©2019 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥

Tertarik Memberli Cincin Heart Cut Diamond? Baca Dulu Ini

Dari Nicki Minaj hingga Gwen Stefani, cincin heart cut diamond kembali populer di antara para pesohor dunia. Desainnya yang unik sekaligus manis memang paling cocok untuk dijadikan icon hari-hari spesial seperti pertunangan. Tapi sebelum membeli, ada baiknya Anda mengetahui fakta-fakta tentang cincin heart cut diamond di bawah ini.


Cincin Heart Cut Diamond #1 Paling Sulit Dibuat

Karena bentuknya yang harus presisi, berlian berbentuk hati adalah salah satu potongan paling sulit untuk dikerjakan. Butuh tangan yang terampil dan mata pengrajn yang teliti untuk memastikan kedua bagiannya simetris sempurna dan sama besar. Jika tidak begitu, tampilannya akan terlihat janggal.

Sederhananya, potongan heart cut diamond memang mirip pear cut. Tapi, sebidang potongan tajam ditambahkan bagian atas dan masing-masing sisi melengkung ke bawah menuju ujungnya yang runcing.

Yang membuat kilasan cahaya pada berlian heart cut terlihat cantik adalah efeknya. Lazimnya, cahaya yang melewati batu melemparkan bayangan ke bagian tengah batu saja, tetapi pemotong yang terampil dapat mengurangi ini dengan mengubah sudut-sudut segi sehingga seluruh bagian batu terlihat memancar.

Jelas sudah, ini adalah potongan berlian paling romantis untuk cincin tunangan dan terlihat memukau dalam pengaturan klasik seperti solitaire. Atau bisa juga dibingkai susunan berlian pavé untuk memberinya lapisan tambahan kilau.


Cincin Heart Cut Diamond #2 Punya Nilai Historis

Berpikir heart cut diamond adalah desain baru yang trending baru-baru ini saja? Nanti dulu. Sekitar 1463, Duke of Milan, Galeazzo Maria Sforza, dan Nicodemo Tranchedini di Pontremoli mulai mengembangkan tipe potongan ini—tentu dengan peralatan gemologist masa itu yang masih seadanya.

Ketika prototipe mulai disebarluaskan seratus tahun kemudian, banyak pengrajin yang meniru. Sekitar 1560-an, Mary, Queen of Scots menghadiahi Elizabeth I dari Inggris cincin emas dengan berlian heart cut. Ini kemudian mengukuhkan posisi diamond heart cut sebagai “potongan berlian ala kerajaan".

Bertahun-tahun setelahnya, berlian berbentuk hati timbul-tenggelam sebagai cincin tunangan, cincin hadiah, cincin kecantikan, dan sebagainya baik di kalangan kerajaan maupun bukan. Yang jelas, pamornya selalu turun-naik, tapi tidak pernah menghilang.


Cincin Heart Cut Diamond #3 Berat dan Bentuk Hati yang Spesifik

Karena karakteristik berlian yang sulit untuk dilihat detail celah dan titiknya, berlian untuk heart cut diamond mesti bernilai 0,5 ke atas. Celah batu harus tajam dan jelas dan sayap berlian harus memiliki bentuk sedikit bulat, karena jika tidak begitu cahayanya bisa tidak keluar.

Bingkai atau setting 3 prong disarankan untuk menonjolkan keunikan berlian satu ini. Idealnya, rasio terbaik dari panjang ke lebar harus 1-1 hingga 1-1.10 (tidak lebih dari 10% lebih lebar atau lebih panjang dari sisi lainnya). Keseimbangan adalah kunci dari berlian satu ini.


Cincin Heart Cut Diamond #4 Cocok untuk Anda yang Unik dan Menonjol

Cincin heart cut diamond yang unik ini sangat pas bagi calon pengantin yang unik, menonjol, menyukai perhatian, dan berani tampil beda. Mengenakan cincin dengan desain yang lain dari yang lain akan membuat kepercayaan diri mereka semakin memancar.

Jangan lupa, gunakan heart cut diamond dengan sisi tajam menghadap ke jemari, agar tangan Anda terlihat semakin lentik dan manis.

Nah, apa lagi yang menghalangi Anda untuk membeli cincin cantik satu ini untuk pertunangan?

Anda bisa menemukan ragam perhiasan heart cut diamond paling cantik di Galeri 24. Cek katalognya website galeri24.co.id, dan pilihlah perhiasan kesayangan Anda di antara jajaran perhiasan paling berkualitas dengan harga bersaing. Karatasenya sudah terjamin dan lolos standar mutu dari para gemologist dunia.

1 view