Tentang Berlian Baguette Cut, Potongan Samping yang Tidak Boleh Diremehkan


Pipih dan tidak berkilauan, baguette cut dalam potongan berlian dan batu muia lainnya sering diremehkan dalam kancah dunia perhiasan karena bentuknya yang kurang menarik sebagai batu utama. Tapi siapa sangka, baguette cut memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga agar beberapa jenis perhiasan tetap bersinar prima. Sebenarnya, apa itu baguette cut dan mengapa sangat penting?


Fakta #1: Baguette Cut Termasuk Marga Step Cut

Ditilik dari bentuknya, baguette cut termasuk ke dalam marga potongan perhiasan bermodel step cut. Ini adalah payung istilah untuk jenis potongan berlian atau permata yang berbentuk segi empat, pipih dan bersudut-sudut tajam, dengan sisi-sisi sejajar seperti teras.

Termasuk ke dalam golongan step cut juga adalah berlian emerald dan asscher cut. Akan tetapi, dibanding dua jenis tersebut emerald cut tergolong kurang populer dan berharga murah.


Fakta #2: Mirip, tapi Berbeda dengan Emerald Cut

Jika dilihat sekilas berlian baguette cut mirip dengan emerald cut. Akan tetapi, ada beda mendasar di antara keduanya. Emerald cut punya karat yang lebih tinggi disbanding baguette cut. Sebagai gambaran, emerald cut biasa punya 51-58 faset, sedangkan baguette cut hanya 17.

Terbayang bukan? Bahkan dengan 58 faset, emerald cut dikenal memiliki tingkat kilau dan kejernihan yang rendah. Karena itulah, baguette cut lebih rendah lagi. Baguette cut sangat tidak disarankan sebagai batu utama karena sifatnya yang pipih gampang membiaskan inklusi alias “keretakan” di bagian dalam permata. Jika ada bias atau noda warna yang cacat di dalam tubuh berlian, akan hampir langsung terlihat dengan mata telanjang dibandingkan dengan batu emerald cut, lebih-lebih round cut.


Fakta #3: Baguette Cut Lebih Sering Menjadi Batu Samping

Meskipun begitu, baguette cut masih populer sebagai pelengkap cincin atau ornament. Caranya adalah dengan menempatkannya sebagai batu samping. Posisinya amat penting, karena bisa membuat desain cincin, bros, atau batuan anting yang “tinggi” semakin berdimensi dan berkilauan dilihat.


Fakta #4: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Baguette Cut

Karena sifatnya yang pipih, Anda jarang bisa membeli baguette cut sebagai batuan utama dalam suatu perhiasan. Ada pun, Anda harus berpuas dengan perhiasan dengan berlian atau permata yang tidak berkilau, pipih dan mungkin membosankan bagi sebagian orang. Meski begitu, beberapa settingan seperti pipih yang berjajar bisa menonjolkan kilau baguette cut.

Lebih seringnya, Anda akan mendapati baguette cut sebagai batu samping bagi batuan angular lain seperti emerald cut. Yang harus Anda perhatikan, pilihlah perhiasan baguette cut dengan batu pusat yang sewarna dengan baguette cut tersebut. Jangan sampai mengambil perhiasan baguette cut safir, akan tetapi permata pusatnya berwarna ruby.

Tak kalah penting adalah memilih logam rangka dengan warna yang tepat sehingga kilau konstan baguette cut semakin nyaman dipandang. Dan tentunya, memiliki karat yang baik.

Nah, siap membeli perhiasan berlian dengan baguette cut impian Anda?

Agar semakin yakin, tidak ada salahnya mempercayakan emas dan berlian Anda pada perusahaan yang paling ahli dibidang perhiasan dan terpercaya.

Galeri24 misalnya, adalah anak perusahaan langsung dari PT. Pegadaian yang ditunjuk untuk menangani jual-beli logam mulia tipe antam (aneka tambang) dan UBS. Outlet Galeri24 tersebar hingga 50 cabang di sepenjuru Indonesia.

Jika Anda lebih memilih internet transaction, Galeri24 juga bisa diakses di websitenya, Galeri24.co.id, yang selalu menawarkan katalog perhiasan paling cantik dan mutakhir untuk investasi maupun kebutuhan gaya Anda.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥