• Galeri24

Terungkap, Inilah Alasan Kenapa Harga Berlian Sangat Mahal

Dalam industri perhiasan, harga berlian memang bisa dianggap sebagai yang termahal. Bahkan logam mulia sekalipun seperti emas, tak akan bisa bersaing dengan berlian berkualitas yang dibanderol dengan harga sangat fantatis. Karena hal inilah, berlian menjadi pilihan banyak perempuan untuk mempercantik diri sekaligus investasi.


Apalagi kalau berlian yang dimaksud punya karakteristik sempurna secara fisik, harganya jelas luar biasa fantastis. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya, sebetulnya apa penjelasan harga berlian yang luar biasa mahal itu? Bahkan saking luar biasanya, orang-orang kaya tak segan menggelontorkan uang ratusan juta hingga miliaran rupiah.


Hal-Hal yang Membuat Harga Berlian Melambung

Perjalanan berlian sebagai penguasa dari seluruh batu permata di dunia dan diburu banyak orang, bukanlah sesuatu yang singkat. Menurut salah satu pakar berlian di Indonesia yakni Devi Chayadi, GG, AJP, awalnya berlian yang berasal dari intan ini ditemukan di India. Berawal dari itu, tambang-tambang intan pun ditemukan di beberapa benua di dunia.


Sekitar tahun 1400-an, batuan intan ini mulai dikenal oleh masyarakat Eropa dan menjadi aksesoris favorit. Selama tiga abad berjalan, batuan intan terus diburu hingga pada tahun 1800, ditemukan batu permata bernama Star of South Africa dengan harga yang cukup fantastis.


Waktu terus berjalan, baik intan dan berlian pun tetap mampu mempertahankan kesan mewah. Lantas apa sebenarnya yang membuat harga berlian bisa sangat mahal? Berikut ulasannya:

1. Proses Pembentukan Batuan Intan

Secara mudahnya, intan merupakan berlian yang belum diasah dan dipoles sedemikian rupa. Sebagai batuan mineral alami, intan terbentuk jauh di perut bumi sekitar 1.400 kilometer di bawah permukaan laut. Dengan tekanan di dalam perut bumi yang mencapai 60 ribu kilobar, butuh proses jutaan tahun lamanya hingga karbon alami itu jadi intan.


Melalui pergerakan inti bumi pula, batuan intan terdorong naik hingga ke permukaan dan ditemukan manusia. Proses terbentuknya intan yang sangat alami dan butuh waktu luar biasa panjang inilah menjadi penyebab utama kenapa harga berlian sangat mahal, jauh lebih fantastis daripada logam mulia.


2. Pengolahan Intan Jadi Berlian

Perjalanan untuk menjadi perhiasan jelas tak berhenti saat batuan intan ditemukan di tambang. Agar bisa menjadi berlian yang berkilau luar biasa cantik, intan haruslah melewati proses pengolahan yang diasah, dipoles dan dipotong. Karena proses ini sangat rumit dan cuma bisa diolah oleh ahlinya, lagi-lagi membuat harga berlian jadi tinggi.


3. Karakteristik Berlian

Bicara soal pembentuan intan, rupanya ini termasuk yang mempengaruhi karakteristik dari berlian itu sendiri. Proses jutaan tahun di perut bumi dan memperoleh tekanan hingga puluhan ribu kilobar, membuat berlian jadi salah satu batu permata terkeras di dunia. Berapa tingkat kekerasannya? Mencapai 10 skala Mohs!


Selain keras, berlian juga mampu bertahan hingga suhu 1300 derajat celcius, yang membuatnya kuat terkena bahan kimia. Namun meskipun luar biasa keras, bukan berarti berlian tak bisa dihancurkan. Berlian memiliki titik lemah yang jika terkena tekanan secara tepat, akan tetap hancur berkeping-keping.


4. Kualitas Berlian

Hal terakhir yang mempengaruhi harga berlian ada pada kualitasnya yang dipengaruhi empat hal utama yakni carat, color, cut dan clarity alias 4C. Karat dalam berlian berbeda dengan karat dalam emas. Jika dalam emas, karat mengacu pada kandungan emas pada perhiasan tersebut.


Sementara karat dalam berlian digunakan untuk perhitungan bobot batuan tersebut. Meskipun sebuah batu berlian punya karat besar, tapi jika masih berbentuk mentah sebagai batuan intan, jelas bisa saja harganya lebih rendah daripada berlian dengan karat kecil, tapi dipotong dan dipoles maksimal hingga menghasilkan kilau sempurna.


Lewat penjelasan di atas, terungkap kalau dalam penentuan harganya, berlian memang lebih rumit daripada perhiasan-perhiasan logam mulia seperti emas atau perak. Emas atau perak yang berharga tinggi mempunyai kadar murni hingga 99%. Hanya saja perhiasan yang terbuat dari emas murni 24K jarang ditemukan karena tekstur emasnya cukup lunak.


Cincin Berlian adalah Investasi Favorit Perempuan

Meskipun memang dengan beberapa alasan di atas menjadikan harga berlian sangat tinggi, batu permata yang satu ini tetaplah jadi primadona. Apalagi jika mengenakan perhiasan berlian, bakal mampu meningkatkan kepercayaan diri dan status diri. Hal inilah yang membuat Galeri24 tetap mengusung berlian sebagai salah satu perhiasan unggulan.


Kalau Anda merasa berinvestasi emas dalam hal perhiasan adalah solusi terbaik, berlian pun tak mau kalah. Berlian bahkan memiliki harga yang cukup stabil dan pangsa pasar tersendiri, sehingga membuat batu permata ini tak terlalu bergejolak di saat terjadi krisis ekonomi. Karena itulah, banyak perempuan makin mempertimbangkan investasi perhiasan berlian.

Bahkan baru-baru ini, Galeri24 mengenalkan seri produk Dinamic yang merupakan cincin berlian dengan konsep inner beauty. Seperti namanya, cincin-cincin berlian dari seri Dinamic diharapkan mampu memaksimalkan kecantikan sejati dari setiap penggunanya. Karena itulah setiap produk Dinamic dibuat sedemikian rupa dengan pemotongan sempurna.


Seperti yang sudah diulas sebelumnya, pemotongan sempurna pada berlian akan membuat batu permata ini bisa memancarkan kilaunya yang sejati. Dinamic sendiri memang menawarkan beberapa model potongan populer seperti round cut, cushion cut hingga oval cut yang tentunya menjadi favorit dari banyak kolektor perhiasan berlian.


Memahami betul bahwa harga berlian memang cukup tinggi, Dinamic mencoba menjadi solusi agar setiap orang bisa memiliki perhiasan berlian. Dengan logam mulia sebagai bahan dasar cincin dan berlian jadi permata utamanya, cincin-cincin Dinamic sangat layak dipilih oleh Anda yang menyukai keindahan elegan yang tetap sederhana.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥