top of page

Tips Membeli Emas Batangan Antam, Agar Cuan dan Tetap Aman


Sumber Gambar: ekbis.sindonews.com


Emas Antam batangan kini mulai banyak dipilih untuk tujuan investasi. Namun, seringkali banyak yang mulai berinvestasi emas Antam tanpa paham lebih dalam sehingga tujuan berinvestasinya terasa samar dan tak berikan keuntungan yang berarti. Untuk itu berikut ini adalah tips membeli emas batangan Antam yang patut Anda pahami sebelum mulai berinvestasi.


Tips Membeli Emas Antam Batangan


Selain mudah ditemukan, nilai emas batangan juga lebih stabil dan tingkat risikonya lebih rendah, sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk berinvestasi. Agar pembelian emas Antam Anda bias memberikan imbal balik yang diharapkan, berikut ini adalah tips membeli emas batangan Antam yang patut Anda simak dan lakukan.


1. Menentukan Tujuan Berinvestasi


Untuk menentukan tujuan berinvestasi emas Antam batang, Anda harus mempertimbangkan tujuan keuangan dalam berinvestasi, preferensi risiko, dan ketersediaan dana. Anda perlu mengidentifikasi tujuan dengan jelas dan menetapkan sejumlah target jangka pendek dan jangka panjang. Target jangka pendek harus realistis dan dapat dicapai dalam jangka waktu yang ditentukan.


Target jangka panjang harus sesuai dengan tujuan keuangan jangka panjang yang ingin dicapai. Setelah tujuan berinvestasi emas Antam batangan sudah ditentukan, Anda perlu mengembangkan rencana investasi yang sesuai untuk mencapai tujuannya. Rencana investasi harus mencakup strategi investasi yang akan digunakan dan jenis aset yang akan diinvestasikan. Setelah itu, Anda harus memilih produk yang tepat dan melakukan investasi. Dengan demikian, Anda dapat mencapai tujuan berinvestasi emas Antam batangan dengan efisien dan sukses.


2. Mengetahui Tingkat Kemurnian Emas


Kemurnian emas batangan adalah persentase jumlah emas murni yang terkandung dalam batangan emas. Kadar kemurnian emas batangan ini penting untuk diketahui agar Anda dapat melakukan perhitungan harga yang tepat.


Tingkat kemurnian emas batangan bervariasi dari satu jenis emas ke jenis lainnya. Secara umum, tingkat kemurnian emas batangan yang dijual di pasar berada di antara 916 dan 999. Tingkat kemurnian 916 atau 22K adalah tingkat kemurnian yang paling banyak dijumpai di pasar. Ini berarti bahwa 92,5% dari emas batangan tersebut terdiri dari emas murni dan sisanya berupa campuran logam lain seperti perak, tembaga, dan nikel.


Sementara tingkat kemurnian 999 atau 24K adalah tingkat kemurnian tertinggi yang dapat ditemukan di pasar. Ini berarti bahwa 99,9% dari emas batangan tersebut terdiri dari emas murni dan sisanya berupa campuran logam lain.


3. Tentukan Ukuran Emas yang Akan Dipilih


Ukuran emas batangan dapat berbeda-beda, dengan nilai yang berbeda pula. Oleh karena itu, sangat penting untuk menentukan ukuran emas batangan yang akan dibeli sebelum berinvestasi.


Pertama, pembeli harus memahami bahwa ukuran emas batangan akan mempengaruhi harga. Semakin besar ukuran emas batangan, semakin mahal harganya. Emas batangan berukuran lebih kecil, misalnya 1 gram, akan lebih murah dibandingkan dengan yang berukuran 100 gram. Oleh karena itu, memilih ukuran yang sesuai dengan anggaran pembeli adalah penting.


Kedua, ukuran emas batangan juga mempengaruhi kemudahan penyimpanan. Ukuran yang besar, misalnya 500 gram, akan lebih sulit untuk disimpan dan dipindahkan. Sedangkan ukuran yang kecil, seperti 1 gram, lebih mudah disimpan dan dipindahkan.


Ketiga, ukuran emas batangan akan mempengaruhi seberapa mudahnya untuk dijual kembali. Dengan ukuran yang kecil, misalnya 0,5 gram, emas batangan dapat dengan mudah dijual kembali kepada investor lain.


4. Pastikan Tempat yang Aman untuk Penyimpanan Emasnya


Menyimpan emas batangan di tempat yang aman penting karena emas merupakan salah satu investasi yang paling berharga secara jangka panjang. Selain itu, emas batangan merupakan bentuk investasi yang cenderung lebih aman dibandingkan dengan investasi lainnya. Karena itu, penting untuk memastikan tempat penyimpanan emas berada di lokasi yang aman dan terlindungi dari perampokan atau kerugian lainnya.


Ketika memilih tempat penyimpanan emas batangan, Anda harus mempertimbangkan sejumlah faktor. Salah satu cara terbaik adalah menyimpan emas di lembaga keuangan atau di lembaga penyimpanan emas. Ini akan memastikan bahwa emas terlindungi oleh sistem keamanan yang kuat dan berfungsi sebagai garansi untuk investasi Anda.


Selain itu, ada beberapa tips lain yang dapat Anda pertimbangkan. Misalnya, menyimpan emas di rumah dapat menjadi pilihan yang aman jika Anda memiliki sistem keamanan yang kuat dan menggunakan penyimpanan yang aman seperti brankas. Jika Anda memilih untuk menyimpan emas di rumah, pastikan Anda menyimpan informasi resmi tentang emas Anda seperti kwitansi, laporan analisis emas, dan lainnya di tempat yang aman dan terlindungi.


5. Beli Emas saat Harganya Turun


Kunci untuk memaksimalkan keuntungan dari berinvestasi di emas Antam batangan adalah membelinya saat harganya turun. Mengapa? Karena harga emas cenderung naik dari waktu ke waktu. Sehingga, saat membelinya saat harganya sedang rendah, Anda berkesempatan untuk menjualnya nanti dengan harga yang lebih tinggi.


Namun, jangan salah paham bahwa Anda akan mendapatkan keuntungan segera setelah membelinya. Anda harus menunggu beberapa waktu sebelum menjualnya (biasanya setelah beberapa bulan atau bahkan tahun). Namun, jika Anda bersabar, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan.


Selain itu, emas batangan juga merupakan investasi yang aman dan aman dari inflasi. Nilainya tidak bergantung pada kurs mata uang atau kondisi pasar saham. Ini berarti bahwa nilainya tidak akan terpengaruh oleh fluktuasi ekonomi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang kerugian akibat inflasi.


Di sisi lain, membeli emas Antam batangan juga dapat menjadi investasi yang menarik karena nilainya relatif stabil. Ini berarti bahwa nilainya tidak akan turun dengan drastis dalam waktu singkat, sehingga Anda dapat merasa aman untuk menyimpan emas untuk jangka panjang.


6. Beli Emas Antam Terpercaya Hanya di Galeri 24


Langkah terakhir yang perlu Anda perhatikan saat akan berinvestasi di emas Antam batangan adalah dengan memilih tempat pembelian hanya di tempat terpercaya. Hal ini guna mencegah potensi penipuan dari emas yang didapatkan.


Pastikan untuk membeli emas Antam batangan hanya dari tempat terpercaya, seperti di Galeri 24. Galeri 24 menyediakan berbagai logam mulia untuk perhiasan hingga investasi, salah satunya emas Antam batangan. Kualitasnya pun sudah sangat terbukti karena Galeri 24 adalah bagian dari PT Pegadaian Persero dan kualitas emasnya sudah memenuhi SNI 8880:2020.


Bisa didapatkan di gerai fisik resmi, website resmi, hingga marketplace resmi, pastikan untuk dapatkan emas Antam batang untuk kebutuhan investasi Anda hanya di Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir