• Galeri24

Tak Kusam Lagi, Seperti Inilah Rahasia Bersihkan Liontin Emas

Perhiasan emas sejak dulu hingga saat ini memang tetap dan akan selalu jadi idola perempuan. Mau dalam bentuk cincin, gelang, anting bahkan kalung, emas selalu memikat. Termasuk liontin emas yang dalam perkembangannya tetap tidak bisa digeser dan jadi salah satu perhiasan favorit kaum perempuan, terlepas dari berapapun jenjang usianya.


Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa liontin emas sangat memikat? Tak lain karena tampilan liontin yang dianggap lebih elegan dan mewah, jika dibandingkan kalung biasa. Liontin biasanya tampil dengan hiasan atau bandul dalam sebuah kalung, yang semakin menguatkan nilai kalung tersebut. Tak heran kalau akhirnya liontin sering digunakan dalam berbagai peristiwa penting nan berkesan.


Cara Mudah Hilangkan Kusam dari Liontin

Kendati disebut sebagai logam mulia yang tidak bisa berkarat, tetap saja perhiasan emas memiliki peluang menjadi kusam. Biasanya kusam ini disebabkan oleh kotoran yang menumpuk. Apalagi kalau Anda mengenakan liontin ke tempat kerja dan harus menggunakan fasilitas umum, kotoran entah debu, asap kendaraan, cairan parfum, keringat, hingga asap rokok adalah sesuatu yang sulit dihindari.


Tak perlu cemas, karena liontin emas Anda bisa kembali berkilau jika tahu bagaimana cara membersihkannya. Jika tak mau yang ribet, Anda bisa memakai pembersih khusus perhiasan yang sudah disediakan oleh toko-toko perhiasan. Anda bisa memilih pembersih untuk perhiasan emas entah berbentuk cairan atau benda padatnya.


Jika tidak menemukan pembersih khusus perhiasan, Anda bisa memanfaatkan benda yang umum ditemukan sehari-hari. Contohnya seperti sabun cuci piring cair yang dicampurkan dengan air soda hangat. Tinggal direndam saja pada air campuran itu selama 15 menit, Anda bisa menggosok lembut permukaan liontin untuk menghilangkan noda yang menempel.


Merasa sabun dan air soda hangat kurang maksimal? Maka Anda dapat memanfaatkan amonia untuk menghilangkan kusam pada liontin kesayangan. Hanya saja pembersihan dengan liontin ini cuma dapat dilakukan sesekali saja lantaran dikhawatirkan dapat merusak logam lain dalam campuran liontin seperti platinum, bahkan batu mulia yang ada.


5 Cara Merawat Liontin Emas

Nah, jika Anda sudah tahu bagaimana menghilangkan kusam pada perhiasan emas, maka yang tidak kalah wajib diketahui adalah cara merawat perhiasan itu supaya senantiasa awet. Apalagi kalau liontin itu adalah sebagai pemberian dari pasangan, tentu harus dijaga sepenuh hati, supaya bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Seperti apa cara merawat liontin? Berikut rahasianya:


1. Pastikan Anda memilih cairan pembersih perhiasan emas yang tepat. Seperti yang sudah diulas sebelumnya, Anda dapat memanfaatkan benda sehari-hari jika dirasa harga cairan pembersih perhiasan emas cukup mahal.


2. Usahakan untuk tidak pernah membersihkan perhiasan emas dengan air panas mendidih. Kenapa? Karena bisa saja membuat logam memuai hingga menghilangkan lapisan lem pada liontin, terutama yang berhiaskan batu mulia.


3. Sebisa mungkin melepas liontin ketika mandi atau tengah menggunakan make-up supaya liontin tidak terkena cairan kimia yang bisa membuat kilaunya pudar.


4. Simpan liontin di tempat yang nyaman, tidak menempel satu sama lain dengan perhiasan lain. Disimpan secara rapi akan membuat liontin awet dan tak perlu cemas rantainya saling terbelit dengan kalung lain.


5. Pastikan Anda memakai liontin dalam momen yang benar-benar spesial. Karena penggunaan perhiasan setiap hari justru bisa memicunya cepat rusak.


Tips Beli Liontin yang Tepat

Sebuah liontin emas yang tepat tentu akan memberikan kesan sangat istimewa bagi penampilan Anda, meskipun mungkin harga liontin itu cukup terjangkau dan berdesain sederhana. Hal ini jauh lebih baik daripada membeli liontin berbahan emas dengan hiasan berlian mahal, tapi desainnya tak cocok.


Bagi Anda yang hendak membeli liontin yang terbuat dari emas, beberapa tips berikut ini bisa dipertimbangkan:

1. Sesuaikan Ukuran Liontin

Tips pertama dalam memilih liontin emas adalah mempertimbangkan ukuran liontin itu sendiri. Saat ini liontin pada kalung emas tersedia dalam banyak ukuran entah besar atau kecil. Ada baiknya Anda memilih ukuran liontin yang sesuai dengan kegiatan yang hendak didatangi, entah acara formal atau non formal.


Jika Anda menghadiri event pesta formal dan mengenakan gaun sangat cantik yang memperlihatkan potongan leher dan bahu, tak ada salahnya menggunakan liontin dengan ukuran sedikit lebih besar. Namun untuk kebutuhan sehari-hari, pilih saja liontin berukuran kecil dengan bandul nama atau token mungil yang sederhana.


2. Pilih Model yang Tepat

Sama seperti cincin, gelang hingga anting-anting, liontin emas mempunyai banyak sekali model. Jika Anda ingin mengenakan liontin itu dalam jangka panjang, usahakan mencari model yang tak terlihat old, tapi justru tampil everlasting. Sehingga dengan begitu Anda masih bisa mengenakannya dalam waktu 3-5 tahun ke depan.


Membeli liontin dengan model keluaran terbaru memang bisa jadi solusi, tapi lagi-lagi sesuaikan dengan bentuk leher srta bahu. Anda yang mempunyai leher besar, ada baiknya tak memakai model liontin dengan ukuran pendek. Begitu pula jika ukuran bahu cukup lebar, pilih liontin yang cukup panjang dengan bagian bawah melebar.


3. Gunakan Jenis Emas yang Cocok

Hal berikutnya yang sangat penting dalam pemilihan liontin emas adalah memilih jenis emas yang cocok. Sekadar informasi, kebanyakan emas yang digunakan dalam perhiasan bukanlah emas murni 24K, karena teksturnya terlalu lembut. Mayoritas emas-emas yang dipakai dalam perhiasan adalah emas 18K yang berarti mengandung 75% emas.


Lantaran 75% emas, tentunya perhiasan itu menggunakan logam tambahan lain entah perak, tembaga, paladium, nikel dan lain-lain. Hal inilah yang akhirnya menimbulkan jenis emas putih, emas kuning hingga emas rose gold. Tentunya perhiasan emas campuran ini harganya tidaklah semahal emas batangan murni 24K.


Lantaran jenis emas untuk perhiasan cukup beragam, pastikan Anda membeli emas yang cocok untuk kulit. Mereka dengan kulit gelap akan makin menonjol jika memakai emas kuning. Kemudian pemilik kulit kuning langsat, bisa menarik dengan emas putih. Sementara kalau kulit Anda cukup terang, pakai perhiasan emas rose gold.


4. Pertimbangkan Harga

Tips terakhir saat hendak membeli liontin emas adalah melakukan pertimbangan harga. Boleh-boleh saja Anda membeli liontin emas 18K yang berhias bandul berlian dan berharga fantastis, tapi pastikan itu sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai karena ingin beli perhiasan mewah, keuangan jadi bermasalah.


Lantaran dalam hal merawat dan membersihkan liontin emas tidaklah sulit sama sekali, Anda tentu bisa mempertimbangkan untuk memiliki liontin sebagai salah satu perhiasan favorit. Asalkan cocok dengan penampilan, Anda bisa memiliki liontin itu.


389 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥