Perhatikan 4 Cara Memilih Berlian yang Tepat untuk Investasi

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata Berlian? Sudah pasti membayangkan sebuah perhiasan berkilau indah dengan harga yang mahal. Berlian memang tergolong bagian dari perhiasan mewah bernilai tinggi di pasaran.


Pada toko perhiasaan, biasanya Anda dapat menemukan berbagai macam berlian utuh atau yang sudah disematkan pada cincin, kalung, dan sebagainya. Harga jualnya dimulai dari yang terendah berkisar puluhan juta sampai tertinggi mencapai miliaran rupiah.


Cara memilih berlian yang tepat untuk investasi sebenarnya bukan hal yang sulit jika kita mau mempelajarinya lebih dulu. Pasalnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti halnya membeli sebuah emas. Hal ini akan menyangkut tentang keaslian dan risiko besaran uang yang akan dikeluarkan.


Selain itu, karakteristik bentuk juga berpengaruh tentang bagaimana Anda memilih berlian sebagai investasi dan hobi. Nilai investasi produk ini terbilang sangat mahal. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mesti dicermati sebelum membelinya.

Maka, sebelum Anda berniat pergi ke toko perhiasaan, pelajari seluk beluk berlian dengan mencari informasi lebih detil di ruang pencarian semesta, Goolge, atau bertanya kepada ahlinya. Nah, berikut bagaimana cara memilih berlian di toko perhiasaan bagi yang ingin memakai langsung atau sekedar untuk investasi.


1. Membedakan Berlian Asli dan Palsu



Tidak semua orang mampu membedakan mana berlian asli dengan yang palsu. Hanya orang-orang terlatih dan berpengalaman yang bisa mengenali keaslian berlian.


Dari berbagai sumber dijelaskan bahwa berlian asli akan mengeluarkan sebuah cahaya putih atau abu - abu saat berlian tersebut mengalami pantulan cahaya. Selain itu, berlian asli tidak akan memantulkan cahaya warna-warni sedangkan cahaya pantulannya membuat objek dibelakang berlian juga tidak terlihat.


Ciri-ciri sifat berlian asli:

  • Kuat: Berlian memiliki tekstur yang keras dan kokoh. Berlian juga tidak mudah retak atau pecah.


  • Tidak Berembun: Berlian asli seharusnya tidak akan berembun ketika anda menghembuskan nafas ke permukaan berlian.


  • Tidak Mudah Tergores: Berlian asli tidak akan mudah tergores ketika anda gesekan ke benda lain.


  • Tidak Tenggelam: Berlian palsu akan mengambang saat Anda masukkan ke dalam air. Sedangkan berlian asli, justru akan tenggelam ke dasar air. Namun, hal ini hanya berlaku pada batu berlian bukan berlian yang sudah menjadi perhiasan seperti cincin, kalung, dan sebagainya.


  • Tahan Panas: Berlian asli memiliki tingkat ketahanan panas yang cukup tinggi. Jadi tidak mudah hancur atau meleleh saat terkena panas.


2. Mengetahui Karakteristik Berlian



Berlian memiliki banyak karakteristik bentuk yang berbeda. Umumnya, yang paling dikenal di kalangan pecinta berlian adalah adalah round diamond. Bentuk round diamond lebih banyak diperjualbelikan di pasar.


Cukup unik, berlian ini juga mudah dijadikan perhiasaan dalam bentuk apapun. Maka dari itu, bagi pemula cukup tepat membeli berlian round diamond sebagai investasi.


Selain bentuk round diamond, ada juga bentuk cushion diamond, marquise, fancy shapes, oval dan masih banyak yang lain. Hampir semua berlian tersebut dijual dengan harga cukup fantastis dengan kualitas terbaik mulai dari ratusan juta hingga ada yang mencapai triliunan rupiah.


Untuk lebih mengenal karakteristik ini para pecinta berlian sering membaginya dengan 4C yakni Color (warna), Cut (potongan), Carat (karat), Clarity (kejernihan). Keempat hal tersebut mesti Anda pahami jika ingin berinvestasi pada berlian. Karakteristik tersebut bisa menjadi prinsip dasar investasi.

  • Colour

Colour atau warna berlian akan menentukan nilai keindahan dan harganya.

  • Clarity

Clarity atau kejernihan sebuah berlian sangat mempengaruhi nilai jual berlian itu sendiri. Kejernihan yang dimaksud adalah berlian tidak rusak, lecet, atau tergores.

  • Carat

Carat atau satuan berat berpengaruh pada nilai berlian itu sendiri. Namun, satuan ukuran ini bukan dalam karat seperti pada emas.


Karat pada emas menunjuk kemurniannya sedangkan berlian semakin besar ukurannya, maka semakin tinggi karatnya, dan harganya semakin mahal.

  • Cut

Cut dalam istilah di pecinta berlian adalah potongan berlian itu sendiri. Potongan berlian akan berpengaruh dengan bagaimana berlian tersebut memantulkan cahaya sehingga menghasilkan pesonanya.


Oleh karena itu, berlian yang dipotong harus tepat sehingga menghasilkan pantulan cahaya yang bagus.


3. Perhatikan Berat



Berlian merupakan perhiasaan mewah yang memiliki harga jual tinggi. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda memilikinya dengan kondisi utuh agar nilainya tetap tinggi. Hal ini terkait juga dengan karakteristik berlian itu sendiri. Tapi, jangan samakan berat berlian dengan emas.


Dalam proses memilih sebuah berlian, akan ada perbedaan harga yang cukup jauh antara berlian yang sudah dipotong dengan berlian yang masih utuh.


Sebagai investasi awal, lebih baik mencari berlian yang sudah menjadi perhiasaan dengan ukuran yang cukup. Selebihnya, sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Penting diketahui, jika berat berlian sudah berkurang atau dikurangi, maka toko perhiasaan akan menjual kalung berlian dengan harga terjangkau.


4. Bersertifikat


seperti halnya emas batangan atau logam mulia, berlian juga memiliki sertifikat keaslian. Setiap berlian dengan ukuran di atas 0,5 karat biasanya akan dilengkapi dengan sertifikat resmi. Selain itu, berlian asli juga memiliki identitas nomor seri khusus.


Bagaimana proses sertifikasi sebuah berlian? Ketahui bahwa berlian akan diteliti secara mendalam pada sebuah laboratorium untuk mendapat informasi yang sangat rinci dan mendalam.


Informasi tersebut diantaranya adalah tentang 4C yaitu cut, clarity, color, dan carat. Kemudian terdapat proporsi, hasil akhir, dan tindakan yang dilakukan seperti pemotongan secara alami atau hasil pematangan karbon.


Sangat penting bagi pemula dalam masalah ini meminta pihak yang menawarkan berlian harus menunjukkan sertifikat resminya. Hal ini guna menghindari penipuan terlebih kebanyakan pemula belum mampu membedakan kualitas berlian berdasarkan karakteristik berlian itu sendiri. Untuk itu, sertifikat akan berisi tentang berat berlian, kejernihan, potongan, dan warna berlian.


Dalam menjamin keaslian berlian, pilihlah toko emas dan toko perhiasan terpercaya yang menjual berlian asli dengan kelengkapan sertifikat dan surat seperti pada Galeri24 dari PT. Pegadaian. Galeri24 hanya menjual berlian asli dan bersertifikat yang dapat di uji keasliannya.


Selain itu, berlian di Galeri24 juga memiliki beragam model dan ukuran perhiasaan yang sesuai dengan selera Anda. Membeli perhiasan, logam mulia maupun berlian di Galeri24 pun kini semakin mudah dengan transaksi secara online melalui website resmi www.galeri24.co.id.


©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥