Tips Membeli Emas di Toko Online Agar Tidak Tertipu

Membeli emas kini memang semakin mudah melalui toko online. Namun Anda tentu harus berhati-hati agar tidak tertipu. Berikut tips belanja emas online yang aman.


Tips Membeli Emas Online #1 Keamanan Website

Hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli emas secara online tentu keamanan website toko online tersebut. Transaksi online dapat sangat berbahaya terutama menyangkut data diri pribadi dan akun yang Anda gunakan dalam pembayaran.

Oleh karena itu berikut tips mengecek keamanan toko emas online :

1. Lihat apakah website tersebut sudah dilindungi oleh SSL (Secure Socket Layer) sehingga data-data sensitif seperti password, kartu kredit, identitas Anda, dan hal-hal sensitif lainnya terproteksi dan tidak dapat “dibajak” oleh orang lain.

Caranya mudah, perhatikan url atau link website tersebut. Jika di depan domain terdapat https:// bukan http:// biasa, maka website sudah menggunakan SSL. Contohnya toko emas online Galeri24 dari Pegadaian yaitu https://www.kataloggaleri24.co.id/

2. Coba periksa halaman website secara keseluruhan. Apakah di website terdapat profile perusahaan yang menjual emas? Apakah terdapat kontak seperti nomor telepon dan alamat lengkap perusahaan?

Keamanan toko online juga bisa lebih terjamin jika toko online itu merupakan bagian atau anak usaha dari sebuah perusahaan yang lebih terkenal. Misalnya seperti Galeri24 yang merupakan anak perusahaan PT.Pegadian.


Tips Membeli Emas Online #2 Syarat dan Ketentuan

Setelah mengecek keamanan website, jangan langsung terburu-buru ingin belanja, ya. Luangkan waktu sebentar untuk mempelajari syarat dan ketentuan berbelanja online di toko tersebut agar transaksi Anda nyaman.

Misalnya berapa lama proses pengiriman barang? Layanan kurir apa yang digunakan? Apakah barang diberikan asuransi kerusakan atau kehilangan selama di perjalanan?

Teliti juga mekanisme terkait barang jika ukuran tidak sesuai, apakah dapat dikembalikan? Bagaimana proses pengembalian barang, apakah ada biaya tambahan? Dan lain sebagainya.

Jangan sungkan juga untuk bertanya langsung melalui customer center toko online tersebut, mengenai ketentuan-ketentuan yang dirasa kurang jelas, atau baca di FAQ (frequently asking questions) jika ada.


Tips Membeli Emas Online #3 Reputasi Toko

Walau toko online sudah dirasa aman dan Anda pun sudah mengerti syarat dan ketentuan belanja online, terakhir periksalah reputasi toko online tersebut.

Hal ini berkaitan dengan pelayanan toko online sebelum, saat dan sesudah transaksi. Caranya mudah, coba cari akun sosial media resmi milik toko online tersebut dan baca beberapa review maupun testimonialnya.

Ketika Anda mencari lewat Google pun akan ada rating dan ulasan dari pembeli sebelumnya. Hal itu penting terkait kenyamanan Anda selama bertransaksi.

Apakah penjual ramah dan responsive menjawab berbagai pertanyaan Anda? Apakah pembelian cepat di proses dan di kirim? Apakah packing rapi dan aman? Apakah pesanan yang di antar sesuai permintaan? dan lain sebagainya.


Tips Membeli Emas Online #4 Cek Harga

Sama halnya dengan membeli produk lain, Anda juga harus mempertimbangkan harga produk dan ongkos kirimnya. Cek harga emas di berbagai website resmi, seperti perbankan, media online, Antam dan sebagainya.

Ingat, untuk perhiasan emas akan ada biaya pembuatan sehingga tidak bisa mengacu pada harga logam mulia. Perhatikan juga biaya lainnya seperti, biaya cetak, administrasi, dan sebagainya. Jika biaya ini tidak masuk akal, jangan Anda teruskan untuk membelinya.


Tempat Beli Emas Online

Jika Anda sudah melakukan ke empat tips diatas, langkah selanjutnya cukup mencari model perhiasan emas yang diinginkan atau bobot logam mulia yang akan dibeli.

Salah satu toko emas online terpercaya di Indonesia adalah www.galeri24.co.id yang menjual logam mulia, perhiasan emas dan batu mulia (precious stone).

Galeri24 bukan hanya memiliki toko online namun toko fisik yang dapat Anda jumpai di banyak kota besar di seluruh Indonesia. Distro Galeri24 juga dapat ditemukan di banyak cabang PT.Pegadaian.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥