralih ke emas yang dianggap lebih stabil. Tak heran, saat ada kabar inflasi, harga emas cenderung naik karena ada gelagat borong emas dari khalayak luas. Pun saat 2023 beredar kabar akan terjadi inflasi, harga emas diprediksi bisa menyentuh angka Rp1,5 juta per gramnya.


Emas Jadi Buruan Saat Krisis Terjadi

Menariknya, emas juga dianggap sebagai bentuk perlindungan terhadap ketidakstabilan politik dan ketidakpastian ekonomi. Saat terjadi gejolak politik atau kekhawatiran tentang krisis keuangan, investor sering mencari tempat yang aman untuk menyimpan kekayaan mereka. Emas, dengan sejarah panjangnya yang terbukti sebagai aset yang aman, menjadi pilihan yang menarik. Permintaan yang meningkat dalam situasi seperti ini juga dapat mempengaruhi harga emas. Bukti konkretnya saat Covid-19 melanda dunia. Banyak investor emas membeli emas dalam jumlah banyak. Bahkan di Indonesia, harga emas memecahkan rekor tertingginya. Namun, walau emas sedikit banyak memiliki hubungan yang kuat dengan inflasi, hubungan ini tidak selalu linier. Ada faktor-faktor lain yang juga dapat memengaruhi harga emas. Faktor-faktor itu misalnya permintaan industri terhadap emas, kekuatan dolar AS, dan suku bunga dapat memainkan peran penting dalam menentukan harga emas di dunia, termasuk di Indonesia. Maka bisa disimpulkan, emas adalah pilihan tepat untuk menyelamatkan nilai uang ketika ada inflasi terjadi. Meski ada faktor lain yang bisa memainkan harga emas, inflasi tetap jadi faktor yang cukup penting.


Jadi, tunggu apalagi? Segera beli emas sekarang juga!


Beli Emas di Galeri 24

Penjelasan tentang pengaruh inflasi terhadap harga emas di atas secara gamblang menggambarkan jika inflasi punya peran penting dalam kancah ekonomi dunia. Benang merah yang bisa kita ambil, jika emas merupakan safe haven yang tak lekang oleh zaman. Berbicara beli emas, belilah emas di tempat yang benar-benar terpercaya. Contohnya seperti di Galeri 24.


Galeri 24 adalah anak perusahaan dari PT Pegadaian sehingga jika Anda beli emas di sini, Anda akan mendapatkan emas yang berkualitas. Bukan hanya itu, Galeri 24 mempunyai unit produksi emas sendiri yang sudah memenuhi standar nasional Indonesia. Alhasil, setiap emas yang dijual di Galeri 24 kualitasnya sudah terjamin.


Yuk, beli emas untuk amankan nilai uang kita dari inflasi atau krisis. Beli emasnya hanya di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!