Tahukah Anda Mengapa Cincin Menjadi Simbol Pernikahan? Ini Dia Sejarahnya


Pernahkah terpikir oleh Anda mengapa cincin dijadikan sebagai simbol pernikahan? Berikut adalah sejarah lengkapnya dengan fakta-fakta menarik, yang membuat cincin menjadi icon wajib dalam sebuah pernikahan.


Sejarah Cincin Kawin #1 Asal Mula

Firaun, raja di zaman Mesir kuno adalah orang pertama yang menetapkan bahwa lingkaran adalah simbol dari pernikahan. Namun, cincin baru digunakan sebagai simbol pernikahan pada zaman kekaisaran romawi.


Sejarah Cincin Kawin #2 Tradisi Tukar Cincin

Tradisi tukar cincin pernikahan pertama kali diperkenalkan oleh gereja Yunani Orthodox pada tahun 1300-an. Wah, ternyata tradisi pertukaran cincin pernikahan sudah berusia ratusan tahun, ya!


Sejarah Cincin Kawin #3 Bahan Cincin

Pada zaman Mesir kuno, cincin terbuat dari tanaman papirus dan alang-alang yang dianyam. Lama-kelamaan, cincin dibuat dari bahan yang memiliki kandungan besi tinggi.

Namun, bahan besi menjadikan cincin menjadi berat dan kurang indah. Oleh karena itu, emas dipilih menjadi bahan baku utama cincin karena lebih ringan, mudah dibentuk dan cocok bila dipadukan dengan batu permata.


Sejarah Cincin Kawin #4 Filosofi Lingkaran

Tahukah Anda mengapa Firaun menetapkan cincin kawin berbentuk lingkaran sebagai simbol pernikahan?

Bentuk lingkaran adalah simbol keabadian. Lingkaran tidak memiliki akhir atau ujung. Hal tersebut memiliki harapan agar hubungan pernikahan itu juga bisa abadi tanpa adanya perceraian.

Sedangkan lubang di tengah cincin diibaratkan sebagai pintu menuju kehidupan baru. Jadi, cincin bentuk lingkaran berarti awal kehidupan baru sebagai pasangan suami istri sampai akhir masa.


Sejarah Cincin Kawin #5 Penghias Cincin

Setelah cincin kawin sudah menggunakan emas sebagai bagan utama, batu ruby adalah penghias cincin kawin mula-mula. Warnanya yang merah dianggap mewakili warna hati.

Selain batu ruby, batu safir juga menjadi simbol penghias cincin pernikahan yang populer karena dianggap mewakili surga. Namun, penghias cincin pernikahan yang paling populer adalah berlian.

Berlian merupakan batu yang kuat dan hampir tidak dapat dihancurkan. Berlian menambah makna bahwa hubungan pernikahan yang berlangsung tidak dapat dihancurkan oleh orang lain atau kondisi selain kematian.

Nah, ternyata cincin sebagai simbol pernikahan itu sudah ada dari ribuan tahun yang lalu. Untuk itu, jangan salah dalam memilih cincin kawin yang pas. Selain model dan harga, membeli cincin kawin harus di toko yang tepat.

Toko cincin dan toko perhiasan yang baik haruslah menyediakan cincin kawin dengan jaminan karatase dan model yang indah dan banyak pilihan.

Seperti Galeri24 dari PT.Pegadaian yang memberikan banyak pilihan cincin kawin untuk Anda, yang bisa dibeli di banyak toko / distro se-Indonesia maupun dengan cara online di www.galeri24.co.id

31 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥