Serba-Serbi Sertifikasi Berlian yang Sebaiknya Anda Ketahui

Sertifikat berlian seolah sebuah surat sakti yang bisa menentukan hampir segala hal mengenai berlian belian Anda. Tanpa sertifikat berlian yang diterbitkan lembaga kredibel, batu mulia Anda mungkin saja dianggap palsu. Sudahkah Anda mengetahui apa itu sertifikat berlian dan mengapa Anda bisa mempercainya?


Jika belum, yuk simak paparan berikut. Mengetahui tentang serba-serbi sertifikasi berlian akan sangat membantu Anda di masa depan, khususnya jika Anda berniat untuk terjun ke dunia kolektor batu dan logam mulia atau bahkan berinvestasi.

1. Apa itu Sertifikasi Berlian?

Baik sintetis maupun natural, jumlah berlian sangat sedikit di dunia ini. Dan untuk membedakannya dengan yang palsu, diperlukan proses sertifikasi untuk menentukan kualifikasi sebuah berlian. Nah, untuk itulah berlian yang terbit di pasaran harus disertai sertifikat yang merinci informasi mengenai keabsahan berlian tersebut.

Setiap berlian yang masuk laboratorium kemudian akan diteliti secara mendalam hingga menemukan rincian informasi yang konsisten dan dapat diandalkan. Di antaranya adalah mengenai 4C berlian tersebut (cut, clarity, color, cut), juga proporsi, hasil akhir, treatment yang telah diberlakukan (apakah hanya pemolesan alami dari intan di perut bumi ataukah hasil pematangan karbon di laboratorium). Tingkat inklusi alias kecacatan juga turut diukur di sini. Dan tahukah Anda? Hanya 1% berlian di dunia ini yang pernah dinilai tanpa cacat. Harganya pun, sudah pasti mahal.

Yang unik dari berlian adalah seperti sidik jari manusia, tidak ada berlian yang persis sama di dunia ini. Jadi, sertifikat ini sangat penting guna menentukan karakteristik berlian Anda.

2. Berbagai Lembaga yang Menangani Sertifikasi Berlian

Lalu, lembaga apa saja yang menangani sertifikasi berlian?

Jawabannya, ada beberapa. Kesemuanya adalah lembaga independen yang tidak terikat kepentingan pribadi dengan organisasi-organisasi pemerintahan. Ini dinilai untuk menghindari monopoli dan manipulasi data untuk kepentingan politis.

Lembaga yang paling terpercaya sehingga banyak digunakan sebagai rujukan adalah GIA (Gemological Institute of America). Menjadi pelopor penilaian berlian pada tahun 1940-an, GIA menciptakan cara yang terbukti konsisten untuk menggambarkan berlian dengan terminologi yang akuntabel.

Ada dua jenis sertifikat yang diterbitkan GIA, yaitu GIA Diamond Grading Report dan Diamon Dossier. Diamond Grading Report menyediakan informasi rinci, hasil periksa lab tentang bentuk, kejernihan, warna, potongan, berat karat, proporsi, hasil akhir dan treatment laboratorium. Rincian tentang inklusi yang mempengaruhi kecacatan berlian juga termaktub di sini.

GIA Diamond Dossier, sementara itu, adalah laporan yang lebih lengkap. Format laporan ini tersedia untuk loose diamond antara 0,15 dan 1,99 karat.

Yang paling penting, GIA juga akan menuliskan nomor identifikasi pada korset berlian. Nomor ini hanya bisa terlihat dengan pembesaran 10 kali lipat, dan sama dengan yang ada pada sertifikat penilaian. Fungsinya, adalah sebagai penanda bahwa itu berlian Anda; satu-satunya di dunia ini.

Yang kedua adalah American Gem Society (AGS). Titik penting dari sertifikasi oleh AGS adalah Performance-Based Cut Grading System. Kunci evaluasi dari AGS ada pada cahaya yang bergerak melalui berlian diteliti tingkat pancarannya. Dari situ kemudian ditentukan apakah berlian terlihat cerah, kusam atau berkualitas medioker.

Laboratorium AGS menerbitkan beberapa laporan penilaian. Akan tetapi, yang paling umum adalah Diamond Quality® Document, yang merinci detil potongan, warna, kejernihan, berat karat disertai dengan profil yang menunjukkan pengaturan facet dan detail inskripsi suatu berlian.

Yang terakhir adalah IGI (International Gemological Institure). Institut penilai independen ini punya cabang di New York City dan Los Angeles. Tersedia juga di Antwerp, Bangkok, Mumbai, Tokyo, Dubai dan Toronto.

Staf IGI berisi para hli permata yang piawai menganalisis masing-masing berlian. Hasilnya, adalah deskripsi yang akurat tentang karakteristik setiap batuan berharga mulai dari warna, kejernihan, berat karat, bahkan kualitas potongan.

Rincian informasi tersebut lalu disimpan dalam basis data komputer IGI. Inilah kelebihannya, agar Anda bisa meminta pembaruan laporan jika diperlukan.

Selain itu, IGI tidak terbatas pada berlian. IGI juga menawarkan sertifikat batu permata berwarna, kursus pendidikan berlian, dan layanan laser inskripsi bagi Anda yang membutuhkan.

Nah, sudah tidak bingung lagi mengapa berlian harus terbit bersama sertifikat, ‘kan?

Sangat penting untuk membeli perhiasan yang terbukti legal. Dan, di mana lagi Anda bisa menemukannya jika tidak membeli di tempat yang terpercaya? Galeri 24 contohnya, sebagai anak langsung PT. Pegadaian yang berkomitmen menyajikan berlian perhiasan terbaik bagi kebutuhan gaya dan investasi Anda.

Anda bisa mengecek langsung katalognya di galeri24.co.id, atau mengunjungi outletnya di kota terdekat.

290 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥