Kabar Emas
13 Feb 2024

7 Tips Investasi Emas Batangan Buat Investor Pemula

Bagikan
article-cover-images/42a5e111ae0327c9691fdfb21016cd5e

Tips investasi emas batangan - Bagi Investor pemula, Anda harus mengetahui cara investasi emas antam atau batangan yang aman dan juga menguntungkan. Saat ini, aset seperti logam mulia menjadi aset investasi andalan masyarakat sebagai instrumen investasi yang tepat untuk jangka panjang dan lebih dari 5 tahun. Dalam jangka panjang, harga emas juga cenderung selalu naik dan jarang sekali menunjukkan adanya penurunan yang signifikan. Untuk itu, banyak orang yang memilih aset emas ini untuk mempersiapkan investasi keuangan di masa depan.

Saat ini, banyak orang yang menyimpan kekayaan dalam bentuk logam mulia karena harganya yang semakin tinggi di setiap tahunnya. Antusiasme masyarakat dalam melakukan investasi logam mulia ini pun sangat tinggi meskipun harga emas juga ikut mengalami kenaikan. Oleh karena itu pula, Anda juga bisa mengalokasikan dana investasi Anda ke investasi emas antam. Berikut ini merupakan tips investasi yang tepat untuk para pemula.

Menentukan Tujuan Dari Investasi Untuk Tips Investasi Emas Batangan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengenali tujuan keuanganmu. Instrumen investasi emas ini cocok sekali digunakan untuk mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak, biaya liburan, biaya naik haji, atau bahkan tujuan keuangan lainnya di dalam kurun waktu sekitar 5 sampai 10 tahun ke depan. Anda akan bisa mendapatkan sebuah imbal atau hasil keuntungan yang optimal di masa depan. Setelah mengetahui tentang tujuan dari keuangan ini.

Selanjutnya, Anda akan bisa mulai masuk ke tahap dari perencanaan keuangan. Tips investasi emas batangan ini juga perlu dilakukan agar Anda dapat menyesuaikan alokasi gaji yang Anda miliki dengan dana investasi untuk setiap bulannya. Anda juga bisa tahu target yang dibutuhkan untuk melakukan investasi ini. Seperti berapa banyak emas yang harus dikumpulkan untuk tujuan investasi yang Anda lakukan tersebut.

Memantau Perkembangan Dari Harga Emas

Untuk tips investasi emas batangan yang selanjutnya adalah dengan terus memantau harga dari emas. Jika Anda berniat untuk melakukan investasi emas, maka Anda harus memantau perkembangan harga emas. Dalam jangka pendek, harga dari logam mulia ini akan bisa fluktuatif. Aset investasi emas ini tidak pernah mengalami penurunan nilai dengan cara signifikan dan justru cenderung sering naik dalam jangka waktu yang panjang.

Dan disaat terdapat momentum harga emas yang mengalami penurunan, maka itu bisa menjadi waktu yang tepat untuk membeli emas. Kemudian, Anda dapat menjualnya pada saat harga emas atau logam mulia tersebut mulai naik.

Sehingga, jika Anda ingin menabung logam mulia secara rutin, Anda bisa melakukannya tanpa perlu menunggu harga emas turun. Karena Anda akan tetap memperoleh keuntungan yang maksimal dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan berdasarkan data tahunan per 17 Februari 2022, grafik dari harga emas dalam kurun waktu 10 tahun selalu mengalami kenaikan, dan mencapai sebesar 69,29%. Hal ini jelas menunjukkan bahwa aset emas ini sangat menjanjikan jika dijadikan investasi di masa depan, tips investasi emas batangan ini juga sangat penting diperhatikan agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Tips Investasi Emas Batangan Selanjutnya Dengan Mengetahui Kadar Karat Emas

Kadar karat adalah sebuah ukuran untuk tingkat kemurnian emas. Kadar dari logam mulia tertinggi adalah 24 karat. Biasanya, perusahaan logam mulia akan menawarkan produk emas 24 karat dan juga 18 karat. Logam mulia untuk emas batangan yang mengandung 24 karat itu akan memiliki tingkat kemurnian sekitar 99,9%.

Hal ini karena dalam emas tersebut, tidak ada campuran jenis logam lainnya seperti jenis perak, platinum, atau jenis logam lainnya. Sementara dengan itu, emas dengan kadar 18 karat itu mengandung sekitar 75,40 sampai dengan 78,49% dengan sebuah campuran logam lainnya. Pada produk emas Antam, ada sebuah cap khas yang menunjukkan tentang logo perusahaan dan juga tingkat kemurniannya, karena itu mengetahui kadar emas jelas menjadi sebuah tips investasi emas batangan yang perlu diperhatikan.

Membeli Emas Di Tempat Terpercaya

Tips investasi emas batangan yang selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari tempat beli emas yang terpercaya. Bagi para investor pemula, Anda harus bisa memilih tempat transaksi pembelian emas antam di tempat yang terpercaya. Hal ini tentunya untuk menghindari adanya tindak penipuan berkedok investasi. Setiap pembelian dari produknya, Anda juga harus memastikan mendapatkan sertifikat resmi berisi keterangan emas seperti jenis, berat, kadar karat, dan juga kode emas berupa nomor seri khusus.

Dengan adanya sertifikat ini juga akan bisa menunjukkan dari keaslian dan legalitas logam mulia tersebut. Tips investasi emas batangan ini adalah tips yang sangat penting untuk dilakukan. Karena, jika tidak bisa saja Anda mengalami sebuah kerugian karena penipuan. Salah satu tempat untuk membeli emas yang terpercaya adalah di galeri 24, karena Galeri 24 ini adalah anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero di Indonesia. Di Galeri 24 ini Anda juga bisa membeli emas dengan berbagai macam jenis seperti perhiasan ataupun lainnya baik secara offline di toko ataupun online melalui website resminya dan marketplace.

Memilih Ukuran Produk Yang Sesuai Kebutuhan

Tips investasi emas batangan yang selanjutnya adalah dengan memilih ukuran emas yang akan dibeli. Seperti yang diketahui Emas batangan sendiri memiliki jenis dan juga ukuran yang beragam. Tingkat dari kemurnian emas dan juga ukuran produknya juga menentukan rentan besaran harga dari emas tersebut. Semakin besar tingkat dari kemurnian dan juga ukuran dari emasnya, maka akan semakin mahal pula harga dari produk logam mulia tersebut.

Saat ini, bagi para investor pemula sudah bisa memilih ukuran dari produk emas Antam mulai dari harga sekitar Rp 10 ribu atau gramasi 0,01 gram. Bukan itu saja, saat ini juga sudah tersedia marketplace yang juga menyediakan fitur investasi emas dengan harga terjangkau. Sebagai tips investasi emas batangan, jika Anda berniat melakukan investasi jangka panjang, sebaiknya beli emas dengan kadar atau gram yang tinggi karena akan lebih murah. Sedangkan, jika Anda hanya ingin membeli emas untuk investasi jangka pendek, Anda bisa membeli dengan ukuran 1 gram ataupun 2 gram sesuai dengan budget yang tersedia.

Menyimpan Emas Di Tempat Yang Aman

Memiliki instrumen investasi seperti emas ini memang memiliki risiko kehilangan atau bahkan kerusakan yang tinggi. Karena emas merupakan barang yang berharga, bukan hal tidak mungkin jika barang ini akan dicuri, oleh karena itu tips investasi emas batangan selanjutnya adalah tentang Penyimpanan. Untuk hal ini, Anda tentunya harus memiliki tempat penyimpanan logam mulia yang aman. Biasanya, para investor akan menyimpan aset berharga mereka seperti emas di sebuah Safe Deposit Box atau SDB. SDB ini adalah sebuah fasilitas yang disediakan di bank bagi setiap nasabah yang ingin menyimpan emas dan barang berharga lainnya.

Gunakan Brankas Unik Di Rumah

Sedangkan, jika ingin menyimpannya di rumah, Anda bisa menggunakan sebuah brankas di rumah. Gunakan brankas yang aman dan juga memiliki bentuk unik agar tidak mudah dicurigai. Letakkan juga brankas di tempat aman yang jarang dijangkau oleh orang terutama hal umum yang sering dikunjungi pencuri. Tips investasi emas batangan ini juga terbilang penting, sehingga perlu benar-benar diperhatikan.

Sedangkan, jika Anda ingin menyimpan emas Anda di Bank, maka Anda harus menanggung biaya tambahan untuk menyimpannya di SDB. Hal ini cenderung lebih aman karena Anda juga akan mendapatkan jaminan resiko kehilangan dan kerusakan dari bank. Sekian artikel saya, terima kasih.

Pastikan ya, kalau mau beli emas belinya hanya di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!