©2019 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥

Tips Anti Rugi Membeli Perhiasan Secondhand


Beli perhiasan secondhand alias bekas? Tak ada salahnya. Lain dengan baju atau kendaraan, perhiasan dari logam dan batu mulia tak mengenal kata usang. Bila ditimbang, jika materialnya bagus, nilainya bahkan bisa naik berkali-kali lipat sebagai investasi. Belum lagi menghitung gelombang tren masa kini yang biasanya seperti mendaur ulang apa yang dulu pernah berjaya.



Keuntungan Membeli Perhiasan Secondhand

Anda yang berburu perhiasan bekas juga mungkin saja menemukan desain-desain vintage yang berhenti diproduksi masa kini. Seperti misalnya kristal Swarovski edisi awal yang kotaknya masih berupa ukiran bunga Edelweiss. Ada banyak kolektor dan sejarawan yang berani merogoh kocek sangat dalam untuk itu.

Selain itu, motif seseorang menjual perhiasannya juga seringkali menguntungkan Anda. Barangkali karena bosan, menghilangkan kenangan buruk, atau sedang membutuhkan uang cepat. Yang manapun, ini berarti perhiasan dalam keadaan baik dan terawat sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitas.

Selain itu, dari sisi ekologis Anda telah secara tidak langsung membantu lingkungan karena telah menggunakan barang yang sudah ada alih-alih menambahkan daftar permintaan ke pabrik-pabrik perhiasan dan pertambangan. Memaksimalkan penggunaan material tanpa meminta produksi baru.


Cara Membeli Perhiasan Secondhand Agar Tak Tertipu

Setelah Anda mantap membeli perhiasan secondhand, tugas selanjutnya adalah menanamkan beberapa hal dalam pikiran agar tidak terjebak membeli dari penjual yang tak bertanggung jawab. Baik Online maupun Offline, ada saja risiko uang Anda jatuh ke tangan yang salah. Bukannya mendapatkan perhiasan bagus, malah rugi.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam membeli perhiasan secondhand agar tak tertipu? Ini dia kunci tipsnya.


1. Perhatikan cap atau hallmark

Cap atau hallmark sangatlah penting.Ada beberpa indikator umum dalam tanda logam, yaitu 9ct (375), 14ct (585), 18ct (750), 22ct (916). Tanda-tanda ini dilekatkan pada emas jenis kuning dan emas putih. Untuk perhiasan perak bekas, barang tersebut akan dicap dengan cap standar: 925.

Beberapa merek, seperti Tiffany & Co. misalnya akan mencap perhiasan mereka dengan hallmark, jadi perhatikan ini saat membeli perhiasan bermerek bekas. Ini juga menentukan mutu dan nilai perhiasan bekas Anda, lho.


2. Cobalah Tes Magnet

Perhiasan emas sangat rawan dipalsukan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menggunakan tes magnet. Emas asli tidak akan menempel pada magnet.

Toko perhiasan terpercaya malahakan menggunakan metode yang lebih ilmiah seperti tes asam atau pistol XRF, yang secara efektif menciptakan X-Ray perhiasan demi mengetahui partikel materialnya.


3. Jangan Abaikan Sertifikat Keaslian

Yang satu ini sering dilupakan saat membeli perhiasan bermutu mahal. Padahal, seringkali perhiasan yang dimiliki sebelumnya dapat datang dengan sertifikat keaslian dari GIA, EGL atau IGI untuk menunjukkan kesahihannya sebagai barang asli berkualitas.

Begitu juga dengan dokumentasi. Dokumentasi yang disertakan dengan barang perhiasan bekas tersebut juga dapat dipalsukan, jadi jangan sampai lengah! Cari kesalahan pengejaan, cantuman angka, teks/cetakan buram atau tata bahasa yang buruk.


4. Beli dari Penjual Terpercaya

Belilah perhiasan Anda hanya dari penjual yang pasti kredibel. Penjual seperti ini biasanya punya reputasi yang bagus, dan juga sejarah perniagaan yang bisa dipertanggungjawabkan. Meski membeli perhiasan emas secondhand memang dapat menguntungkan, tetapi jangan sampai Anda keburu sembrono hanya karena tergiur harganya yang murah!

Dengan tips-tips di atas, Anda bisa mendapatkan perhiasan bekas yang berkualitas dan sebanding dengan anggaran Anda. Nah, sudah tidak takut tertipu lagi, bukan?

Agar semakin yakin, percayakan emas dan perhiasan Anda pada yang paling berpengalaman. Cek katalog Galeri 24 di galeri24.co.id untuk mendapatkan akses ke ragam prhiasan paling cantik dengan harga yang terjangkau. Ada juga informasi-informasi menarik seputar emas dan investasi setiap harinya.

Galeri24 adalah anak perusahaan PT.Pegadaian yang tak hanya menjual beragam perhiasan emas dan berlian, namun juga menyediakan instrument investasi seperti logam mulia.

Kunjungi pula outlet terdekat di kota Anda, jika Anda lebih suka belanja offline. Belanja puas, tanpa waswas bersama Galeri24.

8 views