• Galeri24

Tips Jual Beli Berlian Agar Dapat Untung Melimpah

Mendengar kata perhiasan, mungkin yang terlintas di benak sebagian dari Anda adalah aksesoris mewah yang disukai perempuan. Tidak salah memang. Namun kini berlian bukanlah cuma sekadar perhiasan mewah, melainkan menjadi aset investasi cukup menjanjikan. Anda bahkan bisa untung besar asalkan tahu cara jual beli berlian yang tepat.


Berbeda dengan emas yang bisa dengan mudah diperjual belikan di manapun, transaksi berlian biasanya memiliki pangsa pasar khusus. Karena batu permata yang satu ini memiliki harga jauh lebih mahal daripada emas. Beberapa berlian yang masuk kategori langka bahkan dijual dengan harga puluhan hingga ratusan juta Rupiah per karat.


Bongkahan berlian yang begitu berharga inilah yang membuatnya menjadi simbol kemewahan sekaligus kekayaan. Bahkan kini sejumlah selebritis Tanah Air mulai tertarik melakukan jual beli berlian lantaran peluang untung yang lebih besar, daripada sekadar mengoleksi perhiasan emas atau perhiasan perak.


Alasan Banyak Orang Doyan Investasi Berlian

Berbeda dengan emas, setiap kali bongkahan batu intan (berlian kasar) ditemukan, tentu langsung mengundang banyak pemberitaan. Harga berlian ini bahkan langsung melambung seiring dengan popularitasnya. Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa sih harga berlian bisa luar biasa mahal?


Semua tidak lepas dari proses pembentukan batu permata ini sendiri. Sebelum dikenal sebagai batu berlian yang berkilau luar biasa cantik, berlian adalah intan yang merupakan zat kimia karbon sebagai mineral alami. Mineral-mineral ini melewati serangkaian proses geologi di dalam kerak bumi, sehingga akhirnya ditemukan dalam bentuk bongkahan intan.


Lewat proses yang tepat, intan akhirnya diasah dan dipotong sedemikian rupa hingga menghasilkan berlian. Tentu saja setelah melewati tahapan rumit ini, harga jual beli berlian bakal sangat luar biasa fantastis. Namun jika Anda begitu penasaran kenapa banyak orang kini mulai investasi berlian, ulasan berikut ini sangat tepat untuk dipelajari:


1. Cenderung Aman Dari Inflasi

Di masa pandemi Covid-19 saat ini yang membuat perekonomian dunia benar-benar terguncang, maka masyarakat tentu harus siap jika inflasi terjadi. Dalam kondisi ini, pemilik emas biasanya cukup cemas. Namun jika Anda berinvestasi pada berlian, tak perlu bingung lantaran harga berlian tetaplah sama kendati dunia mengalami inflasi.


2. Harga Tergantung Kualitas

Alasan berikutnya kenapa makin banyak orang ingin melakukan transaksi jual beli berlian adalah batu permata satu ini bisa ’menentukan’ sendiri harganya. Tidak seperti emas yang harga per gram ditentukan pasar dan dikontrol pemerintah, harga berlian tergantung pada kualitas batu ini sendiri.


3. Tak Butuh Perawatan

Satu hal lagi yang membuat investasi berlian sangatlah menyenangkan ialah Anda tak perlu direpotkan pada biaya perawatan. Berlian bahkan menjadi salah satu batu terkeras di alam semesta sehingga sekalipun disimpan bertahun-tahun, fisiknya tak akan rusak yang membuat harganya tetap stabil.


4. Nilai Berlian Meningkat

Tak berbeda jauh dengan logam mulia seperti perak atau emas, nilai berlian bisa meningkat apalagi kalau termasuk langka. Selain itu pula, tingginya permintaan akan berlian dan kualitas keindahan juga bisa membuat nilai berlian terus melambung.


Bagaimana? Cukup paham bukan beberapa alasan yang akhirnya membuat banyak orang makin tertarik melakukan transaksi jual beli berlian? Nah supaya memang Anda bisa meraup keuntungan sesuai harapan, ada beberapa trik khusus dalam investasi berlian yang wajib dipelajari.


Trik Jual Beli Berlian Agar Untung Besar

Di tengah perekonomian serba tidak menentu lantaran wabah corona, memang membuat setiap orang harus berpikir cerdas dalam mengelola aset keuangannya. Termasuk kalau Anda memilih berlian sebagai aset investasi, ada trik tersendiri dalam proses jual beli berlian supaya meraup untung. Seperti apa? Mari simak penjelasannya dari kami:


1. Kenali Dulu Soal Berlian

Agar bisa meraih untung besar dalam investasi berlian, Anda tentu harus tahu terlebih dulu mengenai batu permata yang satu ini. Berlian yang memiliki harga tinggi, jelas mempunyai kualitas terbaik dari segi warna, kejernihan dan karat. Kondisi ini jelas berbeda dengan emas yang harganya berdasarkan kandungan atau kadar.


Karat dalam berlian pun tak sama dengan perhitungan karat pada emas atau perak. Dimana karat pada berlian mengacu pada berat bongkahan batu mulia tersebut. Jika perlu, pastikan berlian yang Anda miliki sudah mempunyai sertifikat keaslian resmi sehingga bakal mempermudah dalam hal jual-beli nantinya di toko perhiasan.


2. Tahu Harga Pasaran

Memang faktanya ada beberapa berlian di dunia ini yang dijual dengan harga puluhan hingga ratusan juta Rupiah. Namun berlian-berlian itu haruslah masuk kategori langka dengan tingkat kejernihan, warna dan karat yang besar. Sehingga kalau Anda menetapkan harga berlian yang dimiliki dengan harga berlian populer, itu jelas tak masuk akal.


Begitu pula saat membeli berlian, beberapa toko perhiasan biasanya menawarkan dengan harga berbeda tergantung kualitasnya. Kondisi ini juga terjadi saat Anda mau jual berlian. Dengan memahami kisaran harga pasaran berlian, Anda tentu tak akan mudah tertipu oleh oknum pedagang atau pembeli.


3. Pahami Waktu Transaksi

Berbeda dengan emas atau perak yang bisa dijual sewaktu-waktu, agar memperoleh harga terbaik, Anda haruslah menjual berlian di waktu yang tepat. Misalkan saja ketika harga beli emas sedang tinggi, Anda bisa menjual berlian koleksi yang nantinya akan memberikan penawaran harga terbaik.


Bagaimana? Sebetulnya tidak sulit bukan dalam jual beli berlian? Asalkan Anda tahu betul mengenai seluk beluk berlian bukan cuma mengaguminya sebagai perhiasan, maka Anda pun bisa memperoleh harga jual atau harga beli terbaik. Dengan begitu Anda bisa meraup keuntungan maksimal melalui berlian.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥