top of page

Resiko Membeli Emas dari Penjual Yang Tidak Dikenal dan Pencegahannya


Sebenarnya ada banyak sekali risiko yang bisa didapatkan ketika seseorang membeli emas dari penjual yang tidak dikenal. Yang tentunya risiko membeli emas dari penjual yang tidak dikenal tersebut sangat merugikan bagi pembeli emas itu sendiri. Terlebih lagi emas merupakan suatu hal yang sangat berharga dan memiliki nilai yang cukup tinggi di pasaran. Sehingga memang rawan terjadi penipuan yang mana penipuan tersebut menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak yang lain.


Membeli emas akan lebih baik jika Anda membelinya melalui platform platform yang sudah terkenal dan memiliki serta diawasi oleh pemerintah atau otoritas pajak. Dengan begitu kapan jual beli pajak akan lebih aman dan terpercaya. Sehingga tidak akan ada kerugian yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini yang akan dijelaskan apa saja risiko yang akan didapatkan jika membeli emas dari penjual yang tidak dikenal. Simaklah untuk mengetahuinya lebih lanjut.


Resiko Membeli Emas dari Penjual Yang Tidak Dikenal


1. Kemungkinan Terjadi Penipuan Emas Palsu

Risiko membeli emas dari penjual yang tidak dikenal dapat lebih besar jika pembelian emas dilakukan secara online. Yang mana dalam sistem tersebut Anda tidak dapat mengetahui bagaimana bentuk dan rupa emas secara langsung. Sehingga hal tersebut akan rawan sekali terjadi penipuan seperti emas yang dijual adalah emas palsu atau emas yang dibeli tidak sesuai dengan yang datang. Sedangkan kasus emas palsu ini sudah banyak terjadi di dalam jual beli emas melalui online. Yang mana di dalam siklus tersebut biasanya akan dijelaskan secara rinci mengenai komoditi emas yang dijual. Dan tentunya akan terdengar menggiurkan bagi orang-orang yang membacanya. Sedangkan gambar produk yang digunakan juga gambar produk emas yang asli. Berbeda dengan emas palsu yang nantinya akan dikirim kepada orang yang membeli.


Namun ternyata kasus tersebut tidak hanya terjadi pada kasus jual beli emas secara online saja. Karena penipuan ini bisa saja terjadi dalam jual beli secara langsung untuk orang-orang yang tidak mengetahui secara spesifik Bagaimana ciri-ciri emas. Dengan begitu penjual yang tidak bertanggung jawab akan sangat mudah mengalami orang-orang dengan menjual emas palsunya seperti emas asli.


2. Uang Dibawa Kabur Oleh Penjual

Risiko membeli emas dari penjual yang tidak dikenal lainnya yaitu uang Anda yang bisa dibawa kabur oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa saja terjadi dalam penjualan secara langsung maupun melalui platform jual beli emas secara online, serta bisa saja melalui chat atau hal yang lainnya. Uang yang dibawa kabur oleh penjual ini biasanya terjadi ketika pembayaran emas berada di awal transaksi. Atau bisa juga terjadi ketika terdapat DP emas yang cukup tinggi nilainya.


Pada kasus ini biasanya orang-orang memang diperlihatkan dengan emas yang asli. Namun ketika proses Pembayaran sudah dilakukan maka orang yang menjual tersebut seketika akan menghilang dari si pembeli. Dan tentunya dengan membawa uang yang telah diberikan pembeli untuk mendapatkan emas yang diinginkannya.


Adapun risiko membeli emas dari penjual yang tidak dikenal ini dapat dihindari ketika Anda membeli produk-produk emas dari platform platform terpercaya atau tempat-tempat yang sangat terpercaya. Bahkan platform atau tempat tersebut sudah mendapat izin secara sah dari pemerintah dan mendapatkan pengawasan dari otoritas pajak.


3. Emas Tidak 100% Murni

Risiko membeli emas dari penjual yang tidak dikenal lainnya yaitu emas yang ternyata tidak 100% murni. Yang mana harga emas tersebut di pasaran biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga emas murni yang berlaku. Namun si penjual memasang harga yang sangat mahal dan berperilaku seakan- akan emas yang ia jual tersebut merupakan emas murni 100%. Padahal tidak.


Meskipun ada sebagian orang yang dapat membedakan emas murni dengan tidak. Namun alangkah lebih baik jika Anda benar-benar menghindari untuk membeli emas dari penjual yang tidak dikenal. Karena tidak semuanya jenis emas mudah dikenali dengan baik. Dengan begitu Anda bisa aman dari resiko membeli emas dari penjual yang tidak dikenal yaitu mendapatkan penipuan dari transaksi jual beli tersebut.


4. Mulai Berbelanja di Platform Atau Toko Terkenal Yang Sudah Diawasi Otoritas

Jalan paling baik yang digunakan untuk menghindari risiko membeli emas dari penjual yang tidak dikenal adalah dengan berbelanja emas melalui platform atau toko-toko terkenal yang sudah sah diakui dan diawasi oleh otoritas negara.


Maka dari itu akan lebih baik jika Anda membeli emas di tempat-tempat terpercaya yang sudah secara sah dan daftar dan diawasi oleh otoritas pajak dan pemerintah. Karena dengan begitu transaksi jual beli emas Anda bisa terjadi secara aman tanpa tipuan. Dan kalaupun terjadi penipuan maka akan ada tindak lanjut dari pihak pemerintah dan otoritas yang mengawasi. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari risiko membeli emas dari penjual yang tidak dikenal.


Dengan membeli emas melalui platform atau toko yang terkenal dan diawasi oleh otoritas maka Anda tidak akan mengalami penipuan. Dan emas yang dijual juga pasti adalah emas asli.


Nah, salah satu toko emas terkenal dan pastinya resmi adalah Galeri 24. Sebab, Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga setiap emas yang tersedia pasti legal dan berkualitas.


Selain ada logam mulia, Galeri 24 menyediakan jenis emas lain, seperti perhiasan.


Jadi pastikan, beli emas hanya di tempat terpercaya. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
</