top of page

Perbedaan antara Emas Antam dan Emas UBS


Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang favorit bagi banyak orang. Hal ini terjadi karena investasi emas sangat mudah dilakukan dan cenderung minim risiko. Selain itu, harga emas juga memiliki kecenderungan untuk terus naik setiap tahunnya. Berbicara tentang emas, saat ini terdapat dua merek logam mulia emas yang beredar di Indonesia, yaitu emas Antam dan emas UBS

Sekilas tentang Emas Batangan Antam


Emas Antam merupakan produk logam mulia berupa emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang. Setiap produk logam mulia emas Antam diproduksi dengan ciri dan kode khusus sehingga terjamin kualitas dan orisinalitasnya. Selain itu, setiap orang yang membeli logam mulia emas Antam akan diberikan sertifikasi khusus untuk menjamin keasliannya sehingga harga jualnya dapat terjaga. Emas Antam hadir dengan beberapa ukuran mulai dari 0,1 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, hingga yang paling berat yaitu 1000 gram atau 1 kilogram.

Sekilas tentang Emas UBS


Emas UBS merupakan produk logam mulia berupa emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Setiap produk logam mulia emas UBS juga diproduksi dengan ciri dan kode khusus sehingga terjamin kualitas dan orisinalitasnya. Selain itu sama seperti emas Antam, setiap orang yang membeli logam mulia emas UBS juga akan diberikan sertifikasi khusus untuk menjamin keasliannya. Salah satu ciri khas dari emas UBS adalah karakternya yang unik, seperti beberapa produk emas batangan UBS yang menampilkan karakter Disney seperti Mickey Mouse dan Donald Duck.

Perbedaan Emas Antam dan Emas UBS


1. Produsen


Perbedaan pertama antara emas Antam dan emas UBS terletak pada produsennya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, logam mulia emas Antam diproduksi oleh PT Aneka Tambang. Perusahaan ini merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang pertambangan emas, nikel, bauksit, dan hasil tambang lainnya.


Di sisi lain, emas UBS diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera yaitu perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri perhiasan emas. Oleh karena itu selain logam mulia, PT Untung Bersama Sejahtera juga memproduksi perhiasan emas dengan merk yang berbeda.


2. Ukuran


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, emas Antam hadir dengan berbagai ukuran berbeda, di mana emas ukuran kecil berkisar mulai dari 0,1 gram hingga 10 gram. Di samping itu, PT Aneka Tambang juga menyediakan logam mulia emas berukuran besar, dengan berat mulai dari 25 gram hingga 100 gram atau 1 kilogram.


Dari segi ukuran atau berat, perbedaan antara emas Antam dan emas UBS memang dapat jelas terlihat. Pasalnya, PT Untung Bersama Sejahtera hanya menawarkan emas ukuran kecil dengan berat berkisar mulai 0,1 gram, 0,2 gram, 0,5 gram, hingga yang berukuran besar yaitu 100 gram. Dari sini dapat terlihat bahwa ukuran emas Antam lebih bervariasi.


3. Sertifikat Jual Beli Emas


Emas Antam hadir dengan sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang untuk menjamin keaslian produk logam mulianya. Namun ada juga emas Antam versi terdahulu yang hadir dengan sertifikat khusus dari London Bullion Market Association (LBMA). Sertifikat ini memungkinkan investor untuk menjual emas Antam di negara manapun di dunia. Sertifikat emas Antam pada dasarnya memuat deskripsi tentang jenis, kadar karat, ukuran berat, tahun produksi hingga cap khusus.


Hal ini cukup berbeda dengan emas UBS di mana emas UBS hanya hadir dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Karena itu, pemilik emas UBS tidak dapat menjual emasnya di luar negeri.


4. Harga


Karena pergerakan pasar terus berubah, maka harga dari kedua produk logam mulia emas ini juga cenderung fluktuatif. Meski demikian, kecenderungan harga emas memang akan terus naik, baik itu untuk emas Antam maupun emas UBS. Berdasarkan situs resmi Galeri 24, harga emas 1 gram per 1 September 2022 memiliki harga Rp. 977,000. Sementara itu, harga emas Antam berdasarkan aplikasi Galeri 24 per 1 September 2022 menunjukan harga Rp. 929,000.


5. Tempat Pembelian (beli emas online atau langsung)


Saat ini emas Antam dan emas UBS bisa didapatkan dengan mudah baik secara online maupun offline. Untuk emas Antam, investor dapat membelinya di toko emas yang sudah tervalidasi, unit bisnis Antam, ataupun di toko yang sudah bekerja sama seperti Galeri 24.co.id. Untuk emas UBS, investor bisa membelinya di toko emas yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, maupun di marketplace terpercaya yang menyediakan emas UBS dalam bentuk logam mulia maupun gift card.

Akhir Kata


Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa perbedaan antara emas Antam dan emas UBS. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, emas memang sudah lama menjadi instrumen investasi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena investasi emas mudah dilakukan dan minim risiko. Namun hal yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi pembelian emas. Pastikanlah bahwa Anda hanya membeli emas di toko yang sudah terpercaya seperti Galeri24.


Jadi tunggu apalagi, beli emas online hanya di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!


658 tampilan0 komentar