• Edmund Andriano

Serba-Serbi Si Berlian Kuning Fancy Color yang Langka

Diperkirakan jumlahnya hanya satu berbanding 10 ribu dengan warna lain, berlian kuning yang juga disebut fancy color diamond ini termasuk kategori amat langka. Tak heran, banyak orang yang memburunya. Harganya pun selangit. Baik untuk investasi maupun untuk kebutuhan gaya sehari-hari, sebaiknya Anda mengetahui beberapa fakta berikut sebelum membeli berlian fancy color.



Berlian kuning terkenal karena cahaya warna kuning keemasannya yang mewah. Bayangkan memiliki perhiasan palladium atau emas putih yang dipadu dengan berlian secantik ini, pasti memikat. Sayangnya, perminatan pasar yang tinggi juga menjadi lahan basah bagi para penipu untuk melancarkan aksinya dan mengedarkan berlian palsu tanpa sertifikat. Anda yang berminat pada batu cantik ini harus ekstra hati-hati.


Gradasi Si Berlian Kuning

Menurut tes laboratorium, berlian fancy color punya gradasi kuning yang berbeda-beda. Kita bisa mengklasifikasikan intensitas warna pada berlian kuning tersebut dengan nama-nama ini; Vivid Yellow yang merupakan warna berlian kuning paling langka karena cahaya kuningnya yang kuat memancar, Intense Yellow, Fancy Yellow, dan terakhir Light Yellow.

Masuk ke toko perhiasan, pramuniaga biasa menyebutnya dengan istilah awam berlian kuning kecoklatan atau warna kekuningan lainnya. Mengetahui itu, pastikan berlian kuning yang Anda pilih sudah sesuai dengan keinginan Anda.


Tidak Selalu Lebih Mahal daripada Berlian Bening

Jawabannya adalah tergantung dari intensitas warna berlian itu sendiri. Jika Anda membeli berlian kuning dengan skala warna Vivid Yellow atau Intense Yellow tentu harganya akan lebih mahal dibandingkan berlian tanpa warna, karena kedua berlian kuning tersebut termasuk yang paling langka diantara skala warna kuning lainnya.


Sama halnya dengan berlian tanpa warna, harga berlian kuning pun ditentukan berdasarkan berat carat dan kejelasan/clarity dari berlian tersebut. Terkadang, inklusi pada berlian warna (kuning) hampir tidak terlihat karena tertutupi oleh warna berlian itu sendiri, berbeda dengan berlian tanpa warna dimana inklusi terlihat jelas.

Diamond Cut yang Cocok untuk Si Berlian Kuning

Dalam hal ini, si berlian kuning mirip dengan berlian tanpa warna. Artinya, potongan seperti apapun cocok untuk si cantik ini. Pasalnya, warna aslinya sudah cukup memikat perhatian dalam sekali pandang. Potongan yang populer dipilih orang adalah round cut dan emerald cut, karena membiarkan sisi-sisinya tetap teraksentuasi bisa membuat cahaya jatuh sempurna ke sekujur berlian.

Model Cincin yang Patut Diperhitungkan untuk Berlian Kuning

Yang menarik, berlian kuning dapat Anda kreasikan dengan model cincin seperti apapun. Misalnya saja Anda memilih model cincin halo dengan berlian kuning dengan ukuran sedikit lebih besar di tengah dan berlian kuning kecil-kecil yang mengelilingi berlian utama. Dalam setting trinity, Anda juga bisa meletakkan dua berlian kuning untuk mengapit satu berlian kuning di tengah-tengahnya.


Warna si berlian yang sudah asli cantik membuatnya elok dimodel seperti apa pun, sehingga Anda tidak perlu risau akan hasilnya.

Jika Anda berniat membeli berlian maupun perhiasan berlian fancy color, jangan percayakan uang Anda pada toko perhiasan yang tidak tersertifikasi. Hanya di Galeri 24 Anda bisa mendapatkan perhiasan kualitas tinggi yang telah lolor sertifikasi, terjamin keamanannya, dan bisa dipertanggung jawabkan.


Galeri 24 adalah anak cabang langsung PT. Pegadaian Indonesia yang ditunjuk untuk menangani penjualan emas. Komitmen berpuluh tahun telah mengantarkan Galeri 24 menjadi toko perhiasan paling dipercaya masyarakat. Tersedia pula ragam emas ANTAM dan UBS bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi, atau mendapatkan kabar-kabar terbaru mengenai perhiasan dan investasi. Cek langsung hanya di galeri24.co.id.



0 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥