top of page

Bukan Hanya Soal Kemasan, Ini Perbedaan Emas Certi dan Retro


Sumber: depok.pikiran-rakyat.com


Sebagai salah satu instrumen saham yang sudah sangat ‘tua’, emas banyak direkomendasikan oleh berbagai pihak jika ingin berinvestasi dengan tingkat risiko yang lebih rendah. Maka dari itu pilihan emas yang ada pun cukup beragam. Di Indonesia, umumnya ada dua jenis emas batangan yang beredar, yakni emas certi dan emas retro. Lalu apa perbedaan emas certi dan emas retro? Mari cari tahu selengkapnya di sini!


Perbedaan Antara Emas Certi dan Retro


Emas certi adalah emas Antam keluaran terbaru. Pemberian nama certi didasarkan pada penggunaan kemasan pada emas certi, yakni certicard, yang merupakan kemasan terbaru dengan penyematan teknologi CertiEye. Adapun sertifikat dari emas certi menyatu dengan emas-nya. Sehingga jika Anda ingin memeriksa keaslian dari emas certi, Anda cukup memindai bagian certicode atau kode sertifikat melalui aplikasi.


Penyematan certicode ini berada di bagian belakang kemasan dan mulai dipasang sejak 2018 hingga sekarang. Kemasan emas certi ini dikenal sebagai kemasan press.


Sedangkan emas retro adalah versi lama dari emas Antam. Menggunakan plastik mika tebal sebagai pembungkus, sertifikat emas retro tidak disematkan pada bagian kemasannya. Emas retro juga bisa digenggam langsung karena kemasan dari emas retro bisa dibuka tutup, sangat berbeda dengan emas certi. Adapun kemasan emas retro ini mulai berhenti diproduksi sejak 2018, ditandai dengan mulai diproduksinya emas certi.


Adapun perbedaan lain dari emas certi dan emas retro ini terletak pada harga jualnya. Emas certi memiliki harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan emas retro.


Penggolongan Tipe-tipe Emas


Setelah membahas perbedaan emas certi dan emas retro, ternyata ada juga jenis-jenis emas yang lainnya.


Pertama ada emas murni. Emas murni adalah emas yang paling murni yang tersedia dengan kandungan emas hingga 99,99 persen. Emas murni dapat ditemukan dalam bentuk batangan, koin, dan bahkan perhiasan. Emas murni juga dikenal sebagai 24 karat atau emas 9999. Emas murni memiliki warna kuning yang cerah dan dikatakan sebagai logam yang paling murni. Emas murni juga memiliki daya dukung yang tinggi sehingga ideal untuk berbagai aplikasi.


Kemudian, ada emas 22 karat. Emas 22 karat terbuat dari 91,67 persen emas murni dan 8,33 persen logam campuran lainnya. Logam campuran yang umum digunakan untuk membuat emas 22 karat adalah perak, tembaga, dan nikel. Emas 22 karat memiliki warna yang lebih gelap dan lembut daripada emas murni. Emas 22 karat juga memiliki kelebihan lain seperti daya dukung yang tinggi, ketahanan karat yang lebih baik, dan biaya yang lebih rendah daripada emas murni.


Kemudian, ada emas 18 karat. Emas 18 karat terbuat dari 75 persen emas murni dan 25 persen logam campuran. Logam campuran yang umum digunakan untuk membuat emas 18 karat adalah tembaga, perak, nikel, dan palladium. Emas 18 karat memiliki warna yang lebih gelap daripada emas 22 karat. Emas 18 karat juga memiliki kelebihan lain seperti daya dukung yang tinggi, ketahanan karat yang lebih baik, dan biaya yang lebih rendah daripada emas murni.


Terakhir, ada emas 14 karat. Emas 14 karat terbuat dari 58,33 persen emas murni dan 41,67 persen logam campuran. Logam campuran yang umum digunakan untuk membuat emas 14 karat adalah tembaga, perak, nikel, dan palladium. Emas 14 karat memiliki warna yang lebih gelap daripada emas 18 karat. Emas 14 karat juga memiliki kelebihan lain seperti daya dukung yang tinggi, ketahanan karat yang lebih baik, dan biaya yang lebih rendah daripada emas murni.


Tertarik Investasi Emas yang Terpercaya? Galeri 24 Pilihannya!


Jika Anda sudah tertarik untuk mulai terjun ke investasi emas, maka pemilihan tempat pembelian hingga produsen emasnya perlu Anda pertimbangkan dengan matang. Sebab sudah banyak korban investasi emas bodong akibat terlalu gegabah saat membeli emas.


Agar tak salah, pastikan membeli emas dari tempat dan produsen terpercaya hanya di Galeri 24! Merupakan bagian dari PT Pegadaian Persero, sudah sesuai dengan SNI 8880:2020, membuat kredibilitas logam mulia emas dari Galeri 24 sudah tidak perlu diragukan. Selain itu, pembelian emas dari Galeri 24 pun sangat mudah didapatkan. Anda bisa berkunjung langsung ke gerai-gerai resmi Galeri 24 di beberapa kota di Indonesia, bisa memesan melalui website resmi, hingga membeli di marketplace resmi Galeri 24.


Sehingga apabila Anda sudah yakin untuk mulai terjun dalam investasi emas, pastikan untuk mendapatkannya di Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!

385 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page