Sebelum Investasi Perhiasan Emas, Pelajari Untung Ruginya Terlebih Dahulu


Banyak wanita khususnya ibu rumah tangga yang suka membeli perhiasan emas dengan tujuan investasi. Namun, ada baiknya Anda melihat kembali keuntungan dan risiko investasi perhiasan emas agar tidak menyesal.

Sebelumnya, Anda harus tahu bahwa perhiasan emas berbeda dengan logam mulia atau emas batangan. Mengapa perhiasan emas bukanlah emas murni? Karena dalam proses pembuatannya menggabungkan beberapa unsur logam lainnya.

Biasanya, perhiasan emas ini dibuat dari bahan baku emas murni batangan, tembaga dan perak. Ketiga bahan tersebut dicampur dan dilebur menjadi satu dan dicetak.

Persentase logam campuran inilah yang akan mempengaruhi kadar karat emas. Jadi emas perhiasan yang Anda beli, belum tentu 24 karat. Sehingga jangan heran jika harga emas perhiasan, lebih rendah daripada harga logam mulia antam.

Ada beberapa varibel yang dapat mempengaruhi harga perhiasan emas, seperti:

  • Harga emas hari ini (logam mulia)

  • Karat perhiasan emas

  • Biaya lain, seperti ongkos pembuatan, pajak dan lain sebagainya.

Keuntungan Investasi Perhiasan Emas #1 Untuk Penampilan

Inilah alasan utama mengapa investasi perhiasan emas digemari oleh kaum wanita. Kegunaan perhiasan emas adalah untuk menunjang penampilan dan gaya hidup. Sehingga perhiasan emas mempunyai keuntungan 2in1 selain investasi.


Keuntungan Investasi Perhiasan Emas #2 Mudah Didapat

Tidak seperti logam mulia, membeli perhiasan emas lebih mudah karena dijual bukan hanya di toko emas konvensional dan mall, tetapi juga melalui website online dan E commerce.


Keuntungan Investasi Perhiasan Emas #3 Disesuaikan dengan Budget

Hal menarik lainnya untuk investasi pada perhiasan emas adalah karena dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan. Anda bahkan bisa membeli emas yang beratnya kurang dari 1 gram.

Selain itu Anda juga dapat memilih perhiasan emas berdasarkan karatnya, mulai dari 18K, 22K, sampai 24K. Bahkan, di beberapa toko emas juga dapat melakukan tawar menawar.


Risiko Investasi Perhiasan Emas #1 Nilai Jual Turun

Meski tren harga emas secara umum akan terus naik, berbeda dengan perhiasan emas.

Saat Anda ingin menjualnya kembali, biasanya toko emas hanya akan menghargai emasnya saja, tidak untuk proses pembuatannya, sehingga nilai emas menjadi menurun.


Risiko Investasi Perhiasan Emas #2 Cepat Rusak dan Hilang

Perhiasan emas yang sering dipakai akan berisiko cepat rusak karena terbentur sehingga dapat meninggalkan goresan maupun menghilangkan bagian tertentu yang tentu dapat mengurangi nilai jualnya.

Selain itu, sering menggunakan perhiasan emas juga meningkatkan risiko kehilangan maupun tindakan kriminal lainnya seperti pencurian.

Meski banyak yang berpendapat bahwa perhiasan emas kurang cocok sebagai investasi, namun tidak ada salahnya Anda mengalokasikan dana tidak terpakai untuk membeli perhiasan emas dibanding benda konsumtif lain yang tidak dapat dijual kembali.

Namun, sebaiknya Anda juga memperhatikan ketiga hal berikut sebelum investasi perhiasan emas, yaitu :

  1. Pastikan membeli emas di toko perhiasan yang terpercaya seperti Galeri24 dari PT.Pegadaian yang menjamin keaslian dan karatase emas sehingga transaksipun aman dan nyaman.

  2. Jangan membeli perhiasan yang disebut lapis emas. perhiasan lapis emas berbeda dengan perhiasan emas karen hanya menggunakan sedikit sekali emas sebagai pelapis permukaan, bukan dilebur bersamaan.

  3. Hindari membeli perhiasan emas dengan banyak campuran batuan dan berbentuk rumit. Itu tentu memiliki ongkos pembuatan lebih mahal sehingga kandungan emas murni lebih sedikit dan harga jual kembali lebih rendah.

  4. Simpan bukti pembelian dari toko perhiasan emas yang asli sehingga memudahkan saat menjual kembali. Di beberapa toko emas memberlakukan potongan harga mulai dari 5 sampai 15 ribu jika menjual tanpa kwitansi.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥