Kabar Emas
9 Feb 2024

Sebelum Beli, Simak Tips-Tips Pilih Liontin Emas yang Tepat

Bagikan
article-cover-images/39c23502995e6896b9b940b069fedb92

Sudah sejak lama jika liontin emas dianggap sebagai salah satu perhiasan paling favorit, khususnya bagi perempuan. Meskipun ada banyak perhiasan-perhiasan emas seperti cincin, anting atau gelang, liontin tetap menduduki posisi pertama lantaran mampu membuat perempuan semakin cantik.

Yap, melihat liontin bergantung di leher dengan bandul yang menarik, tentu akan membuat tampilan perempuan makin istimewa. Dipadukan dengan gaun yang menampilkan potongan leher dan bahu, kecantikan seorang perempuan bakal lebih terlihat jika mengenakan liontin.

Hanya saja rupanya tidak semua orang bisa memilih liontin yang tepat untuk tampilan mereka. Ada yang memaksa membeli liontin emas putih, tapi rupanya tidak sesuai dengan warna kulit, sehingga malah memberikan kesan tidak tepat.


Tips Membeli Liontin yang Tepat untuk Leher

Sebuah liontin emas yang tepat tentu akan memberikan kesan sangat istimewa bagi penampilan Anda, meskipun mungkin harga liontin itu cukup terjangkau dan berdesain sederhana. Hal ini jauh lebih baik daripada membeli liontin berbahan emas dengan hiasan berlian mahal, tapi desainnya tak cocok.


Bagi Anda yang hendak membeli liontin yang terbuat dari emas, beberapa tips berikut ini bisa dipertimbangkan:


1. Sesuaikan Ukuran Liontin

Tips pertama dalam memilih liontin emas adalah mempertimbangkan ukuran liontin itu sendiri. Saat ini liontin pada kalung emas tersedia dalam banyak ukuran entah besar atau kecil. Ada baiknya Anda memilih ukuran liontin yang sesuai dengan kegiatan yang hendak didatangi, entah acara formal atau non formal.

Jika Anda menghadiri event pesta formal dan mengenakan gaun sangat cantik yang memperlihatkan potongan leher dan bahu, tak ada salahnya menggunakan liontin dengan ukuran sedikit lebih besar. Namun untuk kebutuhan sehari-hari, pilih saja liontin berukuran kecil dengan bandul nama atau token mungil yang sederhana.


2. Pilih Model yang Tepat

Sama seperti cincin, gelang hingga anting-anting, liontin emas mempunyai banyak sekali model. Jika Anda ingin mengenakan liontin itu dalam jangka panjang, usahakan mencari model yang tak terlihat old, tapi justru tampil everlasting. Sehingga dengan begitu Anda masih bisa mengenakannya dalam waktu 3-5 tahun ke depan.

Membeli liontin dengan model keluaran terbaru memang bisa jadi solusi, tapi lagi-lagi sesuaikan dengan bentuk leher srta bahu. Anda yang mempunyai leher besar, ada baiknya tak memakai model liontin dengan ukuran pendek. Begitu pula jika ukuran bahu cukup lebar, pilih liontin yang cukup panjang dengan bagian bawah melebar.


3. Gunakan Jenis Emas yang Cocok

Hal berikutnya yang sangat penting dalam pemilihan liontin emas adalah memilih jenis emas yang cocok. Sekadar informasi, kebanyakan emas yang digunakan dalam perhiasan bukanlah emas murni 24K, karena teksturnya terlalu lembut. Mayoritas emas-emas yang dipakai dalam perhiasan adalah emas 18K yang berarti mengandung 75% emas.

Lantaran 75% emas, tentunya perhiasan itu menggunakan logam tambahan lain entah perak, tembaga, paladium, nikel dan lain-lain. Hal inilah yang akhirnya menimbulkan jenis emas putih, emas kuning hingga emas rose gold. Tentunya perhiasan emas campuran ini harganya tidaklah semahal emas batangan murni 24K.

Lantaran jenis emas untuk perhiasan cukup beragam, pastikan Anda membeli emas yang cocok untuk kulit. Mereka dengan kulit gelap akan makin menonjol jika memakai emas kuning. Kemudian pemilik kulit kuning langsat, bisa menarik dengan emas putih. Sementara kalau kulit Anda cukup terang, pakai perhiasan emas rose gold.


4. Pertimbangkan Harga

Tips terakhir saat hendak membeli liontin emas adalah melakukan pertimbangan harga. Boleh-boleh saja Anda membeli liontin emas 18K yang berhias bandul berlian dan berharga fantastis, tapi pastikan itu sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai karena ingin beli perhiasan mewah, keuangan jadi bermasalah.

Kalau Anda menerapkan tips-tips di atas dengan tepat, maka sudah pasti akan memperoleh liontin sesuai dengan keinginan dan penampilan. Dengan begitu, Anda akan semakin percaya diri mengenakan liontin.


Inilah Cara Pakai Liontin yang Sempurna

Berbeda dengan cincin, anting atau gelang yang tinggal dipakai, tidak semua orang memang bisa memakai liontin secara tepat. Meskipun mungkin sudah memilih model yang simple dengan jenis emas yang cocok, kalau cara pemakaian liontin kurang tepat, jelas tak akan membuat garis bahu dan leher tampak menonjol.


  • Supaya liontin emas yang sudah dipilih bisa menambah karakter penampilan Anda jadi makin sempurna, beberapa kiat berikut bisa coba diterapkan:
  • Kalau liontin yang kamu pilih memiliki bandul cukup besar, sesuaikan dengan ukuran rantai kalung pula. Jangan sampai memakai liontin dengan bandul besar tapi rantai kalung kecil, akan terlihat aneh
  • Kalau Anda memilih liontin dengan bagian bandul yang mungil, sempurnakan dengan rantai kalung halus dan tipis
  • Meskipun ingin terlihat unik, usahakan untuk tidak mengenakan lebih dari satu kalung liontin. Liontin yang menumpuk di leher akan membuat penampilan Anda tidak menarik
  • Mengenakan perhiasan lain di tubuh selain liontin? Tak masalah. Anda bebas juga mengenakan anting, cincin atau gelang, tapi jangan kenakan yang memiliki desain berlebihan atau terlalu ramai. Hal ini bisa membuat liontin tidak terlihat menonjol

Supaya liontin yang dipakai memberikan kesan maksimal, liontin harus dalam keadaan bersih. Mau liontin emas kuning, emas putih atau emas rose gold sekalipun, jangan lupa senantiasa dirawat agar kilaunya selalu cemerlang

Tidak sulit bukan sebetulnya untuk membuat penampilan diri sangat maksimal saat mengenakan liontin emas? Asalkan Anda memilih liontin dengan tepat dan mengenakannya secara benar pula, maka penampilan akan semakin istimewa. Tampilan yang istimewa jelas membuat diri semakin percaya diri dan menawan.