Pilih Mana yang Lebih Menguntungkan, Investasi Emas atau Deposito?


Bagi pemula maupun pemain besar investasi, emas dan deposito adalah pilihan yang menarik. Keduanya sama-sama tidak berisiko tinggi, aman dan stabil, juga memiliki jangka waktu terukur yang menguntungkan di masa depan.

Jika Anda memiliki budget dan berencana untuk melakukan investasi, penting sekali untuk mengetahui: mana yang lebih menguntungkan, investasi emas atau deposito?


Investasi Emas vs Deposito #1 Karakteristik

Emas sebagai instrumen investasi bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Sejak zaman pendahulu, emas sudah populer untuk dibeli dan disimpan hingga harganya naik. Selain itu, khusus investasi emas berbentuk perhiasan juga dapat digunakan sebagai aksesoris bukan hanya disimpan.

Memang, model keuntungan emas tidak bergantung pada bunga. Investor emas mendulang profit dari apresiasi nilai emas, yang cenderung naik dan semakin naik dari tahun ke tahun.

Sebab itu, peminat investasi emas tidak pernah surut. Apalagi, investasi emas juga bisa mendongkrak prestis. Karena, bentuk investasi emas bermacam-macam; termasuk logam mulia atau emas batangan, perhiasan emas, uang koin emas dan trading emas.

Sementara itu, investasi deposito sejatinya berupa rekening tabungan di mana Anda harus menyetorkan uang pada jangka waktu tertentu. Pada akhir periode, uang itu akan diberikan kembali bersama hitung-hitungan bunga.

Jenis investasi deposito aman dan terjaga. Skenario singkatnya, Anda hanya perlu menaruh modal dan biarkan uang bekerja sendiri. Proses memulainya pun mudah. Anda bisa mulai membuat rekening deposito di berbagai bank di nusantara.


Investasi Emas vs Deposito #2 Perbandingan Risiko

Ditinjau dari segi risiko, sebetulnya baik investasi emas maupun deposito memiliki risiko rendah. Tapi bila dijabarkan, bisa dibilang emas lebih pas untuk investasi jangka sangat-panjang.

Yang paling aman adalah investasi emas dalam bentuk fisik seperti logam mulia, koin dinar maupun perhiasan emas. Anda hanya perlu membeli dan menyimpan emas bersertifikat, lalu menjualnya kembali saat harganya sedang naik.

Jika Anda sabar menunggu, kenaikan harga apresiasi emas bisa sangat signifikan. Pada 2001 misalnya, harga emas hanya sekitar USD 300. Sepuluh tahun kemudian pada 2011, harga emas langsung melonjak drastis menjadi USD 1500.

Di sisi lain, bila jangka waktu kebutuhan financial plan Anda rupanya tidak bisa selama itu, deposito lebih bisa dipilih. Andalah yang bisa menentukan sendiri seberapa lama uang akan didepositkan.

Bunga deposito pun terhitung lumayan. Di samping itu, menjalankan deposito juga sekaligus mengajarkan diri Anda untuk membuat rencana yang terukur dan menabung.


Investasi Emas vs Deposito #3 Likuidasi

Bagian dari rencana yang realistis adalah memperhitungkan adanya keadaan darurat. Saat tabungan tidak mencukupi, mana di antara dua instrumen investasi ini yang akan lebih mengakomodasi?

Sebenarnya, keduanya sama-sama bisa diandalkan. Anda bisa menjual emas batangan langsung, maupun trading, dengan hitungan sesuai harga apresiasi saat itu. Di sisi lain, deposito juga bisa ditarik dengan syarat potongan sesuai perjanjian saat membuat rekening.

Tapi ada pula alternatif mudah, di mana fintech selalu membuka pintu pinjaman dengan jaminan deposito Anda. Di sisi lain, bagi Anda yang memiliki logam mulia atau perhiasan, pegadaian juga siap sedia membantu permasalahan Anda untuk sementara.

Meski demikian, bila harus memilih, emas lebih bisa diandalkan. Ini karena tingkat likuiditas emas cukup tinggi, di mana emas bisa langsung dijual ketika Anda membutuhkannya. Dibandingkan itu, menarik dana dari deposito sebelum jatuh tempo dan dikenai potongan yang terasa tidak sebanding.


Jadi, mana yang lebih menguntungkan? Investasi emas atau deposito?

Kesimpulannya, sesuaikan tipe investasi Anda sebelum memilih. Meski begitu, pada faktanya memiliki simpanan emas tidak pernah salah. Anda akan selalu mendapat keuntungan dengan berinvestasi emas.

Sifatnya emas yang stabil, harganya yang selalu naik, dan nilainya yang bisa menjadi tambahan portfolio sekaligus mempercantik diri tidak bisa digantikan oleh instrumen investasi mana pun.

Jika Anda berminat untuk investasi emas baik berbentuk logam mulai maupun perhiasan emas, Anda dapat langsung melihat katalog terkini di situs www.galeri24.co.id. Galeri24 adalah anak perusahaan PT.Pegadaian yang khusus menyediakan berbagai emas untuk investasi maupun perhiasan.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥