Seluk Beluk Investasi Tanah dan Investasi Emas untuk Pertimbangan Anda


Ada banyak produk atau jenis investasi fisik yang aman dan banyak diminati. Salah satunya adalah investasi emas dan tanah. Namun, sebelum memutuskan untuk memulai investasi, berikut kelebihan dan kekurangan investasi tanah dan emas sebagai pertimbangan.


Kelebihan Investasi Tanah #1 Harga Tanah Selalu Naik

Walaupun terkesan kuno, namun investasi tanah masih menjadi pilihan banyak orang untuk meraup keuntungan di masa depan. Salah satunya karena investasi tanah memiliki kelebihan dari segi harganya yang selalu naik tidak fluktuatif apalagi menurun.

Hal tersebut dikarenakan tanah adalah sebuah investasi yang terbatas. Lahan kosong semakin berkurang dan sulit ditemukan, itulah yang menyebabkan kelangkaan dan meningkatkan nilai tanah dari tahun ke tahun.

Belum lagi jika Anda memiliki tanah yang luas di tempat yang strategis. Lahan tersebut bukan hanya bisa difungsikan untuk membangun tempat tinggal, namun juga untuk area komersil lainnya yang tentu akan mendatangkan keuntungan lebih banyak.


Kelebihan Investasi Tanah #2 Tidak Butuh Perawatan

Berbeda dengan investasi fisik seperti rumah, ruko maupun kendaraan. Investasi tahan dapat dikatakan tidak membutuhkan perawatan khusus dan perlindungan yang tinggi. Anda juga dapat merasa lebih aman dan tidak terlalu kerepotan.


Kelebihan Investasi Tanah #3 Tidak Berisiko

Jika berbicara mengenai investasi tentu ada risiko yang harus diwaspadai. Namun berbeda jika Anda memilih investasi emas. Anda hanya perlu berhati-hati ketika memilih dan membeli lahan yang tepat dengan surat-surat yang lengkap.

Selebihnya, mengenai harga jual tanah Anda juga tidak perlu khawatir. Banyak pakar investasi yang berpendapat bahwa risiko investasi tanah sudah dikunci oleh harga tanah itu sendiri.

Jadi, jika Anda harus menjual kembali tanah miliki Anda, tentu harganya tidak akan jatuh atau mengalami penurunan seperti pada kebanyakan produk investasi lainnya.


Kekurangan Investasi Tanah #1 Modal yang Besar

Walau investasi tanah memiliki beragam kelebihan yang menjanjikan, namun investasi jenis ini hanya cocok untuk sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan oleh kebutuhan akan modal yang sangat besar. Ini juga yang menyebabkan investasi ini kurang cocok untuk pemula atau mahasiswa dan karyawan.


Kekurangan Investasi Tanah #2 Kurang Likuid

Selain membutuhkan investasi yang besar, kekurangan lain dari investasi tanah adalah kurang likuid atau tidak mudah untuk dijual kembali. Jika Anda membutuhkan dana untuk keperluan yang mendadak, menjual aset tanah tidaklah lebih mudah dibanding instrumen investasi lainnya.


Kekurangan Investasi Tanah #3 Biaya Tambahan

Memang kekurangan yang satu ini terkadang disepelekan orang. Namun Anda tetap harus mempertimbangkan adanya biaya tambahan yang harus dikeluarkan saat membeli atau menjual tanah.

Diantaranya adalah biaya administrasi, perijinan, pajak dan biaya lainnya seperti marketing fee untuk yang perantara penjual tanah.


Kelebihan Investasi Emas #1 Cara Investasi Mudah

Kelebihan utama yang membuat investasi emas sangat populer di kalangan investor pemula dan kaum muda adalah karena cara investasi emas sangatlah mudah. Anda tidak perlu mempelajari banyak hal yang terkait peraturan, ketentuan maupun syarat lain sebelum memulai.

Anda cukup membeli emas berupa logam mulai maupun perhiasan emas di tempat yang tepat seperti Antam, Pegadaian atau Toko emas seperti Galeri24 milik PT.Pegadaian. Anda hanya harus memperhatikan waktu yang tepat dan tempat yang tepat untuk membeli emas investasi.


Kelebihan Investasi Emas #2 Tidak Tergerus Inflasi

Walau harga emas fluktuatif atau naik turun berdasarkan oleh beberapa faktor penentu harga emas, namun harga emas cenderung lebih banyak memiliki grafik kenaikannya. Nilai emas juga bahkan cenderung stabil dibanding uang yang Anda disimpan di bank yang rentan terhadap devaluasi.


Kelebihan Investasi Emas #3 Modal Kecil

Kelebihan utama investasi emas yang paling dicari orang adalah karena modalnya yang sangat keci. Sehingga investasi ini sangat cocok untuk semua orang baik pemula atau investor tetap.

Selain itu, mudahnya membeli emas memudahkan Anda untuk terus menerus menambah modal investasi secara berkala jika Anda memiliki uang lebih. Karena investasi modal kecil, investasi emas digemari para mahasiswa, karyawan maupun ibu rumah tangga.


Kelebihan Investasi Emas #4 Mudah Likuid

Kelebihan lain yang sangat membedakan antara investasi emas dengan tanah adalah kemudahannya dalam penjualan atau mudah likuid. Tempat menjual emas pun sangat banyak dan mudah dijangkau jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana cepat untuk keperluan mendadak.


Kelebihan Investasi Emas #5 Nilai Tukar Emas Sama

Jika Anda berinvestasi pada properti maupun valas atau uang asing, harganya akan fluktuatif tergantung lokasi properti atau valas Anda berada. Namun berbeda dengan emas, harganya akan selalu sama dimanapun Anda berada.


Kekurangan Investasi Emas #1 Kenaikan Harga Lambat

Investasi emas juga dikenal sebagai investasi safe heaven karena aman. Namun, emas lebih cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang karena pergerakan harganya yang lambat, terlebih lagi jika kondisi perekonomian dunia sedang stabil. Berbeda dengan investasi tanah yang dapat Anda tentukan nilai jualnya.


Kekurangan Investasi Emas #2 Butuh Penyimpanan Khusus

Investasi fisik seperti emas logam mulia maupun perhiasan emas tentulah membutuhkan tempat penyimpanan khusus agar terhindar dari kerusakan maupun kehilangan. Namun kini juga banyak pilihan metode penyimpanan emas seperti deposit box maupun di pegadaian.


Kesimpulan :

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, investasi tanah maupun emas sama-sama memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Anda harus lebih jeli mempertimbangkan mana yang lebih baik dan lebih cocok untuk Anda maupun kondisi keuangan Anda.

Namun, jika Anda ingin berinvestasi emas, ingat untuk selalu membeli emas investasi di tempat yang aman dan murah seperti di toko emas Galeri24 milik PT.Pegadaian. Dan kini, membeli emas di Galeri24 pun lebih mudah melalui situs resmi www.galeri24.co.id

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥